Carilah Kelebihanmu

temukan.jpg

Setiap orang sidik jarinya berbeda. Itu pertanda setiap orang unik dan hanya diciptakan satu-satunya oleh Sang Pencipta. Makna lain, setiap orang pasti punya kelebihan. Jangan malas, temukan kelebihan itu dan asahlah hingga Anda menjadi expert di bidang yang menjadi kelebihan Anda. Itulah salah satu bekal dan modal yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita untuk menjadi “senjata” bersaing sehat di muka bumi ini.

Bagaimana Anda menemukan kelebihan Anda? Cobalah duduk sejenak, temukanlah hal-hal yang Anda punya sementara orang lain tidak punya. Atau, orang lain punya tetapi Anda jauh lebih baik dibandingkan mereka. Tulislah semua yang Anda ketahui. Kemudian bertanyalah, apa hal yang Anda lakukan dengan sangat enjoy? Selain enjoy, Anda senang melakukannya berulang-ulang meski tidak dibayar sekalipun. Anda pun rela mengeluarkan dana untuk mengasah hal itu.

Apakah itu semua kelebihan Anda? Belum tentu, Anda perlu minta pendapat dari orang lain.

Apabila Anda karyawan cobalah minta pendapat kepada atasan Anda. Apabila Anda malu bertanya langsung, hadirkan ia secara imajiner. Bayangkan apa kira-kira yang akan dikatakan pimpinan tentang kelebihan Anda. Catatlah baik-baik. Sementara bagi Anda yang pebisnis, cobalah tanyakan kepada mitra bisnis Anda. Bagi Anda yang mahasiswa, cobalah tanya kepada dosen Anda. Jangan lupa catat apa yang mereka katakan.

Setelah itu, tanyalah secara langsung orang terdekat Anda seperti orang tua, sahabat dan pasangan hidup Anda. Semua jawaban-jawaban mereka Anda tulis.

Setelah semua aktivitas di atas selesai, cobalah cek mana diantara jawaban-jawaban itu yang sama atau mirip. Ambilah jawaban-jawaban itu. Bacalah berulang-ulang dan segera pilih yang Anda merasa yakin.

Saya juga melakukan hal yang sama. Setelah saya melakukan proses tersebut di atas akhirnya saya menemukan bahwa saat ini saya punya empat kelebihan yang jarang dimiliki oleh orang lain secara bersamaan. Apa itu? [Rahasia, dong. Hehehehe…]. Setelah menemukan itu, maka saya semakin percaya diri dan akhirnya sebagian besar waktu saya habiskan untuk melakukan hal tersebut.

Hidup semakin hidup. Hidup terasa nikmat. Mudah mensyukuri berbagai karunia yang ada. Pikiran dan hati jarang jenuh. Semakin tahu dan sadar mana yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dicampakkan. Hidup hanya sebentar, jangan biarkan Anda hidup tanpa tahu apa kelebihan Anda.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

4 thoughts on “Carilah Kelebihanmu”

  1. Ora Dadi Opo says:

    wah kek Jamil pake rahasia skrg ….. 😀 apa tuh kek?

    1. Jamil Azzaini says:

      Tetap dirahasiakan, hehehehe

  2. ali samsudin says:

    Alhamdulillah

  3. suratinah says:

    asik asik…

Leave a Reply

Your email address will not be published.