Bertaubatlah dengan Ilmu

JustRelax.jpg

Salah satu hal yang menjengkelkan saya adalah digunakannya atribut agama saat seseorang menjadi tersangka. Seseorang yang tak berkerudung tiba-tiba mengenakan kerudung saat dalam persidangan. Seorang yang semula jauh dengan Tuhannya tiba-tiba sering menyebut Sang Maha saat wawancara dengan media.

Bertaubatlah setiap hari bukan karena menjadi tersangka korupsi. Sebagian Anda mungkin berkata, “Lho, saya tidak berbuat dosa besar kok bertaubat setiap hari?” Kalau begitu bertaubatlah karena Anda melakukan dosa kecil. Mungkin ada yang berkata lagi, “Saya juga terhindar dari dosa kecil, jadi ngapain bertaubat?” Kalau begitu bertaubatlah karena Anda berbuat makruh.

Ada yang menimpali, “Saya juga terhindar dari yang makruh, gak perlu bertaubat.” Maka, komentar saya bertaubatlah dari perasaan paling suci atau bertaubatlah dari perasaan lebih sempurna dan sholeh dibandingkan orang lain. Sang Nabi-pun masih memohon ampun kepada Allah SWT sebanyak 70 atau 100 kali setiap hari.

Yang penting adalah bertaubatlah dengan sungguh-sungguh disertai dengan ilmu, bukan hanya taubat pencitraan.

Alkisah, seorang yang hobinya menyuap semakin tua hidupnya semakin gelisah. Ia merasa mulai tak nyaman membiayai hidupnya dengan harta kotor atau haram.

Si penyuap ini lalu datang ke rumah ustadz dan kemudian bertanya, “Apabila saya ingin menjadi muslim yang baik dan bertaubat bagaimana caranya?” Sang ustad menjawab, “Mudah, jalankanlah rukun Islam yang lima perkara dan rukun iman yang enam perkara.”

Sang penyuap mulai ragu, dalam hati ia membatin, “Berat juga ya ternyata untuk menjadi orang baik.” Maka sang penyuap itu kemudian berkata, “Pak ustadz, saya tidak jadi taubat kalau harus menjalankan rukun Islam 5 perkara dan rukun iman 6 perkara. Sebab selama ini satu perkara saja saya menghabiskan milyaran rupiah, apalagi ini ada 11 perkara.” Hehehe…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

39 thoughts on “Bertaubatlah dengan Ilmu”

  1. hehe.. 11 perkara!

    oh iya Kek, saya pernah mendengar maksiat yang membuat kita bertobat dan merasa kotor di hadapan Allah itu lebih utama daripada Ketaatan yang membuat hati merasa suci dan paling benar. Dari mana ya kata-kata itu?

    semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa bertobat dan mensucikan diri.

    Salam Sukses Mulia

    1. Wah saya gak ngerti pendapat itu mas

  2. syarah khaerunnisa says:

    hehehe.. satu kata aja jd beda persepsi ya. tergantung kita melihatnya sebagai siapa.
    WBT#12 di Jakarta ya kek? sy tinggal di belakang Hotel Balairung, nanti mampir ah liat temen2 WBT#12 sekalian silaturahim sm kakek ๐Ÿ˜€

    1. Asyik bisa ketemu PNS mulia, siapa tahu diajak makan2 di rumah, hehehehe

      1. syarah khaerunnisa says:

        waaahh saya seneng banget kl kakek mau mampir ke rumah sy. nanti saya buatkan kue deh kek. hehehe..

    2. anisa says:

      maaf mb wbt selanjutnya kapan?mohon info, trmksh ๐Ÿ˜€

  3. ali samsudin says:

    Alhamdulillah, terimakasih peringatannya pak. saya sebagai orang yang mengaku muslim jadi malu, namanya manusia saya masih sering lupa akan dosa2 yang kuperbuat, lupa bertaubat, ingat Allah hanya ketika ada masalah yang hinggap. sungguh malu diriku pada Mu ya Robb. Allahummagfirli dzunubii.
    Saya bukan seorang tersangka atau koruptor lho pak, he he he
    Saya hanya wong cilik yang akan menjadi BESAR dan ingin selalu bertaubat. Doakan ya…

    1. Setahu saya nama itu doa, ali itu tinggi, syamsu itu matahari dan din itu agama. Jadi namamu mengandung doa, kau orang yang menyinari agamamu dengan semangat yang tinggi ๐Ÿ™‚

      1. Mas Wantik says:

        Kalo WANTIK, itu dr One = satu, Antik = Antik, jd antik dan hanya satu2nya. Maksa.com hehe

        1. Kraetif mas, cocok jual barang antik ๐Ÿ™‚

      2. ali samsudin says:

        amin ya Allah

      3. ฮ›ฮฌmฮฮฯ€ Yฮฌยชยช ล”รตรŸรŸวปl ฤ„lฮฌmฮฮฯ€ | ๐Ÿ™‚

  4. basith says:

    Hehehehe, dinten jum’at nopo niki yai, Kliwon, pon, wage ko ‘ agak lucu gini, nek critanya kayak gitu saya usul yai, org yg spt crita diatas dicemplungno sumur mawon, stelah itu dislameti bubur sruntul sama jenang abang

    1. Hahahahaha, terus disiram uyuh jaran ๐Ÿ™‚

      1. basith says:

        Hahaha, disiram uyuh jaran sm dikasih mikroba alami biar terfermentasi sbg starter utk pupuk organik, biar bermanfaat utk kesuburan tanah pertanian indonesia yg di rusak oleh penggunaan pupuk kimia, kan eranya skrg organik ramah lingkungan, hidup petani indonesia

  5. Ustad Jamil. tolong puji saya juga ๐Ÿ˜€

    1. Hehehe, saya termasuk orang yg susah memuji ๐Ÿ™‚

  6. princess amanda @holistic_center says:

    ngakak baca endingnya…wkwkwk….

    emang bener grandpa tiap hari wajiiiib bertaubat…bertaubat itu memudahkan rizqy yg halal berdatangan…
    merasa tdk punya dosa itu sombong banget…dan sombong itu sifat syaithon la’natullah….

    salam SuksesMulia

    1. Khan hari Jumat, jadi harus membuat tersenyum orang tapi ada hikmah yang bisa diambil ๐Ÿ™‚

      1. princess amanda @holistic_center says:

        siiip alias mantap surantap…

        bsk udh ga sabar pengen segera tau mesin kecerdasannya apa….

  7. Jussie says:

    Begitu baca langsung mesam-mesem sendiri… Kalo nda mau taubat, itu baru benar-benar cari perkara..
    Matur nuwun, sangat menginsipirasi. Salam Sukses Mulia dari Surabaya.

    1. Wah terbang melulu mbak ๐Ÿ™‚

  8. hehe | nyengir-nyengir sendiri bacanya…

    top dah kek jamil bercandanya… tp bercanda yg msh berISI.. | kerON_!!!

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    เธ‡^โ€ข^เธ‡

    1. Senyumnya jangan lama2 ya ntar dikira apa gitu. Hehehe

  9. Artikel yang mengingatkan Kek Jamil.

    Semoga kita tergolong orang-orang yang selalu bertaubat atau beristighfar. Selain diampunkan dosa, istighfar banyak manfaatnya : http://www.rumah19.com/artikel-328-32-manfaat-dan-keutamaan-istighfar.html

    Ya Allah jadikan kami orang yang selalu bertaubat & bersyukur. Aamiin.

    Salam SuksesManfaat

    Syaifur Amuro

    1. Ayo mas buat tulisan di website ini. Kirim ke email TulisanPembaca@JamilAzzaini.com ya salam SuksesMulia

  10. Hehehe…postingan bagai buah segar…menu pembuka sembari menunggu hidangan makan siang.

    Salam dari Belawan Medan kek…

    1. Jangan lupa telpon bidadarimu di rumah

      1. sudah kemarin kek dan sekarang sedang memadu kasih, ditemani juga oleh bocah2 gantengku kek hehehe

  11. makasih kek atas ilmu dan siraman rohani nya ๐Ÿ™‚

    1. Wah ini khan bukan siraman tapi tetesan, hehehe

  12. Mayasari says:

    Dari serius bacanya sampe ketawa hehehee kerON bgt.. Iy maluu sama Nabi ya, nabi yg dijamin masuk surga aj masih taubat.. Smg bisa evaluasi tiap malam dan bertaubat tiap hari amiiin.. Makasi kek sudah diingatkan.. Barakallah:)

    1. Mari bertaubat setiap saat, karena terkadang kita maksiat tanpa kita sadari

  13. BisnisBajuYuk says:

    Hehehe.. Si Aki canggih euy ngabodorna…

    1. Saya diajarin istri saya, dia hobinya ngebodor ๐Ÿ™‚

      1. BisnisBajuYuk says:

        Wah beruntung sekali Aki punya istri nu resep ngabodor,pasti di rumah ceria terus ya Ki? Asyiiik…

  14. Akbar Prima says:

    Sentilannya keren bgt ๐Ÿ˜€

  15. bagus rahadisatya says:

    Luar Biasa Nasehatnya…..
    Ustadnya gak di suap kek? hahaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published.