Berubah atau Punah

berubah.jpg

Perubahan terjadi begitu cepat. Brand atau produk yang dulu menjadi pemimpin pasar sekarang sudah punah. Apple dan IBM yang dulu saling menghina sekarang malah saling bekerjasama. Sebaliknya, super hero dalam film laga yang dulu bersatu kini berseteru: Batman berseteru dengan Superman, Tim Avangers bertempur satu sama lain dengan alasan masing-masing.

Di dunia kerja, perubahan juga terjadi begitu cepat. Banyak hal tergantikan dengan peran social media. Gen Y sekarang lebih senang menjadi kutu loncat, pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainmya. Komplain pelanggan bisa menyebar cepat ke berbagai penjuru dan sulit dihentikan.

Lingkungan di luar kita berubah begitu cepat. Bersiaplah “punah” apabila kita enggan berubah. Perubahan perilaku dimulai dari pikiran maka jauhi hal-hal yang membuat pikiran buntu dan terlalu asyik dengan keberhasilan masa lalu. Ingatlah, apa yang bisa kita dapatkan dimasa lalu belum tentu bisa kita dapatkan di hari ini.

Buat pikiran Anda terbuka dengan ide dan gagasan baru. Pikiran itu seperti parasut, ia akan berfungsi optimal saat terbuka. Bila kita menjadi orang yang “denial” terhadap ide dan gagasan positif yang baru, rasanya hidup kita tak pantas di dunia nyata, sebaiknya kita minta dimuseumkan saja.

Bagi Anda yang belum sadar bahwa dunia berubah ingatlah cerita tentang kodok. Apabila kodok dimasukkan ke air yang mendidih, ia akan langsung melompat. Tetapi apabila ia dimasukkan ke dalam panci berisi air biasa ia akan tetap tenang. Nah rebuslah air itu, katak tidak menyadari perubahan yang terjadi dan akhirnya ia mati.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.