Belajar Tentang Cinta

love.jpg

Cinta membuat hidup semakin hidup. Cinta bisa mengubah derita menjadi bahagia. Kehilangan cinta membuat hati terasa hampa. Cinta diperlukan oleh setiap insan yang ingin menikmati kehidupan. Cinta bisa memudar tetapi bisa juga semakin menggelora. Bagaimana agar cinta semakin bertambah?

Pertama, perbaiki tutur kata. Ada pernyataan menarik yang pernah saya dengar, “Ubahlah kata-kata maka engkau bisa mengubah dunia.” Kata punya kekuatan mengubah banyak hal, termasuk cinta di dalamnya. Kata-kata yang pas bisa membuat hati “mak nyes”. Serampangan dalam berkata bisa membuat hati terluka. Saya juga masih terus berlatih menyusun kata untuk menambah pupuk-pupuk cinta. Apakah Anda sedang berlatih juga?

Kedua, kebiasaan untuk saling memberi hadiah. Mental “to give” ternyata perlu latihan. Semakin jarang dilatih maka akan semakin memudar. Berlatihlah memberi walau hanya dengan sesuatu yang sederhana. Kebiasaan membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk orang yang kita cinta adalah kebiasaan yang perlu menjadi budaya. Saya juga sedang terus berlatih untuk punya kebiasaan memberi bagi orang yang saya cinta.

Ketiga, perbanyak sentuhan. Hal sederhana yang bisa kita lakukan saat jumpa adalah berjabat tangan. Bisa juga cipika-cipiki, tentu tidak asal melakukannya. Ada kaidah, norma dan ajaran agama yang mengaturnya. Dengan pasangan hidup yang sah perbanyaklah pelukan. Sentuhan dan pelukan ternyata bisa mengeluarkan hormon endorfin yang bisa meningkatkan kadar kebahagiaan.

Keempat, kesediaan untuk mendengar. Setiap orang punya jatah bicara atau mengeluarkan kata setiap hari. Jadilah orang yang bersedia menampung kata-kata yang terucap dari orang yang kita cintai. Yang terucap boleh jadi tidak terlalu penting, menyediakan telinga, pikiran dan hati untuk mendengar secara seksama adalah yang utama.

Mari terus belajar memperbaiki kadar cinta. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Belajar Tentang Cinta”

  1. kiki says:

    Ah… setuju dan jatuh cinta dengan kalimat2 kakek…
    semoga kita selalu berlimpah2 cinta yah kek 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra. Doakan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.