Carilah Ide dengan 5M

Share this
  • 110
  •  
  • 1
  •  
  •  
    111
    Shares

Banyak yang mention di twiter, SMS dan kirim email yang intinya bertanya kepada saya, “Dari mana sih dapat idenya kok setiap hari bisa nulis di website?” Ilmu tak boleh disimpan, ilmu itu harus dibagi setiap ada kesempatan. Maka, pada tulisan kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya mendapatkan ide tulisan sehingga setiap hari saya bisa menulis untuk JamilAzzaini.com

Pertama, “Mengalami”. Bagi saya menulis yang paling mudah adalah karena saya pernah mengalami atau melakukan. Apabila cerita tentang perbuatan baik, saya paling enggan menulis sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Oleh karena itu, semakin variatif pengalaman hidup kita maka semakin banyak hal yang bisa dituliskan. Coba Anda simak, buku-buku best seller internasional banyak yang bersumber dari pengalaman nyata para penulisnya.

Kedua, “Mendengar”. Kini saya semakin menyadari bahwa Allah menciptakan dua telinga dan satu mulut agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Saya menemukan banyak hikmah kehidupan justru saat saya banyak mendengar. Oleh karena itu, tatkala saya jenuh dengan rutinitas, maka saya akan melakukan silaturahmi dan berguru kepada sumber ilmu.

Dari kesabaran mendengar saat silaturahmi dan berguru, saya bisa banyak mendapatkan ide yang bisa memperbaiki hidup sekaligus menjadi bahan tulisan. Cobalah dengarkan suara hati pasangan hidupmu, curahan hati temanmu, cerita anakmu, nostalgia orang tuamu dan lain sebagainya. Bahkan mendengar audio pun itu bisa memberikan inspirasi segar bagi kehidupan kita. Tuliskanlah kebaikan yang Anda dengar agar pemetik manfaatnya semakin menyebar.

Ketiga, “Mengkhayal”. Imajinasi manusia sangat luar biasa bisa melalang buana menembus batas. “Surat Imajiner” yang pernah saya tulis di web ini adalah khayalan saya. Buku Harry Potter adalah hasil khayalan penulisnya. Dan, betapa banyak karya tulis yang dihasilkan dari khayalan para penulisnya.

Baca Juga  Kehilangan Sensitivitas

Tumpahkan imajinasi Anda menjadi tulisan dan biarkan mengalir tanpa edit. Saat berimajinasi jangan diedit sebab bila diedit, imajinasi Anda tak mencapai “orgasme”. Mengedit imajinasi itu sangat mematikan kreativitas. Setelah semua khayalan atau imajinasi Anda sudah tertumpah menjadi tulisan, saat itulah baru boleh Anda melakukan proses editing.

Keempat, “Membaca”. Setahu saya tak ada penulis hebat yang tak rajin membaca. Rajin membaca akan membuat kita sangat kaya ide. Selain itu, membaca juga bisa menambah kosa kata baru, istilah baru, khayalan baru dan menambah wawasan baru. Penulis yang jarang membaca cita rasa bahasanya hambar. Hayo, baca enam buku yang sudah saya tulis! Semuanya best seller, lho! Hehehe…

Kelima, “Mengamati”. Di sekitar kita banyak kejadian yang bisa kita rekam. Ada yang menggugah pikiran, ada pula yang menyentuh hati. Ayo jangan hanya dipikirkan atau dirasakan. Tuliskan kemudian disebarkan. Dunia memerlukan banyak tulisan yang mencerahkan pikiran dan melembutkan hati.

Sudah ya jangan kebanyakan tipsnya, cukup 5 saja. Hehehe… Ayo segera tulis, upload di website atau blog Anda! Agar dibaca banyak orang, tayangkan tulisan Anda di JamilAzzaini.com caranya kirim ke email TulisanPembaca@JamilAzzaini.com. Ingat ya, dengan membaca Anda tahu dunia, dengan menulis dunia tahu Anda. Lebih dari itu, bila tulisan kita menginspirasi, insya Allah pahalnya terus mengalir walau kita sudah mati.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 110
  •  
  • 1
  •  
  •  
    111
    Shares

46 comments On Carilah Ide dengan 5M

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer