Calon Istri Mirip Ibu

Jangan pernah menunda-nunda untuk menikah. Menikah itu anugerah. Buatlah kriteria yang sederhana untuk calon pasangan Anda. Syarat dan kriteria yang terlalu rumit hanya akan membuat Anda sulit menentukan hari dan tanggal pernikahan.

Begitu pula bagi Anda yang sudah punya anak. Berilah mereka kebebasan untuk memilih calon pasangan hidupnya. Terlalu ketat menentapkan standar bisa berabe urusannya, sebagaimana terjadi pada kisah berikut.

Ada seorang pemuda yang sudah sangat “kebelet” menikah. Namun, sang ibu selalu menolak setiap calon yang diajukan dengan berbagai alasan: terlalu gemuk, terlalu pendek, terlalu pendiam, rambutnya direbonding, berasal dari perguruan tinggi tak ternama dan sebagainya.

Merasa kebingungan, pemuda ini meminta nasihat seorang konsultan pernikahan. Darinya ia mendapat jawaban singkat saja, “Carilah perempuan yang mirip ibumu!”

Berbekal nasihat tersebut pemuda yang memang sudah merindukan pasangan inipun mencarinya dengan berbagai cara. Setelah 3 bulan ia berjibaku mencari jodoh akhirnya ia menemukan seorang wanita yang mirip ibunya.

Ya, dari berbagai hal, si calon ini memiliki banyak sekali kemiripan dengan ibunya. Mulai dari tinggi badan, berat badan, potongan rambut, bahkan ukuran sepatu dan busananya. Demikian pula perilakunya, cara bicaranya, intonasi dan kecepatan bicaranya, caranya tersenyum, memandang orang lain, semuanya persis ibunya.

“Yes! Inilah calon istriku dan pasti ibuku setuju,” seru pemuda itu yakin.

Ketika saatnya tiba, dengan mantap pemuda ini memperkenalkan calon istrinya kepada kedua orangtuanya. Ia ingin minta restu dan persetujuan dari ayah dan ibunya.

Ibunya tampak senang. Namun, sang ayah kelihatannya punya pendapat berbeda.

“Nak, ayah sudah berpengalaman hidup dengan perempuan seperti itu. Kau akan menderita dan menyesal, nak,” ucapnya setengah berbisik, sambil mengusap air mata yang menggenang di pipinya.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

49 thoughts on “Calon Istri Mirip Ibu”

  1. ryan says:

    hehehehehe….
    tapi belum nangkep maknanya dengan jelas Guru, :))
    makasih.

  2. sybond says:

    Nice post Pak Jamil ๐Ÿ™‚

  3. IMAM says:

    Wakakakakak… Dalem banget! ayahnya “curcol” nih… :))

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Hahaa..lucu nih,kasian si anak,bs2 ga jd nikah ๐Ÿ˜€
    Sy jg pnya target nikah thn dpn,doain ya om,.dpt jdoh yg trbaik spt yg aku inginkan ๐Ÿ™‚

  5. damayanti says:

    wah jangan sampe ini terjadi sama mas asa dan dibisiki oleh ayahnya…hehehehe

  6. hahahaha….kakek nih bisa aja

    iqbal alhamduLiLlah telah menikah
    dan terasa benar berkahnya

    karena nikah sekali berkahnya luar biasa
    kalo nikah kedua kali gimana kakek?
    hhehehehe

  7. erickazof says:

    Hihihi..finishing yg mantab om! Dan smg tulisan ini bs mmbuka mata kt smua.. *colek ayah-ibu :p

  8. sofie says:

    hahaha… bisaaa aja.. kayaknya cocok deh dishare ke beberapa teman kita..

  9. ocha rosyita says:

    Doain aku cepet menikah ya mbah..
    Dan dapat suami yg terbaik pilihan dr ร˜ยงร™โ€žร™โ€žร™โ€˜ร™โ€กร™ย.. ๐Ÿ˜€

  10. utari says:

    Kok ceritanya agak mirip tp bedanya justru suami yg bilang ke anak lelaki saya : ‘carilah yg seperti mama mu’ ๐Ÿ™‚ LOL … Have a great Friday, Mas !

  11. Hahahahah… Kakeeekk…
    Aya” wae..
    Kasian banget si anak itu yaa..
    Btw ini jgn” true story nih, hahahahah..

  12. Pradnya Ratih says:

    Betuul skali…sy br nikah 1bulan lalu..bnyk berkat tak terkira yg kami terima. Pokoknya klo dihitung pake matematikanya manusia ga cukup…tp tnyta Tuhan mncukupkan..bhkan melebihkan. So,yg belum nikah..segera nikah. Lepaskan kelekatan dgn sosok ayah/ibu..terima pasangan apa adanya ร‹โ€ รขล’ยฃร‹โ€  dan jgn lupa klo kta dpt berkat berlebih dr mnikah..bagikan k sesama. Salam sukses Mulia!

  13. #UhukUhuk..

    Curcol ya Mbah??

    #TerbangTinggiKaburrrrrr

  14. Jamil says:

    Mas Ryan, kura-kura dalam perahu pura-pura tidak tahu. Anggit, didoakan. Mbak Dama, awas ya saya laporkan istri, he..he…he…Salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  15. Jamil says:

    Ocha, didoakan ya. Utari, keren pasti suamninya teman saya, hahaha. Liza, smoga tidak hehehe. Motty, kejadian itu terjadi di keluarga burung, hehehe. Salam SuksesMulia. Jamil Azzainil

  16. agus says:

    Kakek bisa ajaa ^.^

  17. Budi Santoso, BTM Kalibening- Banjarnegara says:

    Mungkin ibarat buku cuma dilihat dari covernya. Mau nyari jodoh yg mirip ibu, tp hatinya usahakan mirip ‘Aisyah Istri Nabi, insya Alloh nda ditolak. Tp fenomena skrg, ortu kebanyakan cari menantu hanya pertimbangan materi n fisik, tanpa memepertimbangkan dari sisi akhlakul karimahnya. Betul nda Ustadz JA?

  18. rini says:

    Artikel yg sgt mengena dan diakhir bikin ketawa spt artikel2 bpk lainnya.
    Btw knp status dan tulisan tokoh2 yg aq follow (jamil Azzaini, ahmad ghozali, komar hidayat, dll) hari ini hampir sama yaitu ttg mnikah…
    Mhn doanya… lg provokasi para mantan mhs u/ sgr mnikah, tdk ragu u/ mnikah…

  19. Ano says:

    hahaha..
    Telat nih bacanya.
    Biasanya sh semakin tua umur, syarat dan kriteria berkurang.
    Salam sukses mulia

  20. wildan says:

    bisa aja nih ceritanya..hahahaha
    kriteria dan syarat cuma sebagai ukuran, selebihnya lillahi ta’ala..

  21. chamdi umar says:

    Syukron-syukron pak budi punya istri yang baik ati kaya Siti Aisyah siti Khatijah deng

  22. chamdi umar says:

    Beruntung banget tu pemuda, namanya kecebur membawa berkah kali yee…, Pakde jamil jangan ceburin Pak Budi Santosa ya.., soale banyak banget dagingnya, nanti kesenengen tu buaya
    (tapi bener, asyik tu crita mudahan ada yang nyeburin aku ditempat yang pas )

  23. Ar. Patiwi. says:

    WWWWWW…. Jadi panas nih rasanya. hehehe…. segera pasang perseniling 5 dan meluncur dengan kecepatan tinggi nih. Hehehe..

