Apa Nikmatnya Bekerja?

kerja.jpg

Hari ini, sebagian besar pekerja sudah mulai ngantor atau masuk kerja. Saya yakin, diantara mereka ada yang masih ingin menikmati liburan dan ada pula yang sudah ingin segera bekerja. Ada yang merasa ngantor itu beban, seolah terpaksa demi terpenuhinya kebutuhan rumah tangga semata. Bagi kelompok ini, liburan benar-benar menjadi hiburan.

Ketahuilah, bagi Anda yang bekerja atau berbisnis, sebagian besar waktu dalam hidup Anda dicurahkan untuk bekerja. Jadi, apabila Anda tersiksa saat bekerja maka kehidupan Anda akan tersiksa. Sebaliknya, apabila Anda enjoy saat bekerja maka kehidupan Anda akan terasa lebih nikmat dan membahagiakan.

Segera temukan alasan, apa yang membuat Anda nikmat bekerja? Jangan biarkan diri Anda seolah hanya robot berwujud manusia. Setiap hari ngantor, hanya menjalankan rutinitas. Boleh jadi tangan dan kakinya bekerja tetapi tanpa jiwa, kosong dan tiada kenikmatan yang dirasakan kecuali saat gajian.

Mengapa itu bisa terjadi? Karena, banyak orang bekerja hanya sekadar mencari rupiah yang berlimpah. Mereka lupa bahwa bekerja juga merupakan ibadah. Bekerja bisa menghapus dosa yang tidak bisa dihapus dengan ibadah lain –menurut hadits riwayat Abu Nuaim yang pernah saya dengar dari guru saya. Sungguh rugi bila 8 jam lebih di kantor tidak tercatat sebagai ibadah.

Bekerja juga sarana untuk aktualisasi diri. Oleh karena itu, biasakan ikut acara yang diadakan oleh kantor seperti gathering, training, halal bi halal dan sejenisnya. Jauhi menjadi karyawan yang “teng go” datangnya telat tetapi pulangnya tepat waktu. Kepercayaan diri Anda akan meningkat jika aktualisasi diri Anda semakin menguat.

Kantor adalah tempat menambah sahabat dan relasi. Semakin banyak orang yang Anda temui maka proses pendewasaan diri semakin cepat. Sahabat di kantor bisa menjadi partner, guru dan penyempurna hidup Anda.

Cobalah cari sisi positif lain dan alasan yang kuat mengapa Anda bekerja. Cari dan temukan agar Anda semakin menikmati pekerjaan Anda. Selamat mencoba…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

12 thoughts on “Apa Nikmatnya Bekerja?”

  1. mahfudz says:

    Semoga setelah liburan idul fitri, makin enjoy bekerja

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra

  2. genborneo says:

    yg bekerja yg berbisnis yg belajar mari semangat jangan dijadikan beban yg menyiksa

    1. Jamil Azzaini says:

      Setuju….

  3. Rika Verry Kurniawan says:

    Alhamdulillah, sampai dengan saat ini enjoy

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON….

  4. happy karuningtyas says:

    bagaimanakah agar bekerja tercatat sebagai ibadah kek?

    1. Jamil Azzaini says:

      Hayo ubek-ubek tulisan saya di website ini, heheheheh

  5. Reza Aditya says:

    Jika niatnya untuk beribadah dan ikhlas, pastinya akan terasa nikmat dalam bekerja. Dan tidak akan ada lagi ungkapan I HATE MONDAY. hehehe

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes….yes…yes…

  6. afriyaldi says:

    gak kebayang kalau semua dagang wiraswasta usaha rumahan warteg ngewarung …macet bro roda industri hulu dan hilir

  7. Abdul Karim TW says:

    Jazakallah khoir ya Pak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.