BDB-Lah

Bagi Anda yang sering menemani orang melahirkan pasti tahu apa yang diharapkan pertama kali saat bayi terlahir. “Tangisan” itulah yang dinantikan. Tangisan adalah cara bayi “berbicara” kepada orang lain. Saat lapar, ia bicara dengan cara menangis. Saat sakit, iapun berbicara melalui tangisan. Bicara adalah keterampilan pertama yang dimiliki manusia.

Setelah itu, kita dianjurkan menyuarakan kata-kata positif. Bagi yang beragama Islam dianjurkan untuk mengumandangkan adzan ke telinga bayi yang baru lahir. Ini berarti keterampilan kedua yang harus dimiliki manusia adalah mendengar.

Setelah ahli dalam bicara dan mendengar manusia terus bertumbuh dan berkembang. Saat itulah manusia harus mulai membaca. Bukan hanya membaca tulisan namun ia harus pandai membaca tanda-tanda zaman. Membaca kebesaran-Nya melalui berbagai ciptaan-Nya.

Ya, keterampilan dasar yang harus dimiliki manusia adalah: Bicara, Dengar, dan Baca (BDB). Bicaralah agar orang mengerti ide, gagasan dan jalan pikiran Anda. Dengarlah agar Anda mengerti, peduli dan bisa menghormati orang lain. Bacalah agar Anda terus bertumbuh dan semakin bijak dalam menjalani kehidupan.

Banyak orang jatuh karena ia tak pandai mendengar dan membaca perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat. Banyak pebisnis bangkrut karena tak pandai mendengar suara pasar. Banyak pengusaha tak bertumbuh karena ia tak bisa membaca laporan keuangan dan membaca trend yang terjadi di dunia bisnis. Maka, dengarlah, bacalah.

Tadi malam selama perjalanan di pesawat saya membaca banyak artikel, ternyata orang-orang besar dunia berhasil karena pandai bicara. Mereka pandai meyakinkan ide dan gagasannya. Mereka jago dalam mempresentasikan temuannya. Mereka mempersiapkan apa yang akan mereka sampaikan dan bicarakan. Salah seorang yang melakukannya adalah Steve Jobs, sang legenda di dunia IT.

Saya berkesimpulan, bila ingin terus bertumbuh dalam kehidupan maka Bicaralah, Dengarkanlah dan Bacalah (BDB-Lah).

Nah, omong-omong soal memiliki keterampilan berbicara, terutama di depan publik, sangat tepat bila Anda mengikuti Wanna Be Trainer, 25-27 November di Bogor. Investasi hanya Rp 1.250.000 bagi Anda yang membayar hari ini (20 Oktober 2011). Hubungi Dedy 0812-1632-0707.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

19 thoughts on “BDB-Lah”

  1. adityo priyo says:

    artikel bagus bwt introspeksi… ๐Ÿ™‚

  2. kenny says:

    Syukron pakde,
    pagi ini kami murid2 pakde Jamil dapat modal awal yaitu BDB,sangat berlaku buat saya yang berada di lingkungan kerja baru…belajar lagi..belajar lagi yipiiii

  3. Anggit setyaningsih says:

    NICE… ^.^

  4. SERLIATY BURHAN says:

    Tiap baca artikelnya pak jamil azzaini, tidak pernah tidak tersentuh.. ada saja ungkapan ungkapan yang sangat menarik di dalam nya. Makasih pak, pagi ini sy sangat bersemangat ๐Ÿ™‚

  5. kareef says:

    Berbicara, Mendengar, dan membaca itu suatu anugrah ya kek.
    Subhaanallah,
    Alhamdulillah sesuatu banget.

    Insya Allah saya hadir di wanna be trainernya kek, untuk belajar dari kakek.

  6. Pratama Puji Widiyanto says:

    Manpapp pak..Mutiara pagi ๐Ÿ™‚

  7. Semoga bisa BDB.. Bukan DBD ร‹โ€ รขล’ยฃร‹โ€  #SisirRambutMbahJamil

  8. mustika yanti says:

    Yes, semakin semangat u BDB.
    Thanks pak. . .

  9. yasya asgar says:

    BDB untuk saya yg sudah berumur 650 bulan 3 hari, saya lahir tg 17 Agustus 1957, agar bisa bijaksana harus BDB> dengan Perngertian yang terbalik BACAlah DENGARKANlah BICARAlah, karena sudah terlalu banyak BICARA alias Banyak omong

  10. Budi Santoso, BTM Kalibening- Banjarnegara says:

    Itulah Ustadz JA, kelemahan sy adalah dlm hal bicara utk menyampaikan ide dan gagasan yg cemerlang kepada pihak lain. Mau ikut acara itu tempatnya jauh n susah utk ngatur waktu. Salam SuksesMulia!!!!!

  11. Ano says:

    BDB, betul sekali, dah beberapa hari ga mampir ke sini, tp Saya selalu baca artkel yg sempat tertinggal.
    Salam Sukses Mulia untk semua

  12. dwinur77 says:

    sangat terinspirasi….BDB….bicara dengar baca……..wanna be trainer….mau Pak

  13. Annurrahman says:

    Inspirasi pagi Pak Jamil. Nice artikel:). Salam

  14. sigitSUKSES says:

    Mantaff banget kek sukses mulia nih.. Kagum banget

  15. Inti Dari Artikel Ini Untuk Saya Adalah:

    Ya, keterampilan dasar yang harus dimiliki manusia adalah: Bicara, Dengar, dan Baca (BDB). Bicaralah agar orang mengerti ide, gagasan dan jalan pikiran Anda. Dengarlah agar Anda mengerti, peduli dan bisa menghormati orang lain. Bacalah agar Anda terus bertumbuh dan semakin bijak dalam menjalani kehidupan.

    Salam SuksesMulia Pak Jamil
    Keep Writing ๐Ÿ˜‰

    Dhian Bastiar

  16. sutitah says:

    SUBAHANALLAH pak, namun ada juga lho yang gak bisa bicara alias bisu, namun berhsil dalam kehidupannya baik aspek bisnis maupun kehidupan sosialnya> Tuhan Maha Besar

  17. Aris Abdillah says:

    Wah kek sdh hub mas dedi sdh di acc bos u ikut wanna be trainer malah ada kegiatan kantor pas tgl itu.ada batch berikut kapan yaa?

  18. Miftach says:

    Semoga selamat dan salam selalu dicurahkan kepada anda.
    Amien.
    Miftach

  19. didah astuti says:

    cucok deh kek artikelnya :)kapan ya kek bisa ikut seminar atau trainernya ,pengen bgt..bangetttt

Leave a Reply

Your email address will not be published.