Bisnis Bukan Sekadar Uang

Share this
  • 919
  •  
  •  
  •  
  •  
    919
    Shares

Pada tahun 2002 seorang sahabat mendatangi saya. Dengan bangga ia mempresentasikan keikutsertaannya dalam bisnis agribisnis yang ditawarkan PT. Qurnia Subur Alam Raya (QSAR). Dia yakin karena sudah survey lokasi dan sudah mendapat bagi hasil pertama dari investasinya. Dia juga semakin yakin karena banyak tokoh ternama investasi di bisnis tersebut.

Saya ingatkan sahabat saya ini untuk berhati-hati dan jangan menambah investasi di PT QSAR. Sahabat saya ngotot, bukan hanya mencibir ia bahkan memarahi saya. “Kamu iri ya kalau saya kaya raya?” ujarnya.

Tanpa mengindahkan nasihat saya, ia investasikan semua uang pensiun dini yang ia terima dari perusahaan minyak tempatnya bekerja. Hasilnya? Empabat bulan kemudian ia stress karena uang yang ia investasikan raib tanpa sisa.

Setelah PT QSAR, muncul kasus Adess Sumber Hidup Dinamika (Add Farm) dan kasus-kasus lain. Untuk menyakinkan banyak pihak, bahkan ada yang berani menggunakan embel-embel syariah seperti yang dilakukan PT Golden Traders Syariah Indonesia (PT GTSI) dengan bisnis emasnya. Semua berujung pada kerugian yang menimpa para investornya.

Selain menggunakan embel-embel syariah ada pula yang mencatut atau menggunakan tokoh agama sebagai kedok. Sahabat istri saya pernah menawarkan bisnis MLM jualan pulsa ke rumah. Ketika saya tanyakan kehalalan bisnisnya dengan mudah ia menyebut dua tokoh agama yang sudah ikut dalam bisnis ini. “Gak mungkinlah haram. Lha wong ustadz yang kondang saja sudah ikut,” katanya meyakinkan.

Saya dan istri tetap tidak tertarik dengan tawaran bisnis itu. Diapun marah kepada kami dengan mengatakan, “Sok pinter kamu, masak meragukan keilmuan orang yang sudah lebih hebat dibandingkan kamu.” Sayapun menjawab enteng, “Di akhirat nanti saya bertanggungjawab sendiri, saya gak bisa menyalahkan sang tokoh bila yang saya lakukan salah.” Dan, ternyata, bisnis MLM yang berpusat di Bandung itupun akhirnya tutup.

Baca Juga  Sumpah Bukan Asal Sumpah

Belajarlah bisnis dengan benar, jangan asal terlihat menguntungkan kemudian Anda ikut. Lihatlah aspek kehalalan bisnis tersebut. Tanyakan kepada para pakar yang sudah teruji. Ingat ya, bertanya jangan hanya ke satu pakar tetapi banyak pakar yang credible. Tentu Anda paham, harta yang kita peroleh kelak di akhirat akan ditanya kehalalannya oleh Allah.

Selain itu, pelajari logika bisnisnya dengan benar. Bisnis yang tak berpeluang rugi pada hakikatnya merugikan Anda. Gunakan nurani Anda. Tegakah Anda mengambil komisi atau bonus dari teman Anda hanya karena Anda merekrut mereka? Uang yang diterima belum memberi keuntungan kok Anda sudah menerima hasil?

Bisnis bukan hanya sekadar mendapat uang. Bisnis juga menentukan keselamatan kita di akhirat, mengasah nurani, melatih kecerdasan dan kehati-hatian kita. Waspadalah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 919
  •  
  •  
  •  
  •  
    919
    Shares

57 comments On Bisnis Bukan Sekadar Uang

  • Setuju kek. Uang yang halal walaupun nominalnya sedikit akan lebih banyak berkahnya….

  • Iya Kek.. teman saya juga pernah menawarkan bisnis seperti ini. Empat bulan pertama dia seakan-akan akan menjadi kaya raya. Uangnya selalu di upload di Media sosial sebagai bukti bahwa perusahan yang di ikuti bukan penipu. Saya pun terus diajak.. tapi itu.. dalam bisnis itu nyaris tak ada rugi dan resiko.. makanya saya tak terpengaruh dan menyuruh dia untuk berhati-hati.. empat bulan kemudian teman itu kecewa karena uang yang telah di setorkan raib di bawa lari.. Allahu Musta’an

    Semoga ini menjadi pelajaran untuk mereka yang ingin kaya tapi tak mau punya resiko untuk gagal dan bangkrut 🙂

    Makasih atas inspirasnya pagi ini Kek, Salam SuksesMulia

  • Princess Amanda @Princess_Coach9

    sereeem banget ya baca bisnis investasi bodong seperti itu…bunda angkat manda juga pernah kena kyk gitu gurunda, tp alhamdulillah bunda hny invest 250juta..tp ada temen bunda yg apes banget krn tmn bunda invest 50milyar..dan apesnya lg itu bukan uangnya sendiri tp uang koperasi tmptnya bekerja sebagai bendahara koperasi…manda sendiri ga pernah tertarik dengan bisnis instant yg menggiurkan seperti itu…sukanya yg kerja keras dan ada tantangan

    bnr kata gurunda kehalalaln wajiib di telusuri sebelum memulai suatu bisnis atau usaha….

    salam SuksesMulia

  • alhamdulillah belum pernah tertipu investasi uang ato emas, masalahe juga blm ada yg diinvestasikan sih he.he.he
    lebih baik investasi amal saja, dan semoga ihlas. biar gak terlalu berharap di dunia. uang dan emasnya untuk dakwah. comment orang yg blm banyak uang dan emas niiih…. semoga tetep konsisten dan istiqomah setelah nanti banyak uang dan emas. he.he.he

  • Betul kek,,skrng bnyk orng yg mnawarkn bisnis dg iming2 kuntungan yg singkt. Tanpa mngindahkn keharam/khalalannya,,

  • keren, kalau boleh tau inisial bisnis apa yg MLM di Bandung udah di tutup?

  • Alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah tertarik dengan bisnis semacam itu. Pengen belajar bisnis tapi takut melangkah. Mohon doa nya ya kek….

  • Bener yai nasihat lewat tulisan pagi ini, saya pilih bisnis Gule Kaki Kambing aja, krn pasti halal dan tidak riba, skalian misal klo yai jamil ke Bhumi Arema kan bisa menjamu makan Gule Kaki Kambing dan Sate Kambing yg empuk dan makyus, hehehehe

  • #Sedekah is real investasi

  • Teguh Gumilang

    Setuju kek. Kalau bahasa saya Bisnis dengan Hati 🙂
    Semoga bisnis yang saya lakukan pun ada dalam ridha Allah.
    Aamiin..
    #salim gurunda.
    Salam SuksesMulia!!

  • agung windiarto

    Dahsyat sekali tulisannya hari ini, doakan ya kek sudah 4 bulan ini bersama istri tercinta mengelola klinik pengobatan 24 jam, semoga akan terus berkembang dan bermanfaat
    “Bekerja tidak hanya membutuhkan materi, tapi juga penghargaan dan pengakuan dr orang lain” selain itu bermanfaat bagi orang lain”.. Jadi selain sukses, juga mulia ya kek..:)

  • Siip, smoga bisnis frozen food saya termasuk yang bekah shg bisa jadi orang yang sukses mulia, amin

  • Alhamdulillah. Saya juga mengingatkan banyak kawan2 saya untuk berhati2 memilih bisnis atau investasi termasuk yang ngaku Islami atau Syariah. SyukrON Kek atas tulisannya. 🙂

  • Banyak dan halal …
    Banyak dan berkah …

    Hhehehhee ..

    KerOn kek ..
    #KamisManis

  • Pilihan bisnis saya tidak mengalirkan profit berlimpah, bahkan tahun ke 2 ini masih begitu2 juga. Tapi insyaallah bermanfaat, barakah dan I love it.Mohon doanya agar terus berkembang.

  • Subhanallah… Semoga usaha yg saya jalanin ga trmasuk yg tidak diridhai allah kek, usaha saya sablon kaos satuan, blm ada modal untuk bli mesin sendiri tp trus minta sm ALLAH smoga dikasih rejeki buat beli mesin sendiri, sy g mw pinjem dana dr bank atau pembiayaan gitu2 kek, takutnya ada unsur riba nya, apa itu termasuk belagu atau gmn ya? Kalo main ke jambi mampir ya kek… Hehe…

  • lg merenung mau membuka usaha apa yg sesuai bakat….

  • dapat ilmu dari pengalaman kakek yg sangat berharga.. gak rugi berkunjung tiap hari di blog pak Jamil 😀
    semoga diberi kesehatan dan kelancaran selalu wat pak jamil , Aamiin dan salam kenal hehe

  • apa termasuk mlm punya ustadz yusuf mansyur,,vsi itu

  • Bagaimana pendapat kakek tentang busnis MLM yg sdg dijalankan oleh tokoh agama sekarang ini?

    • hati-hati juga dengan setiap model MLM yang dekat dengan pola Ponzi… saya termasuk yang kuatir ketika nama besar seorang ustad diseret untuk masuk ke dalam lingkaran bisnis bermodel MLM seperti itu… perkiraan saya, dua sampai tiga tahun ke depan, akan banyak masalah besar. mirip dengan yang terjadi di kasus Qisaran itu.. polanya saja mungkin yg sedikit berbeda. Tapi, mari berdOa semoga itu tidak terjadi.. ingat setiap putaran duit besar, dan setiap ada nama besar, selalu akan banyak penumpang gelap yang akan mencopet dompet-dompet penumpang resmi… Kek jamil saja yang tidak pernah menawarkan model bisnis apapun, namanya juga sering dicatut banyak orang untuk kepentingan suatu bisnis, yang Kakek sendiri nggak tau menahu tentangnya… hemmm, ini indonesia, masih banyak serigala berbulu domba, tugas kita selalu hati-hati dan kritis terhadap apapun fenomena yang mendekati kehidupan kita… Salam Kanan, Salam Rich, dan tetap Sedekah BrutaL

  • prihatin kek, saya dulu pernah punya teman yang ngedadak sakit dan harus dirawat tiga bulan di rumah sakit .. ternyata dia shock, uang pensiunan ayahnya lenyap saat disimpan di saham yang tak jelas statusnya

  • Kebanyakan orang berpikir kalau hartanya banyak pasti sukses & bahagia. Maka mereka invest di usaha yang kerjanya sedikit dan untung berlipat ganda.

    Prinsipnya 3 H. Halal Haram Hantam.

    Padahal memakan harta haram, laksana memasukan bara api di tubuh kita, istri, anak & keluarga.

    Moga kita istiqomah mendapatkan harta yang halal. In Sya’ Allah berkah. Aamiin.

  • selalu merinding klo baca tulisam2 kakek jamil 🙁

  • klo yg VSI ustad YM tu gmn y ? banyak yg ikut2 krn bawa2 ustad YM

  • Tekad Firdiansah

    Setuju Kek “waspadalah” jadi teringat cerita kakek tentang raja yg jahat yg selalu mendapat kemudahan dan raja yg baik tapi sulit mendapatkan kemudahan, jawabannya bahwa raja yg jahat dahulu pernah berbuat baik sehingga allah balas kebaikannya dengan sempurna di dunia, dan kejahatannyapun di balas dg sempurna di akhirat nanti. Sedangkan raja yg baik “dahulu pernah berbuat salah” dan allah pun balas dengan sempurna kesalahannya didunia , dan kebaikannyapun dibalas dengan sempurna di akhirat.
    Semoga Kita Semua Mendapat Bisnis Sukses Mulia, selamat dunia akhirat……Aamiin
    tetap di jalur “trafic” Sukses Mulia yah kek & waspada…… Tempted trafic

  • Cobalah utk lbh bijak memahami, sekali” ikuti acara vsi dan buktikan sdri, jd tdk hanya bermain asumsi atopun persepsi,,,

    Coba dengarkan sdri ustadz YM bicara vsi,,terutama ttg visi – misi,,baru ambil posisi,,,

    Menggali,,belajar memahami itu jg akan mengasah nurani, melatih kecerdasan dan kehati-hatian kita,,,aksi nyata dari kata” Waspada…

    Salam SuksesMulia!

  • Apakah setiap MLM tidak baik? Jika sistemnya sudah sesuai dengan fatwa MUI dan UU perdagangan, apakah ada kemuliaan di bisnis MLM tersebut? Terima kasih inspirasinya pak..

  • senaaaangggg, punya Kakek yang wawasannya luas dan wisdom kayak gini,.. pengen pelukan deh!

  • Keren kek, makasih nasehatnya T,T “bisnis bukan sekedar uang “

  • iya,,kek,,investasi abal-abal selalu marak dari tahun ke tahun ,,waspada euy,,,mau jd pengikutnya madolf tuh ya para penipu itu hehe

  • Di Jawa Timur ini pernah ada bisnis money game yg ikut kyai2 krn bawa nama agama, akhirnya kocar kacir, bnyk yg cerai, bunuh diri dan kehilangan pekerjaan krn dipecat akibat memakai uang. Lah sekarang rupanya marak lagi. Belum kapok rupanya

    • pokoknya yang berbau MLM, yang model Ponzi, ujungnya bakalan begitu, Bunda… kasihan ustad kita kalau cuma akhirnya dijadikan bamper untuk mereguk keuntungan duit yg besar dari para jamaahnya… semoga semoga semoga baik-baik saja dan selamat semuanya… amiin

  • Wuihh Kereenn nih ViSI para sahabt Enterpreneur,. Semog jadi pada sukses semua, pada brutal sedekahnya insyaAllah Aamiin..
    Seneng jadinya Banyak yg Bantu Iklanin MLM sekrang ne.. Ustadz Juga udah pesen. Nggak apa kita beda, asal tetep Fren, toh juga di bantu iklanin juga nantinya..
    makasi ya Mas/Mba/Kek..
    “Dalam bahasa Manusia orang yg kaya itu adalah yang paling Banyak Memiliki, Dalam Bahasa Tuhan Orang yg kaya itu yang paling banyak Berbagi dan bermanfaat” By FauzanMuttaqin

    Salam Hormat buat Kek Jamil moga ,berkah,berlimpah,. Rejeki Umur kesehatan Sekluarga hingga Akhir Zaman Al-Fatihah aamiin..
    Salam Sukses Berjamaah.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer