Bugar itu Mudah

Sebelum pukul 4 pagi tadi saya menyapa teman-teman di twitter. Tak lama kemudian ada banyak yang bertanya, “Pak, kok sudah eksis padahal tadi malam jam 11 malam belum tidur?” Ada juga yang bertanya, “Pak, bukannya kemarin full 3 hari di Trainer Bootcamp & Contest di Bogor, sekarang pagi-pagi sudah bangun mau terbang ke luar kota lagi? Tidak capek pak?”

Sebagai manusia biasa saya pasti pernah capek. Namun saya berupaya menjaga stamina agar tidak mudah capek. Ada 3 jenis makanan yang selalu saya jaga agar kebugaran tetap terpelihara.

Pertama, makanan fisik. Saya selalu berupaya agar fisik saya diberi nutrisi bergizi melalui 3 olah: Olah raga, olah makan dan olah nafas. Sesibuk apapun saya sempatkan berolah raga walau hanya 30 menit per hari. Bila sangat sibuk, sedikitnya 3 kali dalam sepekan saya berolah raga.

Dalam hal makanan, saya menghindari makanan yang tidak sehat. Makanan itu harus halal dan baik. Tidak semua yang halal itu baik dan menyehatkan. Saya juga punya aktivitas rutin melakukan latihan pernafasan diafragma. Menghirup udara segar, tahan di perut kemudian keluarkan lewat mulut. Bila ingin lebih jelas, baca di buku pertama saya “Kubik Leadership”.

Kedua, makanan pikiran. Saya menghindari untuk membaca dan mendengarkan berita-berita kerusuhan, perkelahian atau berita negatif lainnya. Saya juga enggan mendengarkan debat publik yang tidak bermutu di televisi. Saya unfollow akun twiter yang isinya cuma galau dan berisi hal-hal yang negatif. Saya ingin memberi makanan pikiran saya dengan ilmu yang bergizi tinggi.

Ketiga, makanan hati. Saya selalu berupaya berfikir positif. Bila ada kejadian negatif yang menimpa saya maka saya berusaha mencari hikmah dan hal positif dibalik kejadian itu. Saya selalu berbaik sangka kepada Allah Yang Maha Tahu. Tugas kita melakukan hal yang terbaik, hasilnya biarlah Dia yang menentukan.

Saya selalu memastikan 3 hal tersebut senantiasa dijaga agar tetap bugar dan segar. Bagaimana dengan Anda?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

27 thoughts on “Bugar itu Mudah”

  1. rnd says:

    thanks , bakal saya lakuin pak 🙂

  2. jajang says:

    good… job.. trimakasih atas ilmu nya..

  3. Budi Santoso, BTM Kalibening- Banjarnegara says:

    Memang lengkap, ada makanan fisik, makanan pikiran dan makanan hati. Tapi kebanyakan orang porsi makanan fisik itu yg paling dominan. Ketika orang bepergian, kebanyakan yg pertama dicari adl dimana wisata kuliner yg enak. Jarang orang mencari dimana tempat ibadah yg bersih dan nyaman sbg makanan hati. Salam SuksesMulia!!!

  4. Wahyu says:

    Ya..!!! Semangat akan terlahir secara utuh dari jiwa dan raga yang sehat. Sehat lahir dan bathin. Semoga tulisan ini menjadi nasehat yang berguna bagi saya dan sekalian ummat. Salam sukses mulia. Allahuakbar 🙂

  5. tidak mendengarkan berita2 kerusuhan, negatif juga debat2 publik, saya sepakat pada satu sisi membuat kita selalu fresh thinking dan optimis, tapi permasalahannya .. bagaimana nanti kalau masyarakat minta pendapat kita, sementara kita tidak tahu realitanya ? mohon pencerahan

  6. Anggit Setyaningsih says:

    Itu adlh hal yg sy tiru dr om Jamil krn tulisan itu sdh sy tempel di kamar sy.
    #KiatSehat yg dl prnh dijadikan kultwit 🙂
    Alhamdulillah.. Sy jg sllu bugar,ga prnh sakit 🙂

  7. sangat Setuju Pak, “penting untuk saya dipraktekan dan perlu”

    mindset positif dengan menjaga 3 hal yang bapak sebutkan diatas sangat perlu dijaga agar tetap pada track nya.

    salam sukses mulia

  8. Ay-Ay Ranti says:

    Menjadi sehat adalah sebuah pilihan. Many thanks pak atas sharingnya

  9. menarik pak, ketika mendapat masalah kita harus selalu berbaik sangka kepada Allah.
    karena Allah tau apa yang tidak kita ketahui.

  10. @omar_tony says:

    Alhamdulillah, terima kasih, lagi, pak atas ilmu yang bermanfaat.
    Harus lekas dipraktikan.

  11. muhammad zen says:

    Bagus sekali Mas Jamil
    Semoga sukses selalu ya

    Muhammad Zen
    di Malang

  12. awal hasan says:

    Sesuatu banget pak

  13. syawal says:

    Nasihat berguna….saya akan manfaat, INSYAALAH

  14. dini says:

    tentang makanan pikiran saya juga sedang berusaha melakukannya. karena follow bapak jadi follow yang lain,. allhamdulillah ketularan usaha meskipun kecil2an. kadang ingin tanya lewat mention, tapi masi minder. caranya gimana ya pak? minta saran. makasih

  15. setiawan says:

    Alhamdulilah tiap jumat pagi pun sarapan fisiknya paling lama.. dengan senam selama 40 menit, 10 menit terakhir ditutup dengan olah nafas diafragma yang konon juga tehnik pernafasan yang bagus klo mau jadi penyanyi ya.. pak Jamil, diteruskan dengan sarapan bubur ayam atau bubur kacang hijau, nasi kuning atau bihun sambil silaturahmi temen-temen sekantor. Untuk makanan fikiran dan hati; tiap rabu pengajian di mushola saat istirahat siang dan ba’da asar kajian hadis.. semoga kita selalu sehat walafiat bermanfaat untuk negara dan keluarga

  16. Haris Biantoro says:

    inspiratiff,,wajib ditiru,,trimakasih pak,,

  17. meddy says:

    makanan lengkap = seimbang jiwa + raga

  18. havabe says:

    Alhamdulillah, terimakasih pak atas artikelnya, sangat menginspirasi.
    Dan terimakasih juga sudah memberi ilmu selama 3 hari 2 malam di training bootcamp.

  19. zaenal-bandung says:

    Saya Aplikasikan Ahh..Makasih Ilmu nya pak, hanya tambahan Buat saya Tilawah Qur’an bisa masuk olah nafas , makanan pikiran(otak) dan juga makanan hati(bikin tenang).

  20. sam says:

    amazing!!!!

  21. tami says:

    mantaaappp..subhanallah…

  22. dannis says:

    Subhanallah.. Bagus sekali. Semoga bisa mengamalkannya

  23. bugar Itu Mudah Klo Kita tau caranya..dan sekarang saya sudah tau caranya dari Pak Jamil.

    Terimakasih Pak Jamil. Salam SuksesMulia. 🙂

  24. Tedy Winanto says:

    Alhamdulillah, Pak jamil salam kenal, ketemu web ini memberikan cara berfikir baru untuk saya. Sehat dan sukses terus ya pak..

  25. Didit Widiana says:

    Terima kasih banyak atas ilmunya kek.

  26. syahrul says:

    Syukur alhamdulillah, tips seperti inilah yg dibutuhkan skrg ini. Tulisan* bapak mmng jamil*… 🙂

  27. sukamto says:

    Terima kasih pak Jamil…meski postingnya sudah agak lama… hal ini sangat penting bagi kami dan kita semua untuk tetap bugar dan senantiasa kusnudhon billah…
    sangat bermanfaat…
    syukron….

Leave a Reply

Your email address will not be published.