Bukan Sekadar Bekerja

Ketika kita sedikit bernostalgi ke masa lalu, salah satu hal yang boleh jadi kita kenangkan adalah permainan-permainan masa kecil. Mungkin termasuk diantaranya adalah permainan yang dilombakan saat perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus di lingkungan sekolah dan di hampir setiap RT (rukun tetangga). Kemenangan dalam setiap perlombaan yang kita ikuti tentunya membuat kita merasa senang. Akan tetapi, apakah kemenangan merupakan satu-satunya tujuan kita ikut lomba?

Saya punya cerita… Dulu, salah seorang kawan saya sangat tidak suka dengan lomba makan kerupuk, padahal ini lomba paling populer di setiap acara 17 Agustusan. Tetapi karena kawan saya ini terkenal gesit, maka teman-temannya terus memaksa agar ia ikut. Suatu kali ia ikut, dan ternyata menang. Ia merasa senang? Ternyata tidak! Kenapa? Karena pada saat lomba makan kerupuk diadakan juga lomba kipas balon yang merupakan kesukaannya. Walhasil, ia harus menunggu satu tahun lagi untuk bisa ikut lomba kipas balon…

Insan SuksesMulia, apa yang dialami kawan saya saat lomba 17 Agustusan tadi sebetulnya sering kita temukan dalam keseharian kita, bahkan boleh jadi Anda mengalaminya juga. Misalnya, Anda bekerja dan menjalani profesi Anda dengan tujuan utama meraih “kemenangan”. Kemenangan itu bisa berupa banyaknya penghasilan dan bonus yang bisa Anda kantongi, tingginya jabatan, seberapa sering Anda melawat ke mancanegara dan menyinggahi tempat-tempat terbaik di muka bumi ini, dan seterusnya. Akan tetapi, apakah itu, atau tepatnya ‘hanya itu’ yang Anda cari saat menjalani profesi dan pekerjaan Anda?

Seorang teman dari sahabat saya yang terlihat sangat sukses dengan pekerjaannya bercerita, walaupun ia senang dengan apa yang ia peroleh dari pekerjaannya, tetapi sesungguhnya ia sangat tersiksa ketika ia mengerjakan pekerjaannya itu. Bukan karena ia tidak mampu… Malahan ia terhitung mampu mengerjakan tugasnya dengan sangat baik. Tetapi, karena sesungguhnya ia tidak menyukai pekerjaannya!

Insan SuksesMulia, dalam menjalani profesi atau pekerjaan, sejatinya yang kita cari bukanlah semata-mata “kemenangan” yang disebutkan tadi… tetapi bagaimana kita menjalani setiap detik prosesnya. Karena itu, pilihlah profesi atau pekerjaan yang itu merupakan passion Anda, dimana Anda bisa menjalaninya sekaligus menikmati prosesnya dengan semangat dan gairah 100% di setiap saat dan setiap waktu..

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

One thought on “Bukan Sekadar Bekerja”

  1. mulianiasih says:

    Ini saya banget om,sdh 6 thn lebih kerja kantoran tp ga pernah merasakan excited dan semangat dlm menjalaninya..hanya bekerja krn memang hrs bekerja..skarang lg seneng follow motivator2 di twitter yg m’ingatkan kembali btapa pentingnya PASSION..still trying to find it..doakan yah OM…

Leave a Reply

Your email address will not be published.