Benarkah Harta Tidak Dibawa Mati?

money-bank_19-119421.jpg

Saat bisnis saya bangkrut dulu, saya pernah mencari cara bagaimana menenteramkan hati. Salah satunya adalah dengan mencari pernyataan-pernyataan atau kata mutiara yang pas dengan situasi dan kondisi pada waktu itu. Pernyataan yang saya senangi ketika itu adalah, “Harta tidak dibawa mati, jadi jangan letakkan harta di dalam hati.”

Pernyataan ini meneteramkan saat teringat harta yang raib. Pernyataan ini juga membuat saya enggan memulai bisnis baru. Terkadang saya berpikir, “Miskin di dunia gak apa-apa, yang penting kelak masuk surga.”

Saat saya ungkapkan hal tersebut ke guru kehidupan saya, dia berdiri sambil berkata, “Siapa bilang harta tidak dibawa mati? Terus, kalau masih ada pilihan hidup kaya di dunia dan mati masuk surga, mengapa kamu pilih miskin di dunia.”

Dia menjelaskan bahwa harta bisa dibawa mati, dengan cara apa? Titipkanlah kepada orang-orang miskin dengan cara disedekahkan. Titipkanlah kepada anak-anak yatim. Titipkanlah kepada orang baik dan kekurangan namun ia tidak meminta-minta. Titipkanlah kepada saudara-saudara dan handai taulan yang kekurangan.

Kita memang tidak bisa membawa harta itu sendiri saat mati, namun kita bisa menitipkannya. Perbanyaklah titipan kepada siapapun yang membutuhkan. Dan sebaiknya yang kita titipkan adalah harta terbaik, jangan tinggalkan harta terbaik di dunia namun titipkanlah agar bisa terbawa mati.

Selain itu, pilihlah pilihan yang cerdas. Salah satu pilihan cerdas adalah hidup di dunia kaya raya dan di akhirat masuk surga. Namun, kekayaannya bukan untuk kehidupan di dunia dan memuaskan ego semata. Kekayaan yang kita punya titipkanlah kepada mereka yang bisa membawanya ke kampung kita yang sesungguhnya yaitu kampung akhirat.

So, kumpulkan harta sebanyak-banyaknya dan setelah itu titipkanlah. Sesungguhnya orang yang berpeluang lebih besar selamat di kehidupan akhirat adalah mereka yang punya banyak titipan harta di banyak tempat.

Sudah banyakkah harta yang Anda titipkan? Ayo sini titipkanlah kepada saya. Hehehe…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

3 thoughts on “Benarkah Harta Tidak Dibawa Mati?”

  1. dinar says:

    Subhanalloh.. saya juga menerima titipan beh… he..he…

    1. Jamil Azzaini says:

      Heheheh, ayo mas saling nitip

  2. lili hamdiah says:

    Awesome pak Jamil, membuka paradigma baru , barakallah

Leave a Reply

Your email address will not be published.