Ciptakan GAP

targeted.jpg

Akhir tahun adalah kesempatan untuk mengevaluasi pencapaian target-target hidup kita. Sebagian dari kita mungkin ada yang senang karena targetnya tercapai. Sebagian yang lain ada yang berduka karena pencapaian targetnya jauh dari harapan. Namun, ada pula orang yang menyikapinya biasa-biasa saja karena ia tak pernah menyusun target sehingga tidak memusingkan sampai sejauh mana pencapaiannya.

Walau terkadang membuat gelisah dan sedih jika tak sanggup mewujudkannya, saran saya, biasakanlah memiliki target. Bayangkanlah harapan, keinginan atau mimpi-mimpi hidup Anda yang belum terwujud. Tuliskanlah satu per satu, setelah itu buatlah target kapan hal itu akan diwujudkan.

Apakah Anda ingin membahagiakan orang tua? Tentu sebagian besar kita menjawab ya. Pertanyaan selanjutnya, dalam bentuk apa Anda ingin membahagiakan mereka? Kapan itu diwujudkan? Tentukanlah batas waktu yang jelas.

Coba Anda bayangkan bagaimana kebahagian orang tua Anda jika hal itu terwujud? Lihatlah senyum dan raut wajahnya. Apa yang terucap dari mulut orang tua Anda ketika itu. Rasakan pelukan orang tua Anda yang sangat bangga punya anak seperti Anda.

Apakah karir atau bisnis Anda ingin terus maju? Apa target pencapaian 2014 yang ingin Anda wujudkan? Bila target itu terwujud bagaimana perasaan Anda? Kebahagian seperti apa yang bisa Anda rasakan?

Coba renungkanlah kembali apa keinginan-keinginan Anda yang belum terwujud? Tuliskanlah dan kemudian buatlah target-target pencapaiannya. Ciptakanlah GAP (kesenjangan) antara apa yang Anda inginkan dengan kondisi saat ini. Karena, hal itulah yang membuat Anda terus bertumbuh dan bergerak dengan penuh semangat.

Tanpa GAP kehidupan yang kita jalani hanya rutinitas, seperti robot atau mayat hidup. Kerja atau bisnis hanya karena memenuhi kewajiban, mengisi absen, gak enak sama bos, dari pada nganggur dan alasan lain yang sejenisnya. Sama sekali tak ada nilai-nilai yang diperjuangkan dalam hidup.

Jika sudah seperti itu, pada hakikatnya, secara biologis dia hidup tetapi pikiran dan hatinya sudah tak hidup. Mau? Tentu tidak. Oleh karena itulah ciptakan GAP dengan cara membuat target-target tahunan yang hendak Anda wujudkan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

33 thoughts on “Ciptakan GAP”

  1. Siap Kek!

    Sudah di tulis tingggal di acti-ON kan. Terlebih bisa bertemu dengan Kakek kemarin di BPPT, menambah semangat hidup untuk menggapai target-target di tahun depan.

    Makasih atas sarapan pagi ini 🙂

    Salam Sukses Mulia

    1. Sip bung, terima kasih juga sudah menyapa dan foto bareng sama saya di BPPT Sabtu lalu. Salam SuksesMulia

      1. Senang sekali Kek.. makasih atas waktu dan kesempatannya.

        semoga bisa bertemu lagi di lain waktu.

  2. noza says:

    banyak hal yg belum tercapai di tahun ini kek, berharap tahun 2014, bisa mewujudkannya.

    1. buatlah lebih spesifik dan bergaulah dengan banyak orang yang positif

      1. noza says:

        siaaap keek 🙂

  3. Nge-Jleb banget deh sedekah ilmu kakek ini..,

    malu banget kek, selama ini mjd ‘manusia normal’ tanpa ada impian-impian yg tertulis dan jelas kapan akan dicapai.

    Setelah ini akan susun semua deh kek. Insya allah berusaha untuk mencapainya.

    Semoga kita semua bs mencapai keinginan-keinginan kita di tahun 2014….

    Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    ง^•^ง

    1. kesadaran itu penting dan dirimu sudah menyadarinya, kirim doa butamu

  4. BisnisBajuYuk says:

    Ayo..ayo evaluasi 2013 dan siap-siap buat program baru untuk 2014,doain ya Ki semoga terwujud…

    1. saling mendoakan itu penting, doakan saya selalu ya

  5. Alhamdulillah ada sebagian target tahun ini tercapai.

    Salah satu target 2014 ikut WBT, saya ingin seperti Supir Angkot yang bisa belajar & di bimbing langsung Kek Jamil di rumahnya.

    Saya tunggu respon dari Kek Jamil.

    Salam Sukses Manfaat

    Syaifur Amuro
    Telp 085251 4217 19
    Pin 25cd0e19

    1. sopir angkot itu aktif mencari dan berusaha tidak menunggu 🙂

  6. ali samsudin says:

    SIAP LAKSANAKAN!

  7. Fahmi Hakim says:

    Target tahun depan > menikah, terbit 1 judul buku, mengikuti WBT, menginspirasi ribuan orang, memberangkatkan haji orang tua dan membangun rumah hebat untuk Yatim Piatu. do’akan ya kek…semoga di wujudkan oleh NYA.

    1. Langsung kirim doa, doakan kami jug juga ya

  8. syarah khaerunnisa says:

    stuju kek! sejak SMA saya menuliskan apa yang saya ingin raih dan ingin saya lakukan. ternyata secara tidak saya sadari, apa yang saya tuliskan masuk ke alam bawah sadar saya. dan saat tercapai, baru saya ingat kalo dulu saya pernah menuliskan hal itu. jadi ga bosen nulis di buku saya pribadi. ditambah ada tulisan kek Jamil pas WBT di buku saya, jadi tambah semangat. hehehe.. bismillahirrahmanirrahiim.. semoga 2014 semakin suksesmulia. aamiin..

    1. Saksikanlah, ini pengalaman nyata

  9. Mas wantik says:

    Target saya yang baru tahun depan adl baca Qur’annya One Day One Juz, mohon doanya Kek agar tercapai..

    Salam MAKIN sukses dan mulia

    http://maswantik.com

    1. Onok2 wae mas, ditamnah makin, hehehe. Saya doakan istiqomah ya mas

  10. Alhamdulillah Kek Jamil saya sudah mencoba aktif. Saya sudah beberapa kali contact mbak Weni dan tanya mengenai WBT via bbm.
    Saya juga ada contact & sharing dengan alumni WBT.

    Rencananya November kemarin saya ikut WBT, ternyata ada halangan. Saya batalkan untuk daftar. Insyaallah target saya tahun 2014 ini saya ikut WBT.

    Semoga Kek Jamil, memberikan kesempatan pada saya untuk di bimbing langsung atau magang di kantornya.

    1. Asyik, ditunggu ya

  11. heri smile says:

    Siaaapppp!

    Smoga lancar sukses di HKG

    Salam SuksesMulia

    1. Berkat doa sampeyan lancar. Pak Alif juga tampilnya kerON banget

      1. heri smile says:

        Ikut seneng dan bangga….salam juga buat pak Alif

  12. Biasanya targetku bisa aku ukur dengan kemampuan, kalo terlalu jauhhh malah nggak yakin bisa berhasil…

    Baiklah aku akan menciptakan gap untuk resolusi tahun depan. Berarti,, boleh dong salah satu pencapaian tahun depan adalah menikah, walaupun saat ini lagi tidak dekat dengan siapa-siapa 🙁

    Bantu doa yah Kek

    1. Target yang di atas kemampuan itu mengasah nyali dan mendorong untuk meningkatkan skill

  13. Kadang kala jadi sedih karena gap yang ada sangat besar, mau kuliah S2 tapi biaya anak juga tak terelakan jadi skala prioritas dulu saya mendahulukan anak dan membahagiakan ibu dulu. Insya Allah tahun 2014 semua impian terlealisir. Minta doanya mas Jamil.

    1. Didoakan mas, bolah saya bertanya “apakah S-2 membantu pencapaian visi hidup mas Tito? Apakah dengan kuliah S-2 itu akan menguatkan “icon” mas Tito?” Jawab ya

  14. Hendri Dinata says:

    Setelah banyak baca tulisan dan buku ON Kek Jamil. Akhirnya saya memiliki target ditahun 2014 nanti. Salah satunya dapat mengikuti WBT dibulan Februari 2014. Mohon doanya ya Kek Jamil.

    Salam SusesMulia

    1. Asyik, ditunggu ya. Insya Allah tidak menyesal

  15. Bismillah…semoga tahun 2014 bisa menjadi lebih baik dari tahun 2013.
    Lebih baik dalam prosesnya, lebih baik dalam memaksimalkan kemampuan diri dalam berbagi dan menginspirasi, lebih baik lagi dalam memaksimalkan potensi diri sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah…
    Tentunya yang paling utama, lebih baik lagi dalam hubungannya dengan Sang Pencipta…

  16. eka says:

    tiap taun saya ga pernah bikin target secara tertulis, tapi saya punya banyak mimpi dan hanya 30% – 40% saja yang tercapai 🙁 tapi setelah baca Ciptakan GAP dari kek Jamil saya baru tau kenapa mimpi – mimpi saya susah sekali terwujud ternyata itu karna saya tidak mentargetkan apa yang saya mau. makasih banget kek ilmunya jadi semangat buat bikin target di 2014.
    salam kenal dan Salam Sukses Mulia ^^ minta Doanya ya kek biar dilancarkan^^

  17. Terima kasih pak… hidup akan terasa indah jika kita mampu membahagiakan orang lain, terutama orang tua. Begitu senangnya jika kita mampu membuat orang tua kita bangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.