Berguru Kepada Mr.Pay

mrPay.jpg

Banyak ilmu berseliweran di TrainerLaris.com, apalagi Selasa malam. Mengapa? Karena, setiap Selasa pukul 20.00 WIB selalu ada kuliah online dengan nara sumber yang berbeda-beda. Tadi malam, yang memberikan kuliah adalah Pay Bakara. Kami biasa memanggilnya Mr. Pay.

Lelaki plontos ini adalah seorang pengusaha tour & travel. Mengawali usaha dengan modal 200 ribu rupiah kini sudah punya sub agen lebih dari 400, di Indonesia maupun negara tetangga.Hobinya adalah jalan-jalan dan membantu orang untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Tadi malam (13 Januari 2015), beberapa kiat bisnisnya ia share dalam kuliah online di Trainerlaris.com. Pertama, kata Mr. Pay, manfaatkan potensi lingkungan. Ia mencontohkan, ada seorang pemuda datang kepada dia dan bertanya, “Pak, saya gak punya modal, desa saya miskin, hampir semua penduduknya menjadi buruh nyuci di perumahan-perumahan sekitar. Bisnis apa yang cocok, pak?”

Saya dan Mr. Pay.

Saya dan Mr. Pay.

Naluri Mr. Pay langsung jalan dan memberi usulan, “Bagaimana kalau kamu bisnis laudry. Tapi gak pakai mesin, cuci dengan tangan. Modalmu cuma brosur. Tawarkan kepada penduduk kampungmu untuk bekerja denganmu.” Pemuda yang dulu bingung itu, kini sudah bisa menikmati penghasilan puluhan juta rupiah setiap bulan.

Tips kedua dari Mr. Pay adalah sukseskan orang lain, jangan serakah. Di Jambi sedang marak cafe trotoar. Salah satu murid Mr. Pay ikut membuka bisnis bandrek di trotoar itu. Ketika dagangannya sangat laris, sang murid ingin membuka cabang namun Mr. Pay melarangnya. Kenapa? Karena muridnya siang masih bekerja di Neste, khawatir nanti waktunya habis untuk ngurus bandrek.

Lalu, apa usulan Mr. Pay kepadanya? Ia meminta sang murid menciptakan pesaing baru. Ia ajari orang untuk bisnis bandrek sama dengan dia namun bahan bakunya ia yang suplai. Hasilnya? Dari menyuplai bahan baku ini, penghasilannya rata-rata 700 ribu hingga satu juta rupiah per malam. Bisnisnya semakin maju dan siang ia tetap menjadi karyawan.

Masih banyak kiat-kiat yang dibagi oleh lelaki yang kini aktif juga berbisnis produk-produk buatan China ini. Apabila tidak ada aral melintang, Maret saya akan ikut perjalanan bisnis beliau ke China, bertemu langsung dengan produsen di sana.

Segeralah sign up ke TrainerLaris.com karena banyak ilmu, relasi dan peluang kebaikan di komunitas online ini. Gabungnya gratis, manfaatnya fantastis.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Berguru Kepada Mr.Pay”

  1. Lusia Tri Setiyaningsih says:

    Pak Jamil, saya berminat utk menjual produk2 dr China. Bisakah Mr. Pay mensuplai barang2nya. Barang apa saja yg bisa disuplai..??? Makasih

    1. Jamil Azzaini says:

      Silakan invite BB-nya 7F-0213-6F

Leave a Reply

Your email address will not be published.