Ciri Khas Orang Sukses Karir

Share this
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Employment Riset Institute tahun 2005 mengungkapkan bahwa hard skills hanya berkontribusi terhadap keberhasilan seseorang dalam kehidupan sebesar 18% saja, sedangkan 82% disumbangkan oleh kemampuan-kemampuan yang disebut soft skills.

Kenyataanya soft skill ini sangat sedikit dipelajari di kelas-kelas sekolah atau kampus. Soft skill hanya benar akan melekat saat kita belajar di lapangan dan aktifitas kehidupan nyata. Melalui kesalahan, hambatan dan tantangan. Kita akan belajar langsung melatih soft skill kita.

Ternyata soft skill apa yang harus mendarah daging pada orang-orang sukses ya? Saya uraikan ada 3 ciri khas antara lain:

TOTALITAS
Jika ingin mendapatkan yang lebih, lakukanlah yang lebih. Ya, kita pasti pernah dengar pepatah “jangan lakukan setengah-setengah, jika tidak ingin mendapatkan hasil setengah”. Dalam sebuah pencapaian, dibutuhkan totalitas dalam mengupayakannya. Totalitas yang bagaimana yang kita butuhkan?

Untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan ataupun pengusaha, tentunya menginginkan hasil yang full. Mulai dari gaji yang full, omzet dan pofit yang full, tunjangan full, dan hasil yang maksimal. Tapi apakah semua itu bisa diraih jika usaha kita setengah-setengah?

Totalitas disini mengharuskan kita untuk mengeluarkan dan mengerahkan seluruh potensi terbaik kita. Memang dibutuhkan kesabaran dan ketekunan didalamnya, namun hasilnya pun akan sepadan dengan perjuangan kita. Jangan sampai kita menginginkan hasil yang lebih tapi dengan usaha yang kurang. Contohnya: ingin naik gaji dan sering menuntut hak, tapi kewajiban sering terabaikan.

LOYALITAS
Selalu ada kesetiaan dalam loyalitas. Ya. Tanpa loyalitas, apa yang kita lakukan hanya akan menjadi rutinitas semata. Loyalitas tumbuh agar kita selalu aware dan menghargai apa yang dimiliki. Tanpa adanya loyalitas, kerja akan asal-asalan dan menumbuhkan egosentris karena kita merasa tidak memiliki. Loyalitas yang dimaksud adalah kita harus mampu menjaga nama baik perusahaan, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Baca Juga  Profesional Atau Transaksional

Jangan sampai kita meminum air sumur yang kita ludahi. Seperti: Menjelek-jelekkan perusahaan atau pimpinan kita, tetapi kita masih mengemis-ngemis gaji kepadanya. Bagi Anda yang punya perusahaan, mungkin sulit mencari calon karyawan yang memiliki loyalitas tinggi. Sebab zaman sekarang, lebih mudah merekrut lulusan S1, daripada merekrut yang memiliki loyalitas tinggi. Right? 🙂 Bagi Anda yang punya bisnis pun, tentu tidak akan sembarangan memilih partner dalam berbisnis. Kita harus tahu track record dan background calon partner bisnis kita. Apakah dia berkompeten dan memiliki loyalitas atau tidak.

INTEGRITAS
Saat kita mampu mensejajarkan antara perkataan dan perbuatan, sesungguhnya kita layak memiliki integritas. Ingat, membangun nama baik butuh waktu yang tidak singkat, tapi menghancurkannya kita hanya butuh hitungan detik. Reputasi akan terbangun seiring berjalannya waktu saat kita sudah saling mengenal satu sama lain.

Dengan integritas kita bisa membuat rasa aman dan memberikan rasa aman serta nyaman pada pihak-pihak yang bekerja sama dengan kita. Tanpa memiliki integritas, sulit rasanya bagi kita untuk bisa mendapatkan kepercayaan. Ada pepatah mengatakan, kepercayaan itu seperti kertas. Sekalinya kusut, kita akan sulit untuk mengembalikannya seperti semula.

Mereka yang mempunyai integitas tinggi secara absolut selalu didengar, karena selalu AMANAH. Apa yang diucapkan, selalu terbukti lewat tindakan. Ngomongnya selalu berpengaruh. Selalu menggerakkan orang-orang yang mendengarnya. Terlebih lagi setiap ucapannya sistematis dan menginspirasi.

Memang tidak mudah untuk membuat bicara kita berpengaruh pada orang yang mendengarkannya. Namun bila kita melatih dengan cara yang tepat. Keniscayaan memiliki keahlian bicara yang dapat membuat orang lain tergerak dan antusias bukanlah mustahil.

Siapapun Anda yang memiliki tim atau anak buah. Anda yang ingin setiap ucapan Anda mampu mempengaruhi anak buah, atasa, kolega dan klien Anda. Anda yang ingin naik jabatan dan karirnya. Speak To Change adalah program khusus buat Anda, bicara makin sistematis dan berpengaruh. Pelatihan yang meningkatkan kemampuan bicara Anda dapat membuat antusias pendengarnya, tergerak tanpa rasa beban.

Baca Juga  Siapa Jodoh Terbaikmu?

‎Speak To Change‬ batch 22. Bailairung Matraman Hotel, Jakarta. 21-23 Oktober 2016. Dapatkan info lengkapnya di www.AkademiTrainer.com atau hubungi 0812 9032 0101 – 0812-1632-0707.

Tidaklah mustahil mereka yang memiliki ciri khas ini, akan dimudahkan lompatan karirnya. Akan dibukakan rezekinya.

Salam SuksesMulia

Dian Dwi Ariandoko
Tim sosmed Akademi Trainer


Share this
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer