Bad Leaders

leader.jpg

Good leaders atau best leaders sudah sering dibahas tetapi bad leaders saya jarang mendengarnya. Adakah bad leaders di sekitar Anda? Tentu untuk menjawabnya, Anda perlu tahu apa kriteria bad leaders. Menurut saya, bad leaders itu memiliki beberapa ciri yang menonjol.

Pertama, ia tak berhasil menanamkan value yang positif pada followernya. Di kantor, bad leaders boleh jadi bisa membawa followernya mencapai target tapi dengan cara “menghalalkan” segala cara. Tak ada nilai-nilai yang ditanamkan, kecuali semangat untuk mencapai target apappun caranya. Bahkan mereka membolehkan berbohong demi tercapainya target dengan memperhalus menjadi “white lie”

Di panggung politik, bad leaders itu ditandai ketidakmampuannya menghalangi folower dekatnya untuk berbuat negatif, black campaign, hingga kegiatan destruktif. Leader yang mengajarkan ajaran “yang penting menang” atau “kelompok kita selalu benar” adalah bad leaders yang seharusnya tak layak jadi pemimpin. Pernyataan #SiapMenangSiapKalah selayaknya tidak hanya terjadi di depan media (kamera) tetapi memang telah menyatu dalam jiwa.

Kedua, ia tidak peduli dengan followernya. Keiginannya ingin selalu dituruti dan ia enggan mendengar “suara-suara” dari followernya. Para ahli banyak yang mengatakan, bad leaders biasanya pendengar yang buruk. Ia tak mau belajar dari para followernya. Ia menyukai status quo dan enggan mendengar usulan-usulan perubahan dan ide-ide baru.

Ketiga, ia melahirkan banyak follower tetapi tidak melahirkan leaders. Bad leaders ingin menguatkan cengkraman kekuasaannya dengan mengharapkan loyalitas para folower. Sayangnya, follower yang terlahir terkadang ikut ketularan menjadi bad follower. Karena memang bad leaders dalam jangka yang lama cenderung melahirkan banyak bad follower.

Padahal pemimpin yang baik itu seyognyanya bertekad melahirkan para leader dari follower-nya. Ada pendidikan, ada transfer value, knowledge dan attitude serta peningkatan kemampuan leadership para followernya yang dilakukan secara terencana.

Kenali ciri-ciri bad leaders agar Anda bisa menjadi good leaders. Semoga yang kalah dalam pilpres termasuk good leaders yang mampu meredam para followernya untuk tidak melakukan tindakan destruktif. Wujudkan tekad #SiapMenangSiapKalah dalam kehidupan nyata maka Anda akan mendapat banyak simpati dari rakyat Indonesia. Setuju?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

2 thoughts on “Bad Leaders”

  1. Rosyadi Aziz Rahmat says:

    Komen dulu menjelang Isya’ di Medan.
    Bad leader & follower memiliki bad character.
    Good leader & follower memiliki good character.
    Terima kasih Kek untuk inspirasi hari ini.

    1. Horas bahhhh. Makan Duren Ucok uok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.