Bercerminlah

Monica FirmanHeboh, penasaran dan bikin gemes. Itulah perasaan yang dihasilkan setelah menonton infotaintment. Bener ga?
 
Ngomongin sepak terjang artis yang kemudian diberitakan oleh stasiun televisi di negri ini, sebenarnya sangat menguras energi kita. Tak jarang informasi yang disajikan mengaduk-ngaduk emosi kita. Apalagi saat infotaintment memberitakan dua orang artis yang saling bersengketa. Mereka saling melontarkan tuduhan atau pembelaan atas dirinya. Kadang disertai amarah, tangis atau mungkin lewat candaan yang melecehkan.
 
Perseteruan artis ini, sudah pasti membuat pemirsa infotaintment terbawa emosi. Tak sedikit mereka yang hanya menonton, tak ada sangkut pautnya ikut-ikut berkomentar. Bahkan serunya perseteruan artis ini dibawa ke kantor atau ke tetangga sebelah. Apalagi bagi mereka yang penyuka infotaintment, setiap harinya tak bisa lepas dari berita artis di negeri ini.
 
Gosip menjadi menu sehari-hari. Padahal berita itu belum tentu kebenarannya sesuai dengan kenyataannya.
 
Secara tidak sadar, penonton infotaintment menjadi komentator yang hebat. Membongkar kesalahan orang lain, dan mudah memberikan penilaian tanpa didasari dengan ilmu dan data yang bisa dipertanggung jawabkan.
 
Bilamana mau jujur. Diri ini harusnya belum pantas mengkoreksi kesalahan orang lain. Justru bilamana kita bercermin pada diri ini, kita masih banyak kelemahan-kelemahan yang harus diperbaiki.
 
Harusnya infotaintment adalah alat bercermin bagi kita. Berbagai kekurangan pada seorang artis atau pada siapapun, menjadikan kita harus lebih teliti mengkoreksi diri kita sendiri. Bisa jadi diri kita lebih buruk daripada mereka. Bisa jadi kita lebih jahat daripada mereka.
 
Kelak dengan terus mengevaluasi diri, kita dijauhkan dari kejahatan-kejahatan yang tak sadar kita lakukan.
 
 
Tulisan dikirim oleh Monica Firman

Bagikan:

15 thoughts on “Bercerminlah”

  1. BisnisBajuYuk says:

    Kuman di seberang lautan tampak,gajah di depan mata tiada tampak…

    1. Kalau kata teman saya yang suka pelajaran biologi itu katanya rabun dekat, hehe.. 🙂

  2. Mas Wantik says:

    Wah sy ndak pernah nonton TV acara2 spt itu hehe, hanya nonton sepak bola sj, itupun kalo CHELSEA bertanding…

    Setuja utk banyak introspeksi diri, muhasabah

    Salam makin sukses

    1. fans CHELSEA jg ya mas Wantik???samaan deh | *tos dulu mas Wantik

      Salam Sukses Mulia_!!!
      @npindh
      ง^•^ง

      1. Mas wantik says:

        siap mas Nando…
        jgn keras2 kalo bicara bola, ada yg lg melorot performancenya, MU-nya Kek Jamil hehe

      2. Saya juga fans bola, tapi gak suka nonton. hobinya baca beritanya aja. Maklum ga ada TV hehe..

        1. kok hampir sama kita mas | saya jg jarang liat bola | plg2 bsknya gitu browsing hasil akhir skornya |

          baru tau klo kek Jamil fans beratnya MU | kemarin liat video kek Jamil pas seminar di Toyohashi, Jepang pake batik motif MU, tp msh blm yakin… | baru yakin setelah sampean kasih tau…

  3. infotainment, berita kriminal, lagu/film yg horor/sedih bakal menurunkan mood kita…
    lebih baik dijauhi saja deh.. / diganti dengan kegiatan yg bermanfaat.
    kyk membaca situs kek Jamil ini 😉

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    ง^•^ง

  4. Saya sudah lama gak nonton TV apalagi yg gosip…gosip…

  5. princess amanda @holistic_center says:

    sy juga udh lama ga nonton teve…hehe…
    paling update berita lwt internet…
    apalagi stlh tau webnya grandpa jamil…lebih sering mantau web kerON ini dech…

    pengen jadi expert di bidang inspirasi yg mendunia…so gada wktu bwt nonton teve…
    paling nonton film d DVD…film2 motivasi…

    apalagi udah bikin komitmen bwt khatam qur’an tiap 90hari…berlatih 6jam sehari dll…
    belum lagi harus baca buku best seller n meringkas buku…sehingga no time for wacthing gosip n bad news lainnya…

    tulisannya kerON bgt mba monica…
    menginspirasi untuk selalu bercermin alias muhasabah ttg aib diri sendiri yg telah Allah tutup dgn rapi…

    salam SuksesMulia

    1. Kayaknya pembaca web ini punya hobi yang sama, sama-sama ga suka nonot TV. betul tidak?

      Saya juga sudah lama ga nonton tv.

  6. Ardi SA says:

    Klo beritanya g bener. Terus ikut2an nyebarin, kecipratan dah dosanya.
    Udah lama juga g nonton TV, apalagi nonton infotainmnt. Tontonan juga sekarang banyak yang kurang bermutu. Nonton TV kalo berkunjung ke kamar tetangga aja, atau sengaja nonton kalo acaranya bisa nambah ilmu. hehehe..

  7. Ramon says:

    Saya masih suka nonton TV.
    Terutama acara musik, dialog, usaha bisnis, olahraga, jalan2 sampai berita. Memang ada beberapa program unggulan TV yg ditayangkan saat primetime. Dan sayangnya memang program2 favorit pemirsa tersebut hanya menyajikan humor dan hura2 yg jauh dari mendidik. Sebatas hiburan yg kekurangan mutu.
    Tetapi, tidak menutup mata jika memang ada beberapa program yg masih bermutu. Bisa menambah pendidikan dan wawasan.
    Dengan menonton TV, meski hanya seperlunya saja dan sekilas-sekilas, kita bisa sedikit membaca kondisi masyarakat sekarang. Dan yang wajib dimiliki saat menyimak media informasi (entah itu TV, internet, koran atau apa pun) harus dilengkapi filter pribadi yang sangat kuat, karena media massa rentan sekali ditumpangi kepentingan2 tersembunyi.
    Orang lain boleh saja menyajikan apa pun di depan mata kita, tetapi kita sendirilah yang berhak memilih mana yang mau kita ambil.

  8. andriansyah says:

    infotainment bentuk acara yang mengambarkan masyarakat yang kurang cerdas…banyak informasi positif lainnya yang jauh lebih penting.

  9. katanya itu sebagai media untuk mendongkrak popularitas artis -_-
    bahkan ada yang sifatnya ‘settingan’ atau dibuat2 demi populer di infotainment.
    hmm..

Leave a Reply

Your email address will not be published.