Bukan Sekadar Jam Terbang

Share this
  • 256
  •  
  •  
  •  
  •  
    256
    Shares

Anda mungkin pernah mendengar aturan 10.000 jam. Apa itu? Apabila Anda ingin ahli level dunia di bidang yang Anda tekuni Anda perlu berlatih selama 10.000 jam. Teori ini muncul setelah tiga orang pakar yaitu K. Anders Ericsson, Ralf Th. Krampe, dan Clemens Tesch-Romer melakukan riset di Berlin Academy of Music. Mereka menemukan fakta bahwa para ahli level dunia menghabiskan waktu 10.000 jam untuk berlatih.

Namun perlu diingat, 10.000 jam adalah waktu yang dihabiskan untuk berlatih bukan hanya sekadar “jam terbang”. Karena itu, tidak mengherankan apabila ada banyak orang yang sudah bekerja puluhan tahun dan telah memiliki jam terbang lebih dari 10.000 jam namun mereka tidak ahli dalam bidang apapun.

Banyak orang yang terjebak kepada rutinitas kerja. Mereka jam terbangnya bertambah tetapi keahliannya tidak meningkat secara berarti. Mengapa? Karena mereka tidak berlatih, mereka hanya menjalankan rutinitas pekerjaan. Nah, agar pekerjaan Anda menjadi tempat berlatih sehingga Anda kelak benar-benar menjadi ahli, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Pertama, milikilah target spesifik untuk meningkatkan kemampuan yang melebihi kemampuan saat ini. Biasakanlah bekerja dengan target, bukan hanya target pencapaian kerja tetapi target peningkatan keterampilan yang spesifik. Salah satu hal yang menambah kenikmatan hidup adalah target kerja tercapai di saat yang bersamaan keahlian atau keterampilan kita juga meningkat.

Sayangnya, banyak orang yang hanya puas dengan pencapaian target kerja. Mereka melupakan bahwa perlu juga pencapaian peningkatan keahlian. Di dunia training, saya sering bertemu dengan trainer yang puas dengan banyaknya order namun ia lupa meningkatkan kemampuan diri. Pelan tapi pasti namanya akan tenggelam, namun ia tidak menyadarinya.

Baca Juga  Bisakah Karyawan Kaya?

Kedua, lakukanlah latihan Anda dengan semangat dan gairah yang besar. Agar hal ini terjadi maka pilihlah sesuatu yang ingin Anda kuasai sesuai dengan passion Anda. Setiap orang pasti punya kelebihan maka fokuslah pada kelebihan Anda. Jangan ingin menjadi orang lain.

Apabila Anda semangat berlatihnya “hangat-hangat tahi ayam” boleh jadi keahlian yang ingin Anda kuasai bukanlah passion Anda. Wajar apabila Anda kemudian tidak akan ahli di bidang apapun. Sebab, rutinitas tanpa gairah yang besar hanya akan menjadikan Anda zombie alias mayat hidup dan menjauhkan Anda ahli di bidang apapun.

Ketiga, mintalah feedback dari ahlinya. Ketahuilah, feedback seorang ahli itu lebih baik daripada komentar dari seribu orang yang tidak ahli. Carilah orang yang ahli dibidang yang Anda tekuni, mintalah penilaian dari mereka. Dengarkan pendapat mereka kemudian tingkatka kemampuan Anda.

Mulai hari ini, jangan hanya fokus dan puas pada jam terbang. Jadikanlah jam terbang Anda sebagai media untuk terus berlatih dengan memenuhi kriteria tersebut di atas agar Anda benar-benar menjadi ahli di level dunia. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 256
  •  
  •  
  •  
  •  
    256
    Shares

35 comments On Bukan Sekadar Jam Terbang

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer