Apa Penghilang Lelah Anda?

Apa-Penghilang-Lelah-Anda.jpg

Apa yang Anda lakukan untuk mengurangi lelah saat pulang dari luar kota? Setiap orang mempunyai jawaban yang berbeda. Tiga hari ini, pulang dari Pekanbaru dan Tasikmalaya, saya menemukan jawaban yang baru atas pertanyaan tadi. Pertama, saat tiba di rumah tiba-tiba anak bungsu saya (Fikar, 14 tahun) berkata “pak saya sudah nyiapin makanan buat bapak, buatanku sendiri lho.” Seketika itu, lelah berganti bahagia.

Kedua, usai saya mematut diri, duduk di ruang keluarga, anak saya menyodorkan buku tebal yang seyognya ia baca. Si bungsu berkata “pak tolong bacain dong.” Saya pun membaca kata per kata dan menjelaskan setiap kata yang anak saya tidak memahaminya. Ya, si bungsu sedang mendapat tugas dari kakaknya untuk setiap hari membaca buku yang sudah dipilih oleh kakaknya. Dan ternyata, membaca buku sebelum tidur bersama anak itu mengurangi rasa lelah

Seperti biasa, sebelum Subuh saya sudah bangun dari tidur. Dan ternyata anak saya sudah terbangun terlebih dahulu, ia sedang membaca kitab suci secara perlahan. Ia sedang membaca surat Al-Kahfi, surat yang sangat dianjurkan dibaca di hari Jumat. Dan Anda tahu? Mendengar dan melihat suasana seperti itu, melejitkan semangat dan menyingkirkan lelah.

Usai menjalankan kebiasaan rutin di waktu subuh, kami ngobrol tentang banyak hal. Dari urusan sepak bola, bisnis, agama hingga mengelola negara. Di tengah obrolan itu, istri saya berkata “bapak ke Berau Kaltim berangkat pagi ya? Maaf ya pak tidak bisa buatin sarapan, perut saya sakit, bibik datangnya siang.”

Tiba-tiba anak saya bertanya “bapak mau sarapan apa? Biar abang yang buatin.” Saya pun menjawab “nasi goreng bang.” Si bungsu pergi ke dapur, saya meneruskan persiapan keberangkatan ke Berau. Dan tidak berapa lama kemudian anak saya berkata “pak sarapan sudah siap.”

Pagi ini, saya dan anak saya menghabiskan nasi goreng yang ia masak. Benar-benar membahagiakan dan benar-benar menghilangkan lelah. Tidak lupa, sembari menyantap nasi goreng, saya memberi apresiasi untuk anak saya “alhamdulillah bang, nasi gorengnya nikmat.” Sarapan bersama dengan sesuatu yang dibuat sendiri itu membuat lelah pergi dengan sendirinya.

Ini cerita penghilang lelah saya pekan ini, apa penghilang lelah Anda pekan ini?
Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.