Champion Insight

piala.jpg

Jagoan saya di Liga Champion, Barcelona, tersisih dan gagal masuk semifinal. Di leg pertama Barca menang 2-1 atas Atletico Madrid namun di leg kedua kalah 0-2. Sehingga secara agregat tim Catalan ini kalah 2-3 dengan Atletico Madrid. Kali ini Messi tidak bisa mencetak gol mungkin karena namanya tercantum di Panama Papers. Hehehe…

Lain halnya dengan Real Madrid, di leg pertama ia kalah 0-2 tetapi di leg kedua El Real mampu membalas dengan 3-0 atas lawannya Wolfsburg. Begitulah sepak bola. Banyak hal yang tidak terduga. Begitupula kehidupan, ada banyak hal yang tidak bisa kita duga sebelumnya.

Secara penguasaan bola, Barca sebenarnya unggul di atas 70 persen, tetapi ia tetap kalah. Dalam kehidupan nyata, banyak orang yang populer tetapi sesungguhnya ia banyak hutang. Popularitas tidak selalu berjalan seiring dengan kekayaan dan kesejahteraan. Di dalam dunia bisnis, ada yang menjadi pemimpin pasar namun perusahaannya merugi.

Tentu yang asyik dalam sepakbola adalah penguasaan bolanya dominan dan hasilnya menang. Sementara di dalam kehidupan yang juga nikmat adalah Anda populer disertai dengan kekayaan dan kesejahteraan yang memadai sehingga Anda bisa banyak berbagi. Sedangkan di dunia bisnis, yang paling diharapkan banyak pebisnis adalah menjadi pemimpin pasar sekaligus bisnisnya untung besar.

Liga champion juga memberikan banyak pelajaran, Anda kalah atau gagal tidak perlu bersedih, karena selama nyawa di kandung badan kompetisi kehidupan terus berjalan. Anggap saja itu petandingan leg pertama. Segera berbenah dan atur strategi baru agar menang di pertandingan selanjutnya.

Sebaliknya, bagi yang selalu menang dan berhasil dalam karir dan bisnis, tak perlu jumawa karena masih ada pertandingan selanjutnya. Apalagi di dunia saat ini, jumlah inovator dan orang-orang kreatif lahir lebih cepat dan lebih banyak dari sebelumnya. Apabila kita tidak mau belajar dan bertumbuh maka kita akan tersingkir dari arena kompetisi kehidupan.

Barca kalah itu anugerah dan pelajaran, khususnya bagi teman-teman saya yang menganggap bahwa Barca adalah kesebelasan dari planet lain. Tidak elok kita mendewakan atau mengkultuskan sesuatu yang sama-sama hidup di bumi.
Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

3 thoughts on “Champion Insight”

  1. heris says:

    Apa hanya dg membaca bisa meninggkatkan reputasi kek jamil? Klo belum ckup hal ap yg diperlukan

    1. Jamil Azzaini says:

      Kalau cuma membaca tentu tidak mas….

      1. heris says:

        Langkah selanjutnya kek, setelah membaca…

Leave a Reply

Your email address will not be published.