Apa Satu Hal yang Paling Anda Inginkan di Dunia?

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Saya punya kebiasaan mengajukan proposal hidup di Tanah Suci sejak tahun 2004. Menurut saya, dampaknya sangat luar biasa. Banyak hal yang saya capai lebih cepat dari perkiraan saya. Bukan hanya itu, kualitas proposal hidupnya semakin berkembang dan juga semakin “gue banget” sehingga saya semakin nikmat dan bergairah menjalani kehidupan.

Bagaimana caranya membuat proposal hidup? Ayo baca buku “Tuhan Inilah Proposal Hidupku” (diterbitkan Gramedia). Buku ini termasuk mega best seller, lho. Penulisnya guantenge poll. Hehehe… Namanya Jamil Azzaini.

Nah, kembali ke cerita awal. Pada tahun 2004, visi atau prestasi terbaik yang ingin saya lakukan hanya bersifat pribadi, cenderung egois. Terkesan seperti manusia super yang ingin sangat cepat mewujudkan impiannya. Kehidupan menjadi serba terburu-buru dan ingin serba instan. Sangat tidak nikmat.

Pada proposal hidup berikutnya (2006 dan 2007) sudah mulai ada perbaikan. Visi hidup yang semula fokus pada diri sendiri sekarang sudah berubah fokus kepada berapa orang yang bisa memetik manfaat dari saya. Saat itu visi hidup saya adalah “berhasil menginspirasi 5 juta orang lebih dan satu juta diantaranya putus dari rantai kemiskinan”.

Pada tahun 2012, proposal hidup saya semakin berkembang. Jumlah yang ingin saya inspirasi menjadi 25 juta orang. Dan, sejalan bertambahnya umur, kesadaran spiritual pun semakin bertambah maka visi hidup sayapun berkembang. Saya memasukan visi akhirat dalam proposal hidup saya yang terbaru.

Visi akhirat saya sangat singkat: Memeluk Rasulullah saw. Dengan visi ini, energi untuk berbuat kebaikan semakin menggelora. Setiap hari selalu bertanya, “Pantaskah saya memeluk kekasih Allah itu? Kebaikan-kebaikan apa saja yang perlu saya lakukan agar saya bisa memeluknya?”

Baca Juga  Pelajarilah Bukan Celalah

Visi sederhana ini membuat saya malu bila malas. Malu bila mengeluh. Dan tentu malu bila berbuat maksiat. Hingga sekarang saya terus berjuang agar saya memang pantas bisa memeluk rasulullah. Saya terus berjuang memperbanyak kebaikan dan terus menurunkan keburukan yang masih banyak melekat dalam pikiran, hati dan tindakan saya.

Agar pikiran dan tindakan saya fokus dan mengarah untuk tercapainya visi akhirat maka saya menetapkan visi dunia. Apa itu? Saya ingin menginspirasi 25 juta orang lebih dan 10 ribu diantaranya menjadi trainer atau public speaker yang berkarakter. Pembaca, doakan saya, ya…

Setelah saya mantap dengan visi akhirat dan visi dunia ini maka proposal hidup yang baru saya susun kembali. Proposal hidup yang berjumlah 5 halaman itu ingin saya ajukan kepada Allah swt. Oleh karena itu, in sha Allah pada 14-22 Januari 2014 saya akan pergi umroh bersama istri dan management PT Kubik Kreasi Sisilain.

Kata guru saya, “Salah satu cara agar apa yang kita inginkan tercapai adalah dengan mendoakan orang lain.” Oleh karena itu, agar proposal hidup saya tercapai maka saya ingin mendoakan Anda. Caranya? Tuliskan satu hal yang ingin Anda capai pada kolom komentar di bawah ini. Ingat ya, hanya satu hal saja, supaya saya juga punya waktu berdoa untuk diri saya. Hehehe…

Ayo segera tulis, dan saya sangat senang bila Anda menuliskannya sebelum tanggal keberangkatan saya ke Tanah Suci. In sha Allah, saya akan doakan Anda di tempat-tempat yang makbul untuk berdoa. Dan, tentunya, harapan kita semua, semoga Allah mengabulkan doa kita. Silakan tulis, ya.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1,168 comments On Apa Satu Hal yang Paling Anda Inginkan di Dunia?

  • saya ingin mengajukan proposal hidup saya di baitullah, berangkat bersama ibu dan istri. bener doakan lho kek. harapanku selalu tinggi untuk satu hal ini. sekali lagi bener doakan lho. ndak pake biaya Rp. 102.014 to, he he he

    • menikah, Pak.. terimakasih..

      • Doakan saya ya pak semoga di tahun 2014 ini Allah mempertemukan saya dengan jodoh saya dan menikah.. Amin

      • Satu aja: menikah di tahun 2014. Jzk kek. πŸ™‚

      • dipertemukan dengan jodoh saya dan menikah tahun 2014 ini…Aamiin

        • Kek jamil…saya minta didoakan semoga Allah berkenan mempertemukan jodoh saya dan menikah di thn 2014 ini. Aamiiin….
          terimakasih banget kek jamil yg kerOn…

          • rifka ramadani

            Mohon didoakan ya kek.. menikah thn 2014 dgn jodoh yg diridhoi Allah.. aamiin.. terimakasih. Slmt menunaikan ibadah umroh ya kek, smoga lancar..

      • do’akan saya bisa memeluk Rasulullah SAW juga ya kek.. bersama istri dan keluarga saya juga tentunya

    • Doain saya sukses tahun ini kek .. Supaya dapat bahagiain orang tua dan org yang membutuh kan kek .. Makasih kek .. πŸ™‚

    • Fadhli Hamidi Ashidiqi

      Assalamualikum, Semoga doa rekan2 sekalian cepat di jabah oleh Allah SWT Amin.., Kek jamil saya FADHLI HAMIDI ASHIDIQI minta Doakan segera dapat panggilan pergi Haji dan umroh th 2014 ini bersama keluarga tercinta :’)

      • Assalaamu’alaikum.
        Subhanallah.
        Smg ALLAH SWT. mengabulkn smua do’a qt. Amin.
        Pak Jamil Azzaini, tlg do’akan saya, smg saya bisa SuksesMulia sblm saya berumur 30 tahun. Amin.

        Spy sy bermanfaat di dunia & mulia di akhirat.
        Spy sy bisa memberi manfaat kpd sebanyak-banyaknya manusia.

        Smg proposal hidup Pak Jamil Azzaini dikabulkan ALLAH SWT. Amin.
        Terima kasih, Pak Jamil Azzaini.

      • Assalaamu’alaikum.
        Subhanallah.
        Smg ALLAH SWT. mengabulkn smua do’a qt. Amin.
        Pak Jamil Azzaini, tlg do’akan saya, smg saya bisa SuksesMulia sblm saya berumur 30 tahun. Amin.

        Spy sy bermanfaat di dunia & mulia di akhirat.
        Spy sy bisa memberi manfaat kpd sebanyak-banyaknya manusia.

        Smg proposal hidup Pak Jamil Azzaini dikabulkan ALLAH SWT. Amin.
        Terima kasih, Pak Jamil Azzaini.

    • Doain saya kuat menghadapi masalah ini dan Lolos selekai perguruan tinggi negeri pendidikan dokter ya kek πŸ™‚ jzk semoga lancar kek πŸ™‚

    • Nitip wishlist 2014 kek :

      Meraih level Gold Director di bisnis Oriflame yang saya jalankan.

      Terimakasih

      • wisdha wijayanti

        Mohon tolong doakan putra saya. Ganendra arya lulus sma dan mendapat PTN sesuai dgn cita2nya. Aamiin YRA. Terima kasih Pak Jamil.

    • martina haerunisa Lubis

      Bismillah… Titip doa ya kek supaya saya jadi pengusaha sukses mulia dunia-akhirat dan segera menikah barakah… Mohon sampaikan salam kepada kekasih Ψ§ΩŽΩ„Ω„Ω‘Ω‡Ω Rasulullah Muhammad salallahu ‘alaihi wasalam

    • kek aq pengen bisa bantuin ortu beresin rumah yang belum rampung,,, semoga sebelum lebaran rumahnya udah rampung biar bisa dipake ngaji sama warga.. terimakasih titip doanya ya ke….

    • doa kan iya kek semoga tahun 2014 ini saya lulus kuliah . .

    • Raditya Putranto Said

      Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Jamil… Smg Allahp SWT sll memberkahi hidup anda. Mohon do’akan Saya agar bisa membawa keluarga (orangtua, istri, anak, saudara2) Ibadah Haji + Umrah. Aamiin Yaa Rabbal Alamin..

      • β€‹Ψ’Ω…ΩΩŠΩ‘Ω†Ω’ يَؒ اللّهُ يَا رَ Ψ¨Ω‘ΩŽ Ψ§Ω„ΨΉΩŽΩ€Ω€Ω€Ψ§Ω„ΩŽΩ…ΩΩŠΩ’Ω†. Minta do’a yg samaa juga, kek

    • assalamualaikumm kek jamil…titip doa ya kek…doakan saya dan suami agar mendapatkan keturunan kandung yg soleh dan solehah yg sehat fisik dan mentalnya dan kami bs merenovasi rumah warisan org tua saya dan selesai februari 2014…dan bahagia dunia akhirat tetap iman islam,bs umroh /haji lagi bersama keluarga dan kerjaan suami berjalan lancar semua…aamiin

    • floreta wiguna

      kek doakan segala urusan saya dlancarkan dan bisa bahagiain orang tua

    • salam kek… doa saya tahun ini bisa mutasi kembali ke tempat tinggal orang tua dan menikah tahun ini dengan seseorang al azwaju shalihah . Aamiin. trima kasih, semoga selalu dlm keadaan sehat. aamiin

      • Mohon didoakan ya kek, supaya tahun ini 2014 saya bisa menikah dg pasangan yg terbaik untuk kehidupan di dunia dan diakhirat, tahun 2015 bisa pergi umroh sama ortu dan istri..Aamiin

    • Assalamu’alaikum wr wb.
      Nama saya Hamdi, mohon untuk bisa mendoakan saya bisa menikah di tahun 2014 ini. Terimakasih.

    • Banyak yang minta ddoakan menikah kek. Jadi saya mohon didoakan agar bisa umroh bareng istri dan keluarga, walaupun saya belum menikah sekarang kek,hehe..

    • Semoga saya segera menikah, di 2014, mengumrohkan mama 2014, dan bertempat tinggal di jogja, atau surabaya, dekat dgn bu Devi scptnya. Dn sya sgera umroh, Amiin

      • Saya hanya pilih satu ya yaitu menikah

        • Juli Endrawati

          assalamu’alaikum kek…saya masih bisa ikutan nitip doa ndak kek?
          Semoga masih bisa ya kek?kek jamil kan baik hati πŸ™‚
          Saya pengen menikah kek di thun 2014 ini dgan jodoh yg dipilhkan sama Allah
          rerimakasih kek jamil yg kerOn πŸ™‚

    • Doa terbaik bt kakek dan semua yg akan brgkt umroh..
      Sy pgn didoakan agar diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT . melahirkan anak yg soleh/a,sehat,dan sempurna ditemani suami..
      Karna LDR dgn suami

    • rezky firmansyah

      1. Doakan Indonesia mendapatkan presiden terpilih yg terbaik

      2. tahun ini saya bisa berangkat umroh plus turki palestina dengan mama saya kek. Dibeti rezeki dan jalannya gimana

      Makasih kek πŸ™‚

    • Kek, nitip doa: smoga tahun 2014 ini Allah ngasih saya suami, biar sempurna agama saya. Jazakallahu kek πŸ™‚

    • berangkat umroh bersama ibu dan istri kek ^_^

    • Nama : Noor Jakirin
      Calon Sarjana Teknik Sipil
      Saya pengen lulus tahun 2015, dan naik haji sekeluarga tahun 2017

    • Assaamualaikum.doakan agar Allah menjadikan saya khairunnisa mahasiswi sistem komputer .sekolah teknik .universitas telkom.dengan nomor induk mahasiswa 1104090059 agar menjadi sarjana di tanggal 30 januari 2014.aamiin.

