Belajarlah Banyak Hal, Meski Seakan Tidak Berhubungan

Belajarlah-Banyak-Hal-Meski-Seakan-Tidak-Berhubungan.jpeg

“Belajarlah satu hal saja, fokus sampai kamu bisa jadi hebat dan terbaik!”

Nasehat ini adalah nasehat yang bagi saya mengekang dan menghambat proses bertumbuh seseorang. Ada beberapa sebab, karena:

1. Manusia dikaruniai kemampuan belajar sangat tinggi, terbukti ulama2 dan ilmuwan jaman kejayaan Islam bisa menjadi ahli di banyak bidang sekaligus.

2. Segala ilmu itu berhubungan. Jika ingin menjadi seorang politisi handal, ia tak cukup hanya belajar ilmu politik. Ia perlu kuasai komunikasi, negosiasi, ilmu psikologi praktis, pengetahuan kompregensif tentang hukum, termasuk jika ingin keluarganya tetap terjaga di tengah turbulensi politik, ia perlu belajar bagaimana ilmu tentang keluarga.

3. Kita takkan tahu di masa depan akan terjadi apa, karena perubahan hari ini sangat cepat. Dahulu ada orang yang ahli mesin tik, tahu segala macam tentang mesin tik manual. Namun jika ia hanya fokus belajar segala sesuatu tentang mesin tik saja, kemampuannya sangat tak terpakai hari ini dimana produksi mesin tik entah masih ada atau tidak. Kalaupun ada, tentu akan sangat terbatas. Memiliki semakin banyak pengetahuan dan keterampilan justru membantu kita fleksibel dan lebih inovatif dalam menghadapi perubahan.

Jadi, belajarlah banyak hal, terutama hal-hal yang menimbulkan ketertarikan di dalam hati meskipun saat ini jauh dari bidang cakupan profesi kita. Kita memang kadang tak tahu belajar sesuatu hal untuk apa di masa depan. Tapi yang namanya belajar itu tak pernah percuma. Suatu hari kita akan menemukan koneksinya dengan sesuatu yang lain dan dapat menghasilkan sesuatu yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

“Bukankah waktu hidup kita terbatas?”

Betul. Kuncinya bukan membatasi wilayah belajar, namun atur diri dan waktu dengan baik. Jika kita bisa mengelola diri dan waktu, akan sangat terasa betapa sesungguhnya meski terbatas, “waktu” itu akan sangat banyak untuk bisa belajar.

Ditulis oleh:
SURYA KRESNANDA

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.