Carilah Makna dan Manfaat Lain

manfaatlain.jpg

Pekan lalu, saya tidak pulang ke rumah karena ada jadwal training di tiga perusahaan hingga malam hari. Pertama, training TFT untuk PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Jakarta. Lalu, seminar untuk karyawan-karyawan pilihan Aqua wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta di Kaliurang, Jogjakarta. Kemudian, seminar untuk para karyawan Astra Agro Lestari se-Borneo di Balikpapan.

Dalam penerbangan Jakarta-Balikpapan asisten saya bertanya, “Gak sayang pak ke Balikpapan, waktu perjalanannya jauh lebih lama dibandingkan ngisi seminarnya?” Mendengar pertanyaan itu saya hanya tersenyum. Ketika itu saya enggan menjawab karena saya sedang membayangkan kebaikan istri dan anak saya satu per satu. Pikiran saya sedang bercengkerama dengan belahan jiwa dan belahan hati. Mengasyikan dan membahagiakan.

Nah, pertanyaan asisten saya itu akan saya jawab dalam tulisan kali ini. Semoga bermanfaat juga bagi pembaca.

Tentunya sebagian dari Anda tahu bahwa agar kita menikmati pekerjaan maka kerja tak boleh asal kerja. Kita harus tahu apa alasan kita bekerja. Kita juga perlu mencari tahu apa keuntungan dari profesi yang kita tekuni. Selain itu, kita harus mencari makna dan manfaat lain dari pekerjaan yang kita jalani.

Saat bertugas ke luar kota saya mencari makna dan manfaat lain selain memberikan training atau seminar. Makna dan manfaat itu diantaranya, refreshing. Saya bisa berwisata kuliner, menikmati keindahan dan kesegaran alam daerah yang tujuan, merasakan suasana baru yang berbeda dari rutinitas yang biasa dilakukan di Jakarta. Bahkan, tak jarang saya bertemu dengan sahabat lama maupun para alumni training di daerah tersebut. Kondisi ini menyegarkan dan menyenangkan.

Makna dan manfaat lainnya adalah belajar. Saya bisa membaca berbagai tulisan atau buku saat di pesawat dan di kamar hotel sebelum tidur. Agar segera tidur juga, karena memang saya cepat ngantuk kalau membaca. Hehehehe…

Selain itu, saya juga bisa lebih banyak mendengar ilmu-ilmu baru dari orang-orang yang saya temui. Menurut pengalaman saya, banyak ilmu yang bermutu yang keluar dari mulut orang yang terlihat biasa dan kalah populer dibandingkan saya. Dari mereka pula saya selalu mendapat ide segar untuk saya tuliskan di JamilAzzaini.com. Dari berbagai pengalaman tersebut saya jadi tahu ternyata cara belajar yang terbaik bagi saya adalah mendengar bukan membaca.

Karena saya selalu mencari makna dan manfaat lain dari yang saya lakukan, maka setiap dari luar kota saya selalu fresh dan mendapat ilmu baru. Pertanyaan saya, apa makna dan manfaat lain dari pekerjaan yang Anda tekuni saat ini? Segera temukan jawabannya agar pekerjaan Anda tidak sekadar rutinitas yang menjemukan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

16 thoughts on “Carilah Makna dan Manfaat Lain”

  1. Ora Dadi Opo says:

    Sungguh beruntung sekali kek Jamil bs belajar di segala situasi yg dilalui… Semoga saya pribadi dan tmn pembaca setia web ini bs meneladani kek Jamil. Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂
    Artikel pas unt asupan otak di pagi pertama di bln September_ 🙂

    Salam Sukses Mulia_!
    @npindh

    1. Jamil Azzaini says:

      Semua orang bisa mengambil pelajaran dari setiap kegiatan mas…

  2. diniSumaryanti says:

    Membantu pendidik (ortu dan guru) mewujudkan generasi khoiru ummah

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON bu Dini

  3. widia f.e says:

    Pak,kapan ada seminar pekanbaru?

    1. Jamil Azzaini says:

      Nunggu undangan 🙂

  4. iyan says:

    Suhu saya memang ruuuuar biasa. Kangen kumpul2 kek. Sambil makan di trio. Nb. Si dede dobrak punya bmw baru kek. Kalah saya!!

    1. Jamil Azzaini says:

      Pak Iyan, kami pun merindukan pak Iyan, kapan bisa kumpul-kumpul bareng 🙂

  5. among kurnia ebo says:

    sementara cara terbaik saya belajar, adalah dengan Membaca, terutama Membaca Tulisan Kakek… jadi, gimana dong rumus yang benar?

    1. Jamil Azzaini says:

      Padahal ilmuku dari sampeyan, hehehehe. Jadi muter2 kita gak pinter2 dong 🙂

  6. suratinah says:

    saya bekerja di sebuah jasa training centre..baru satu minggu bergabung. walaupun saya hanya seorang crew,yang tidak memberikan training tapi saya senang. saat training saya ketemu banyak orang, mendapat ilmu baru, dan mencoba kuliner yang sebelumnya belum pernah saya coba..hehehehe. (efek habis makan siang bareng)..
    salam sukses mulia…..

    1. Jamil Azzaini says:

      Siip, teruslah belajar dan berkembang mbak. Jangan lupa ilumunya dibagi-bagi ya 🙂

      1. Abdul rochim says:

        Keren nggak kehabisan ide. mantapppps
        pandai mengambil hikmah dari keseharian…

  7. Abdul rochim says:

    inspirasi Mantapps
    pandai si akang mengambil hikmah dari keseharian

  8. Rizky says:

    super kek,, salam sukses mulia

  9. noor says:

    Nggak ade matinye , memanfaatkan setiap moment. Kereeeen

Leave a Reply

Your email address will not be published.