      Mohon doanya.terimakasih kek.insya Allahdibalas Allah dengan pahal berlipat ganda.smoga Allah selalu memudhkan jlan kek jamil.

    • Membahagiakan orang tua saya kek. Salah satunya melunasi hutang orang tua saya.

      • Sudah terlambat belum ya? Hehe… semoga belum…
        Menjadi pengusaha sukses dunia akhirat dan bermanfaat bagi sesama…
        Mohon do’anya πŸ™‚

    • Amiarsih Hapsari

      Kek, do’akan aku ya supaya bisa dapet beasiswa full untuk ambil gelar master di University of Cambridge dan kedua orang tuaku segera diberi rezeki sama Allah Swt. Untuk pergi haji. Terimakasih banyak kek, hatihati di perjalanan sehat selalu sampai kembali ke rumah πŸ™‚

    • Yaallah karuniakan lah hamba kesempatan untuk menjadi tamu di Baitullah MU, karuniakan lah hamba profesi sebagai rig electrician yaa ALLAH, amin amin ya robbal alamin

    • Kakek jamil nitip doa semoga cepet Δ‘apet kerja yg bagus dan cepet menikahh..amien makasih kek

    • Mohon doanya kek..agar sy bisa membahagiakan kedua org tua sy..segera menikah d tahun ini..d lancarkan studi dan karier utk saya dan kedua adik sy…terimaa kasihhh…

    • Doakan saya kek, supaya saya, istri saya serta anak-anak keturunan saya menjadi penghafal dan pengamal al-qur’an..aamiin, jazakumullah

    • Doakan sy biar sy dapat kerja yg membahagiakan,mensejahterakan,mengangkat harkat dan martabat di tahun ini dengan segera.

    • Kek Jamil Azzaini, mohon saya didoakan pada tahun 2014 ini diberi amanah anak 1 lagi yang ke-2, diberi anak yang soleh oleh Allah SWT. Amin…… Terima Kasih Kek.
      Wassalam,
      Ihwan DR

    • Ratih Muharina

      Kek titip doa smg saya bisa jadi anak yg berbakti, sholehah dan bisa membahagiakan org tua terutama mama, aamiin, makasih kek πŸ˜€

  • Doakan supaya impian saya menerbitkan buku tahun ini tercapai kek, terimakasih sebelumnya kek.

    Salam SuksesMulia

  • Muhammad Abdul Manan

    Segera ketemu jodoh kek…. Terimakasih….

  • saya ingin belajar bisnis lebih banyak, 2014 masuk SBM ITB kek doakan ya ^^

  • Tolong doakan saya dapat menulis buku tentang Keuangan Daerah yang sangat berguna bagi masyarakat . Tks

  • Doakan buku perdana saya best seller ya, kek? πŸ™‚

    Terima kasih banyak.

  • mohammad wasil

    Doakan semoga saya bisa meyusul kek Jamil ke baitullah tahun ini untuk mendoakan yang lainnya juga πŸ™‚

  • Doakan agar buku pertama saya terbit tahun ini πŸ™‚

  • wicaksana widii

    Doa kn saya agar jadi orang yang bermanfaat bagi sebanyak” y orang ya kek.
    terima kasih kek.

  • Assalamualaikum. Doakan supaya saya, orang tua dan istri bisa Umroh ke Tanah Suci ya kek. Biar bisa ngajuin proposal hidupku juga disana. Amin.

  • mohon doa tahun ini saya menjadi Trainer Nasional berbasis STIFIn

  • Saya ingin menjadi trainer, bergabung dg Komunitas SuksesMulia

  • Dapat pekerjaan yg lebih baik.
    Makasih Kek..

  • Doakan saya, semoga perusahaan saya bs bertumbuh dan berkembang dan omset selalu meningkat…aminnn….

    Thanks

  • Doakan semoga sembuh dari sakit dan dikaruniai keturunan ya pak

  • saya ingin ikut training pak jamil bulan ini

  • achmad_fatchulloh

    doakan semoga saya menjadi “pengusaha yg kaya yang bertaqwa” kek…

    semoga apa yg diinginkn kakek dan teman2 bisa tercapai…

  • Sy sangat berharap bisa naik haji tahun ini bersama suami tercinta walau ia sedang sakit..sesuai jadwal sech berangkat tahun ini,mohon doax.Semoga perjalan umroh bpk sekeluarga berkah.Amin

    • aamiin.

      Doain juga semoga Allah selalu memberkahi saya dan keluarga saya πŸ™‚

    • Mohon doa kek agar tahun ini bisnis yg saya rintis bisa mempunyai pegawai , bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan pekerjaan πŸ™‚
      Terima kasih bnyk kek

  • Nikah pak..

    Angguk2,harus seimbang…
    Sip2,edit2..

  • mohon doakan sy bisa memberangkatkan haji ayah sy ya pak,,aamiin

    makasi

  • Proposal hidup sy semoga dianugerahi 3 orang anak keturunan yg shaleh/shaleha

  • Doakan saya kek, agar bisa membeli rumah untuk anak istri

  • mohon doanya Kek, tahun ini masuk UI jurusan ilmu ekonomi islam, atau yang terbaik menurut-Nya

  • Tlg doakan sy semoga segera di pertemukan jodoh yang terbaik menurut Allah SWT…terimakasih pa… πŸ™‚

  • mustaqim latukau

    doain kek, semoga tahun ini bisa ber-qurban atas nama ayah dan ibu πŸ™‚

  • Saya ingin bahagia dunia dan akhirat kek.. Saya ingin takut hanya sama Allah. Biar bisa jadi trainer kaya kek jamil.. Paling tidak trainer buat keluarga sendiri. Gak takut ngomong di depan orang banyak. Jadi bisa mbantu kek jamil menginspirasi puluhan ribu orang. Gak takut mengungkapkan kebenaran. πŸ˜€ banyak bgt ya kek keinginannya. Tambah lagi kek Bisa ke baitullah secepatnya. Kek doakan lagi biar saya bisa kyusuk sholat ya kek. πŸ™‚ kek jamil yg ganteng makasihhhh :p

  • Minta doanya kek supaya saya thn 2015 lulus skripsi.. Trim’s kek

  • Februs Hanggara

    Mohon doakan saya y kek,agar visi dunia saya ini bisa terwujud sebelum umur saya 40 th. “Bismillah,saya ingin Memutus 100.000 rantai kemiskinan kaum duafa, dan 1000 diantara nya menjadi pengusaha sukses mulia”

  • kek, minta tolong doakan supaya saya bisa memberangkatkan kedua orang tua saya dalam waktu 2-3 tahun kedepan. Λάmΐΐπ YΞ¬ΒͺΒͺ Ε”Γ΅ΓŸΓŸΗ»l Δ„lΞ¬mΐΐπ
    SukrON kek…

    Tak terasa waktu menulis komentar ini hati bergetar & air mata menetes…

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    ΰΈ‡^β€’^ΰΈ‡

    • tolong di doakan ya pak, untuk ayah dan ibu saya agar niatnya brangkat mlaksanakan ibadah haji k tanah suci mekah terlaksana dlm 2 atau 3 tahun kedepan πŸ™‚ amiiin makasih….

      • Pak tolong do’akan saya semoga RT yg saya bina dengan suami saya Nova KRistianto,langgeng,SaMaRa dan cepat dikaruniai anak kembar yg sehat,sempurna,normal,rupawan, dan semoga selalu diberkahi Allah ,Aamiin. Makasih pak

  • Bisa jadi Tamu Allah juga ke Baitullah dgn ke 2 Ibu (Yang Melahirkan Saya & Yang Merawat Saya) Karena Masa Tunggu Pemberangkatan Haji di Indonesia Sangat Lamaaa :'( Smoga Allah memudahkan yg Sulit Bagi manusia.., Trimakasih Pak @JamilAzzaini

  • doakan smg saya masuk unair jurusan ilkom atau sastra inggris ya kek. aamiin trimakasih Allah yg balas

  • nyusul kebaitullah bareng ibu dan kakak saya kek biar bisa doa ditempat yg makbul juga πŸ™‚

  • Target saya menikah max di bulan Mei 2014 ini kek, mohon doanya saya segera bertemu dengan jodoh saya,dimudahkan dan dilancarkan. Mudah mudahan di ijabah oleh Allah SWT Aamiin YRA.
    Terima kasih atas doanya kek πŸ˜€

    Salam Sukses Mulia

    • tellythaurussia

      Ψ’Ω…ΩΩŠΩ‘Ω†Ω’β€¦ Ψ’Ω…ΩΩŠΩ‘Ω†Ω’ Ψ’Ω…Ω‘ΩΩŠΩ’Ω†ΩŽ يَا Ψ±ΩŽΨ¨Ω‘ΩŽ Ψ§Ω„Ω’ΨΉΩŽΨ§Ω„ΩŽΩ…ΩΩŠΩ’Ω†ΩŽ
      Aaamiiiiinnnn, doa yang sama, @rahmitayani

      Toloong dibantu doa yaa.. tahun ini setelah menikah, bersama suami mengunjungi baitullah/ibadah bersama..
      Sehat SuksesMulia Bahagia Dunia Akhirat,
      Ψ’Ω…ΩΩŠΩ‘Ω†Ω’β€¦ Ψ’Ω…ΩΩŠΩ‘Ω†Ω’ Ψ’Ω…Ω‘ΩΩŠΩ’Ω†ΩŽ يَا Ψ±ΩŽΨ¨Ω‘ΩŽ Ψ§Ω„Ω’ΨΉΩŽΨ§Ω„ΩŽΩ…ΩΩŠΩ’Ω†ΩŽ

  • Mohon doakan, segera bertemu jodoh (menikah) dan punya usaha sendiri Mbah Jamil. terima kasih. smg Umroh Mbah Jamil Mendapat Ridlo Alloh SWT. AAmiin

  • Titip do’a buat kesembuhan sakit saya pak dan bisa membawa orangtua ke baitullah.amiiin ya robbal alamin

  • Saya ingin menerbitkan buku, kek.
    Doakan ya πŸ™‚

    mudah-mudahan kakek semakin deiberkahi ….

  • saya ingin menerbitkan buku, kek..
    doain ya.. πŸ™‚

    Mudah-mudahan hidup kakek semakin berkah….

  • Titip Kek… Saat ini usaha kami punya 8 pekerja. Saya ingin bisa meng-umrohkan mereka.

    Salam sukses mulia…

  • Assalamualaikum kek, mohon doakan saya kek..sebelum usia 30 saya masih bisa melihat guru-guru ngajiku dikampung dalam keadaan sehat.saya ingin pergi umroh bersama guru-guru ngaji saya dikampung.Mereka sekarang sudah menua kek.Tapi perjuangan untuk mendidik anak-anak di plosok desa sana sungguh luar biasa.Amin.

  • doain bisa nyusul kebaitullah bareng ibu dan kakak saya kek biar bisa doa ditempat yg makbul juga..amin..
    semoga Allah melancarkan,memudahkan segala urusan kakek dan mengistiqomahkan kebaikan2 kakek.sehat selalu πŸ˜‰

  • Sulkifli Najamuddin

    Menjadi inspirator mulia

  • diana nur amaliyah

    Doakan saya bisa bertemu jodoh saya tahun ini dan menikah ya kek,,

  • Nitip doa supaya bisa membahagiakan kedua orang tua secara materi kek dan pergi umroh bersama sebelum Allah memanggil keduanya… πŸ™‚

  • nikah kek,, doain yaaa πŸ˜‰

  • Saya ingin bisa kebaitullah bersama istri saya kek,mohon didoakan ya keek..:)

  • Berangkat haji bareng suami lalu ikut WBT (two in one) yah kek hehehe

  • Assalamualikum…saya ingin lulus ujian Program pendidikan dr spesialis anak maret 2014 seperti yg pernah saya ceritakan sama kakek…doain y kek..:)

  • Semoga Hidup saya barokah, keluarga barokah, il