Bagilah, Walau Mungkin Terlihat Sederhana

Share this
  • 20
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

Sesuatu yang berdampak “wow” dan “nancep jleb” ke dalam hati tidak harus selalu yang “wow”. Dalam perjalanan hidup saya dan orang-orang yang saya kenal, kami banyak terpengaruh dari sesuatu yang sederhana. Terkadang kami terpengaruh dari ngobrol dengan anak-anak, main petak umpet, liburan dan juga teguran dari orang biasa.

Saya pernah “nervous” sebelum tampil di depan 400 lebih direksi dan komisaris BUMN saat mereka mengadakan pertemuan di Bali. Dan, Anda tahu apa yang membuat “nervous” itu kemudian pergi dan berubah menjadi kepercayaan diri. Penyebabnya, saya membaca dialog sederhana antara seorang wartawan dengan Larry King (host legendaris di Amerika Serikat).

Wartawan mengajukan pertanyaan, “Apa rahasia kepercayaan diri Anda? Anda begitu santai mewancarai pemimpin negara Adidaya, Anda juga terlihat tenang saat mewancarai orang terkaya di dunia. Apa rahasianya?”

Larry King menjawab, “Untuk urusan memimpin negara Bill Clinton lebih hebat dibandingkan saya. Untuk urusan mencari kekayaan Bill Gates lebih cekatan dibandingkan saya. Tetapi untuk urusan bertanya kepada orang, saya lebih hebat dibandingkan mereka berdua. Saya selalu fokus pada kekuatan saya.”

Gara-gara menyimak wawancara pendek itu, keberanian saya membuncah. Saya langsung mendapat mindset baru, “Untuk urusan memimpin BUMN, pak Emirsyah Satar (Dirut Garuda Indonesia ketika itu) dan kawan-kawan lebih hebat dibandingkan saya. Tetapi untuk memberikan training saya sedikit lebih unggul dibandingkan mereka.”

Saya pun akhirnya tampil percaya diri dihadapan para pemangku jabatan penting tersebut. Saya bertambah senang karena usai memberikan seminar peserta melakukan standing applause.

Pengalaman lainnya, di hari pertama saya menjabat sebagai CEO Kubik Group, saya salah mengambil keputusan. Sejatinya saya agak down, namun kemudian saya teringat nasihat guru bisnis saya. “Jamil, pebisnis hebat itu karena selalu benar mengambil keputusan. Dan untuk selalu benar kamu harus punya banyak pengalaman. Dan pengalaman terbaik adalah saat kamu salah mengambil keputusan.”

Baca Juga  Hidup itu Satu Paket

Nasihat sederhana ini yang membuat saya semakin percaya diri untuk terus membawa Kubik menjadi pemimpin pasar dan memberi dampak besar bagi peningkatan kinerja perusahaan yang menjadi client kami. Insya Allah…

Jangan sepelekan yang sederhana, bagilah sesuatu yang sederhana dalam bentuk tulisan, perkataan maupun perbuatan. Boleh jadi sesuatu yang terlihat sederhana bagi Anda tetapi itu wow bagi orang lain. Dunia ini penuh misteri, saudara…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook


Share this
  • 20
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

12 comments On Bagilah, Walau Mungkin Terlihat Sederhana

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer