Apa Kebiasaan Rutin Anda?

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap mudik lebaran, selalu saja ada pelajaran kehidupan yang saya dapatkan, termasuk liburan lebaran tahun ini. Di hari kedua lebaran, ayah saya terjatuh dan pingsan di depan kamar mandi. Boleh jadi karena penyakit yang sedang diderita, atau karena terlalu lelah menerima ribuan tamu di hari pertama lebaran. Berbagai upaya dilakukan untuk menyadarkan orang tua saya, tak kunjung membuahkan hasil.

Dalam kondisi panik, saya teringat ucapan Ustadz Arifin Ilham “saat kita tua dan atau mendekati ajal kematian, kita akan mudah melakukan apa yang biasa dan sering kita lalukan.” Saya pun teringat dengan beberapa hal yang sering dilakukan oleh orang tua saya. Salah satunya adalah kebiasaan ayah saya melakukan puji-pujian atau nyanyian di masjid dengan menggunakan pengeras suara saat mendekati waktu sholat tiba.

Seketika itu saya pun menyanyikan lagu yang biasa dinyanyikan ayah saya “astaghfirullah, robbal baraya, astaghfirullah minal khotoya, robbi zidni ‘ilman nafiaan, wawaffigni ‘amalan sholihan…” Tiba-tiba, ayah saya ikut menyanyikan lagu itu dengan suara yang lantang. Saya pun menemani ayah saya menyanyi, sambil terisak dan meneteskan air mata saya terus ikut menyanyi.

Usai menyanyi, saya terus mengajak bicara ayah saya agar ia tidak tertidur. Ternyata, Ayah saya tidak tahu bila dirinya jatuh. Di tengah-tengah bicara, saya menyanyikan lagu lain yang biasa ayah saya nyanyikan dan ternyata ayah saya sangat menikmati menyanyikan lagu-lagu pujian tersebut.

Dalam kondisi berbaring, lelah dan setengah mengantuk bila ada tamu yang masih anak-anak datang, ayah saya tetap terbangun dan secara reflek mengambil uang lima ribuan sebanyak dua lembar untuk diberikan kepada masing-masing anak yang datang. Setelah itu, ayah saya akan berbaring lagi. Setelah tim medis datang dan memeriksa kondisi ayah, saya merasa lega karena tidak ada sesuatu yang membahayakan.

Baca Juga  Berdayakan Orang Lain, Itulah Pemimpin

Kini, saya semakin yakin bahwa kebiasaan yang sering kita lakukan akan membantu dan menolong saat kondisi kita kritis. Kebiasaan puji-pujian dan memberi uang kepada anak-anak yang datang ke rumah telah membantu ayah saya sadarkan diri dan membantu memulihkan kesehatannya. Nah, apa kebiasaan yang sering kita lakukan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 comments On Apa Kebiasaan Rutin Anda?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer