Bio Farma Perusahaan Lebih dari Satu Abad

Jamil Azzaini bersama Direktur Utama Bio Farma, Bapak Iskandar (kiri), Jamil Azzaini bersama teman kostnya saat kuliah di IPB, Mas Ivov (kanan)

Anda tahu perusahaan apa di Indonesia yang usianya sudah lebih dari satu abad? Yang saya tahu baru dua perusahaan, yaitu Bank BRI dan Bio Farma. Pada awal April 2014, Jamil Azzaini diundang untuk memberikan seminar 2 jam di Bio Farma Bandung. Acara ini dihadiri lebih dari 600 karyawan. Bahkan banyak peserta yang harus berdiri di bagian belakang ruang serba guna.

Pada 6 Agustus 1890, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Hindia Belanda Nomor 14 tahun 1890, berdirilah “Parc Vaccinogene” yang menjadi cikal-bakal PT Bio Farma (Persero). Awalnya lembaga ini menempati sebuah paviliun di Rumah Sakit Militer Weltevreden, Batavia yang saat ini telah berubah fungsi menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto), Jakarta.

Bio Farma terus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga riset nasional dan internasional dalam transfer teknologi. Bio Farma menjadi salah satu dari sedikit produsen vaksin dunia yang memenuhi kualifikasi WHO, sehingga dipercaya untuk memenuhi kebutuhan vaksin di lebih dari 122 negara.

Biofarma saat ini sedang melakukan transformasi perusahaan dari produsen vaksin menjadi produsen ‘life science product’, transformasi budaya perusahaan menjadi ‘world class company’. Jamil Azzaini diundang untuk membantu keyakinan dan melejitkan semangat karyawan agar terus berbenah untuk terus bersaing di word class company.

Acara yang juga dalam rangka hari ulang tahun ke-15 Himpunan Karyawan Bio Farma ini telah mempertemukan Jamil Azzaini dengan teman satu kost-nya saat kuliah di IPB. Yang menarik dari acara ini adalah walau banyak peserta yang harus berdiri namun mereka menikmati seminar ini dengan sangat antusias hingga acara berakhir.

Bagikan:

3 thoughts on “Bio Farma Perusahaan Lebih dari Satu Abad”

  1. ORA DADI OPO says:

    Semoga Bio Farma tetap trus melonjak prestasinya yang membanggakan Indonesia | Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂

    “Yang menarik dari acara ini adalah walau banyak peserta yang harus berdiri namun mereka menikmati seminar ini dengan sangat antusias hingga acara berakhir.” >>> ini karena takjub sama penampilan & kegantengan kakek JA pastinya _!!!! 😀

    Salam SuksesMUlia_!!!
    @npindh
    ง^•^ง

  2. Mokamula says:

    Semoga Bio Farma semakin sukses mulia. Aamiin

  3. siska says:

    Senang sekali seminar tahun ini diisi oleh Pak Jamil. Tahun depan ke biofarma lagi ya Pak… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.