  24. wahyu aji says:

    ahaha … aya aya wae si om. but, nice ๐Ÿ˜€

  25. Fahri says:

    Hahaa..ngga nyangka endingnya seperti itu.
    Menurut saya walaupun ditolak terus ama org tua,tetep tunjukkin serius,dan tunjukin sejak dekat sama dia kita jadi lebih dewasa,disiplin dan bagus karir kita,biar org tua liat faktanya dan ga bs nolak lagi.
    Just my 5 cent ๐Ÿ™‚

  26. agie says:

    pak jamil…anda memang gokil abis,,perut ane jd kaku,,hahahahahaha

  27. Khalik HR says:

    Mantab pa Jamil semoga yg sudah menikah jgn menikah lagi.Amin

  28. eka says:

    wkwkwk..ampun dech kek..
    Kek, saya punya cerita sepasang pemuda dan pemudi sudah siap menikah,tp mreka berbeda keyakinan. 2 keluarga,ortu sudah bertemu. Pada dasarnya kedua ortu setuju. Yang jd masalah, cara nikahnya yg susah, msg2 ortu kekeuh menikahkan anaknya sesuai keyakinan masing2. Kakek ada saran?

  29. Asa says:

    Bisa gitu ya,,
    Hahahaha..

  30. Farah says:

    Ha….ha…ha….menghibur banget, top Mr. JA ๐Ÿ™‚

  31. Betty Marfuah says:

    hehehe….lebih baik ibunya sj yg disuruh menikahi gadis itu

  32. Ya ampuuun.. bapaknya tega ya bicara begitu, jadi istrinya selama ini yang mendampingi dalam suka dan duka tidak sesuai harapan dong…

    he he btw…, bukan dari situ kita menangkap makna cerita ini

  33. Pinkan says:

    Hahahaha….

  34. Nisa says:

    hehe…aya2 wae…

  35. Wiwin CARANA says:

    Kalo saya kebalikan Pak… dulu pas Taaruf via bio data. Ibu langsung menolak soale tingginya sama dengan Ibu. Pengennya Ibu punya menantu tingginya diatas 163cm. Tp happy ending kok. Mantunya duuwuurr tenaann..hahaha

  36. Alfiana matzuka says:

    Doain sy jg donk moga cepet dpt jdoh!!

  37. Ghaliza says:

    Doa kan saya cepet ketemu jodoh ya kakek guru… Ibu sudah pingin mantu, namun belum ada pria yg mendekati saya.

  38. Jamil says:

    Didoakan langsung, jangan lupa juga pantaskan diri dihadapan-Nya agar dapat jodoh yang pantas. salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  39. Nilam Latif says:

    Hehehehe…
    Endingnya menohok…
    Mudah2an nanti aku nda mengalami hal ini…

  40. aria says:

    hahaha
    kakek ada ada saja nih ๐Ÿ˜€

  41. Muhammad luthfi says:

    hahaha, bapak jamil aya aya wae..

  42. adi says:

    hahaha..nice story pak..lucu & menggelitik..ijin share ya..

  43. rahmat says:

    haduh, gimana perasaan si ibu ya?

    ๐Ÿ˜€

  44. emang bener ada true story..mirip plek ! konon endingnya sang ‘pria’ baru nikah ktika ibunya udah meninggal (krn slama ni jodohny tdk ssuai kriteria ibuny..yg pake kacamatalah, kurang putih, de el el) dan usia pria tsb udah kepala 4.. sedihnya..skrg Alhamdulillah si Pria ni udah menikmati masa tua brsama istri dan anak balitanya..:(

  45. jo says:

    pasangan hidup satu u/ seumur hidup..jd perlu kualifikasi yang pass donk..agar tidak menyesal selamanya

  46. akhnurhadi says:

    udah baca 2 kali masih aja saya “terpaksa” senyum..

    @akhnurhadi

  47. yulikita says:

    hahaa kirain serius endingnya, aya2 wae… btw doain aq mbah smg aq cepet nikah yaaa

  48. ammar says:

    wkwkwk, kocak ceritanya, tapi sdih juga
    nice
    @ammararr

  49. anggun anggitha says:

    Pak Jamil ada ada saja bikin tulisan,hehe tapi sangat menghibur Pak..terima kasih. Doakan saya juga yha kek, semoga saya bisa secepatnya melepas masa lajang dengan pria yang beriman, bertakwa kepada ALLAH SWT , Ilmu hidup dan agamanya lebih dari saya dan bisa meraih keluarga yang sakinah mawardah dan warahmah, Amien YRA!! ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.