Apa Value Hidupmu?

Share this
  • 650
  •  
  •  
  •  
  •  
    650
    Shares

Pernahkah Anda perhatikan, produk yang hampir sama tetapi harganya berbeda? Satu gelas kopi, misalnya, harganya bisa selisih 5 kali lipat. Sama-sama keripik singkong, harganya bisa jauh berbeda. Apa yang membuat suatu produk memilik harga jauh lebih mahal dibanding produk lain? Salah satunya karena produk itu punya nilai tambah (value added).

Sama dengan manusia, apabila kita ingin memiliki nilai atau harga yang tinggi milikilah value addded. Pondasi dasar agar kita memiliki value added adalah kita harus punya value yang melekat dalam diri kita. Dengan value, semua hal yang kita kerjakan mempunyai nilai dan energi yang besar.

Untuk mengetahui value yang melekat pada diri Anda maka Anda harus mampu menjawab setidaknya dua pertanyaan. Pertama, saat Anda pada prestasi terbaik, nilai-nilai apa yang Anda terapkan pada waktu itu? Kedua, saat Anda pada kondisi terpuruk, nilai-nilai baik apa yang terabaikan pada waktu itu?

Atas dua pertanyaan tersebut setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda. Contohnya saya, untuk pertanyaan pertama, jawaban bagi saya adalah terus belajar pada ahlinya, rendah hati, yakin bisa. Sementara jawaban atas pertanyaan kedua bagi saya ternyata jawabannya seirama, nilai-nilai baik yang saya abaikan ketika saya terpuruk adalah belajar pada ahlinya, rendah hati, yakin bisa.

Nah, ketiga value (terus belajar pada ahlinya, rendah hati, yakin bisa) itulah yang melekat pada diri saya dan selalu saya bawa agar kehidupan saya terus bertumbuh. Saya terus belajar kepada para pakar. Bila saya mendengar nama seorang yang ahli dan berhubungan dengan ilmu yang sedang saya pelajari maka orang itu akan saya datangi.

Baca Juga  Jadikan Pekerjaan Sebagai Hobi

Setiap ada perasaan tinggi hati alias sombong dengan cepat segera saya rendahkan. Dan saya berjuang sangat keras untuk bisa melakukannya. [Walau kadang-kadang gagal untuk terus rendah hati. Hehehe…] Saya sangat yakin bila value rendah hati ini menjauh dari hidup saya maka kehidupan saya akan terpuruk lagi.

Setiap saya sudah memilih atau menetapkan suatu pilihan, value “yakin bisa” juga melekat pada diri saya. Saya selalu yakin, bila saya melakukan yang terbaik maka saya yakin bisa melakukan dan mewujudkannya. Tentu tanpa melupakan permohonan dan doa kepada Sang Maha.

Nah, segeralah temukan value dalam diri Anda. Setelah itu, peganglah dan bawalah dalam semua aktivitas. Percayalah, hidup Anda akan semakin bernilai dan energinya mengalir tiada henti. Dan yang lebih penting, Anda tidak menjadi manusia murahan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 650
  •  
  •  
  •  
  •  
    650
    Shares

53 comments On Apa Value Hidupmu?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer