Beranilah Mengambil Keputusan

keputusan.jpg

Setiap hari kita harus mengambil keputusan. Anda tidak mau mengambil keputusanpun sudah merupakan keputusan. Sukses kehidupan Anda sangat ditentukan oleh kualitas keputusan-keputusan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kualitas dari keputusan Anda. Agar keputusan Anda semakin berkualitas Anda perlu memahami beberapa hal tentang keputusan,

Pertama, keputusan yang baik bermula dari banyak kesalahan. Banyak orang yang awalnya salah mengambil keputusan namun berujung kepada prestasi yang luar biasa. Salah satu guru bisnis saya Coach Dr. Fahmi bercerita James Burke, salah satu CEO Jhonson & Jhonson pernah merugikan perusahaan jutaan dolar.

Owner perusahaan ini berkata, “Bisnis adalah tentang pengambilan keputusan. Kamu tidak pernah membuat keputusan tanpa membuat kesalahan. Hanya saja jangan membuat kesalahan yang sama dua kali.” Dan, setelah itu, James Burke memberikan sumbangsih besar bagi perusahaan ini. Ia menjadi salah satu pemimpin terbaik di perusahaan ini. Bahkan majalah terkemuka Fortune, mencatatnya sebagai salah satu dari 10 CEO terbaik sepanjang masa.

Kedua, jangan mengambil keputusan saat lelah. Saat pikiran dan tubuh Anda lelah istirahatlah sejenak atau jedalah sejenak jangan mengambil keputusan strategis. Banyak kecelakaan di dunia dan kesalahan besar diputuskan bukan oleh orang yang bodoh tetapi oleh orang yang cerdas tetapi lelah.

Banyak orang yang curhat kepada saya menyesali keputusannya berpisah dengan pasangan hidupnya karena diputuskan karena ia sedang lelah ketika itu. Bagi pebisnis, jangan mengambil keputusan setelah rapat yang berkepanjangan. Rehatlah sejenak sebelum memutuskan rapat yang penting. Saya menghindari mengambil keputusan yang besar dan strategis di malam hari.

Ketiga, jangan sepelekan hal kecil. Ingatlah, keputusan apapun yang kita ambil pasti berdampak. Ibaratnya, memindahkan satu batu dari tumpukan batu pasti akan membuat batu yang lain bergerak atau berubah. Tentara Inggris kalah dalam peperangan melawan suku Zulu hanya karena mereka lupa membawa obeng. Amunisi yang lengkap dan canggih tidak bisa digunakan karena tersimpan di tempat yang hanya bisa dibuka dengan obeng.

Beranikanlah diri untuk selalu mengambil keputusan, dan bila Anda sudah terbiasa mengambil keputusan yang berbeda maka intuisi Anda akan terlatih. Selamat mencoba.

SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

4 thoughts on “Beranilah Mengambil Keputusan”

  1. Salman says:

    Tidak mengambil kelutusan saat lelah..

    Terima kasih ilmunya 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Silakan disebar ya…

  2. septian says:

    terimakasih kek ilmunya… kpn jadwal dirumah surabaya lagi?

    1. Jamil Azzaini says:

      Ini lagi di Malang dan Surabaya….

Leave a Reply

Your email address will not be published.