Cikal Bakal Pemimpin

leader.jpg

Beberapa pekan ini saya road show ke beberapa kota. Salah satu hal yang saya lakukan saat naik pesawat adalah menonton film yang sudah disiapkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Tiga film yang tuntas saya tonton dalam beberapa penerbangan adalah Avatar, HOS Cokroaminoto dan Soekarno.

Dari film fiksi dan kisah nyata ini saya bisa mengambil pelajaran bahwa ternyata pemimpin itu bisa disiapkan. Pemimpin itu lahir karena gemblengan pemimpin. Pemimpin itu muncul karena tempaan lingkungan dan keadaan. Pemimpin itu tidak lari karena ada perbedaan, ia berani menghadapi perbedaan, menghadapi konflik dengan cara cerdas dan elegan.

Bergurulah kepada orang yang bermental dan berjiwa pemimpin. Mereka ada di sekitar kita. Boleh jadi mereka tidak populer dan tidak memiliki jabatan formal. Tetapi pengaruhnya terasa di masyarakat sekitarnya. Mereka hidupnya tidak fokus pada “aku” tetapi “kita”. Mereka terkadang tidak sadar kamera apalagi gila pencitraan. Mereka sibuk bekerja dan beraktivitas untuk kepentingan banyak orang.

Para pemimpin muncul katena tempaan keadaan, maka saat hidup Anda nyaman dan tenteram bersegeralah mencari atau menciptakan tantangan baru yang menggairahkan. Ambil dan lakukan pekerjaan yang menantang dan berisiko. Berhasil atau gagal adalah bumbu kehidupan yang selalu menyertai kemana pun kita pergi. Enggan mencoba tantangan baru karena takut gagal menjauhkan kita untuk bermental pemimpin.

Pemimpin juga siap menghadapi perbedaan. Pergaulannya luas, mereka tidak hanya bergaul dengan yang sevisi dan seperjuangan. Mereka piawai mengelola perbedaan dengan orang lain tanpa harus mengorbankan prinsip-prinsip yang ia pegang. Berbagai perbedaan dalam pergaulan semakin mematangkan dirinya untuk siap menjadi pemimpin yang kuat.

Ya, cikal bakal pemimpin itu ternyata karena berguru dengan orang yang bermental pemimpin, tempaan lingkungan dan keadaan serta berani mengelola perbedaan. Bersegerlah melakukan tiga hal tersebut bila Anda ingin menjadi pemimpin hebat dimasa yang akan datang.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

5 thoughts on “Cikal Bakal Pemimpin”

  1. heri st says:

    Sangat menginspirasi di pagi hari ,terima kasih Bapak

  2. Tandu Orianto says:

    Jadi seseorang Pemimpin lahir dari pengalaman
    Hidup ny bkn faktor keturunan,

  3. Toto Dwiarso says:

    setiap kita harusnya jadi pemimpin

  4. Ony Purwidianto says:

    Berguru tidak mengenal usia, kepada siapa saja dalam lingkungan dan kondisi apa saja, selama kita bisa selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa…..

  5. Ony Purwidianto says:

    Inspiratif! Berguru tidak mengenal usia, kepada siapa saja dalam lingkungan dan kondisi apa saja, selama kita bisa selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.