Bagaimana Agar Tidak Mudah Loyo?

Share this
  • 26
  • 1
  •  
  •  
  •  
    27
    Shares

Salah satu yang menentukan kesuksesan seseorang adalah kekuatan tekad (willpower). Willpower merupakan kekuatan tekad yang menjadi sumber energi dan motivasi untuk terus memperjuangkan apa yang kita inginkan. Apabila willpower menurun atau hilang maka masa depan kita pun bisa suram, gak jelas, stagnan bahkan bisa terjun bebas.

Willpower ini seperti baterai di handphone, bisa menurun dan habis namun bisa juga dinaikkan kembali.

Roy Baumeister, seorang profesor psikologi dari Florida State University dalam bukunya Willpower : Rediscovering the Greatest Human Strength (2011) mengingatkan bahwa willpower dalam diri kita itu mudah hilang, mudah menguap, cepat habis.

Mengapa mudah hilang? Karena kita terjebak pada rutinitas dan berbagai problem serta hal-hal yang membuat pikiran dan hati lelah. Itulah mengapa kita dianjurkan jangan terlalu sering menonton dan membaca berita yang negatif, membiarkan problem berkepanjangan tanpa solusi, dan mudah mengeluarkan emosi negatif. Semua itu bisa membuat willpower kita menguap begitu saja.

Saat willpower menurun maka semangat dan gairah hidup ikut menurun, daya juang melemah, gairah untuk melakukan action tiba-tiba drop, rasa malas datang tanpa diundang. Dan tentu bila hal ini dibiarkan terlalu lama, nasib kehidupan Anda semakin terjun bebas ke jurang penderitaan tiada akhir.

Lantas, bagaimana menjaga agar willpower tetap full dan tidak mudah menguap? Tips berikut bisa Anda coba untuk menjaga bahkan meningkatkan willpower.

Pertama, temukan alasan kuat dari semua aktivitas yang kita lakukan. Menyusun mimpi dan melakukan action tanpa alasan yang kuat akan membuat willpower kita pergi tanpa pamit. Mengapa saya bisa kuat memberikan training setiap hari dengan penuh energi? Karena saya punya alasan yang sangat kuat tentang aktivitas ini, baik alasan finansial, sosial, legacy, hingga alasan spiritual. Semua alasan itu tertanam kuat dalam benak dan pikiran saya.

Baca Juga  Fokus Pada Sisa Usia

Kedua, hadirkan trigger (pemicu). Saat saya ingin rajin olah raga maka saya hadirkan pemicu di rumah. Dari membeli sepatu olah raga, menyiapkan celana olah raga, membeli sepeda, raket untuk badminton dan menyediakan perlengkapan olah raga di ruang keluarga. Saya juga mendekati kelompok gowes, badminton club bahkan saya pernah juga ikut keanggotaan fitnes. 

Saat berbagai trigger ada di sekitar kita maka hal itu akan menarik kita untuk melakukan action yang sudah kita rencanakan. Untuk memulai dan menjaga willpower, trigger yang selalu diperbaharui perlu untuk selalu dihadirkan.

Ketiga, hindari menyimpan problem. Hidup itu singkat, saat ada problem segera tuntaskan dan jangan biarkan tanpa solusi dalam waktu yang lama. Problem yang berkepanjangan akan menggeroti willpower sangat cepat dalam diri kita. Jangan lari dari problem karena itu juga mempercepat raibnya willpower. Problem untuk dituntaskan bukan untuk bahan baper tiada ujung.

Ayo cash baterai kehidupan Anda, jaga willpower Anda. Lakukan tiga hal di atas, insya Allah willpower Anda terus dalam keadaan full. Anda tidak mudah menjadi loyo. Mau?
Salam SuksesMulia

Jamil AzzainiCEO Kubik LeadershipFounder Akademi Trainer


Share this
  • 26
  • 1
  •  
  •  
  •  
    27
    Shares

2 comments On Bagaimana Agar Tidak Mudah Loyo?

  • Sugeng ndalu Pakdhe Jamil,
    Luar biasa tulisannya, cuma sayang sekali, ada satu kata yg ganjel, kalo mau saya biarkan tapi mengusik dihati, ijinkan saya untuk menyampaikan ke Pakdhe Jamil, soal kata cash battery, itu maksudnya apakah charging battery?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer