Cobalah yang Baru

bedabanget.jpg

Banyak orang yang keras kepala tapi merasa punya prinsip. Contohnya, “Saya memang orangnya begini, punya prinsip begini, gak usahlah kamu nasehatin aku.” Sayangnya, orang-orang model seperti ini yang saya temui karirnya stagnan dan kalau dia pebisnis maka bisnisnya juga biasa saja.

Orang-orang yang keras kepala itu enggan mencoba hal yang baru atau sangat sulit menerima sesuatu yang baru. Padahal, mencoba hal yang baru itu mengasyikkan. Pekan lalu saya mencoba sesuatu yang baru, memberikan seminar kepada 800 lebih siswa SMP dan SMA di Bontang, Kalimantan Timur.

Selama ini, saya lebih banyak menyampaikan seminar atau training kepada orang dewasa. Maka, untuk tampil di hadapan para “ABG” (anak baru gede) itu saya harus berlatih selama empat hari, mempelajari gaya hidup dan bahasa mereka. Hasilnya? Saya merasa kembali muda lagi dan lebih nikmat ngobrol dengan anak saya yang masih remaja.

Hari berikutnya, saya melakukan hal yang baru yaitu memberikan training kepada 68 operator terbaik dari Pama Persada. Biasanya, untuk training tiga hari, saya hanya memberikan satu sesi. Tetapi karena disaat yang bersamaan di Kubik Training (perusahaan saya) ada sembilan training paralel di perusahaan yang berbeda, saya harus turun tiga hari di training ini. Hasilnya? Saya punya teman-teman baru yang lebih dekat, akrab dan lebih emosional.

Saya tutup pekan lalu dengan memberikan seminar kepada staf, pimpinan dan owner Thamrin Group di Palembang. Kepada 1200 lebih peserta seminar saya menyampaikan materi yang 80 persen baru. Hasilnya? Saya begitu menikmati seminar itu, peserta sangat enjoy dan bergairah bahkan tanpa terasa saya sampai melewati batas waktu yang ditentukan panitia.

Mencoba hal yang baru boleh jadi berat di awal tetapu akan terasa nikmat setelah berjalan, dan pengalaman saya, mencoba hal yang baru itu menyegarkan pikiran dan juga melembutkan hati. Cobalah…. Mau, kan? Tentu mau bila Anda memang bukan orang yang keras kepala.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

11 thoughts on “Cobalah yang Baru”

  1. melati triksiana says:

    Mau nyoba jugga kek, walau cuma ibu rumah tangga biasa, mulai dari yg sepertinya sepele2 lanjut ke hal2 yg lebih kompleks insyaallah… Terimakasih utk inspirasi paginya 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Ibu rumah tangga pekerjaan mulia

  2. suratinah says:

    yang jadi masalah kalau belum mencoba sudah takut duluan, kadang kurang pede..wkwkwk

  3. pak moel says:

    Yup setuju kek sepeti kurikulum baru…terasa berat diawal setelah dijalani ternyata asik

    1. Jamil Azzaini says:

      Pengalaman ya?

  4. Arfani says:

    saya mau coba kek, apalagi kita Trainer kan lebih sering ketemu peserta dan orang-orang baru. Tolong bimbing saya kek.

    1. Jamil Azzaini says:

      Siap, peluk dari jauh

  5. wening_ati says:

    yes… tak perlu takut mencoba hal yang baru agar hidup lebih dinamis… terima kasih untuk pencerahannya Master .. stay positif n smile…

  6. dnur77 says:

    alhamdulillah…sesuatu yg baru ingin kucoba kek….

  7. Ora Dadi Opo says:

    SukrON kek sharingnya. Dgn mencoba hal baru lain, kita berpeluang unt bs expert di hal baru tsb… 🙂

  8. Dayat says:

    Saya juga ingin melakukan hal2 yang baru apalagi pekerjaan saya sebagai staf R&D jadi harus berpikir riset produk baru..
    InsyaaAllah akan dimulai dari kebiasaan kecil dalam keseharian saya..
    Syukron Katsiran…

Leave a Reply

Your email address will not be published.