Apa Keahlianmu?

apakeahlianmu.jpg

Jika Anda bertemu dengan orang yang Anda kagumi lalu tiba-tiba orang itu bertanya “apa keahlianmu?”, apa jawaban Anda? Coba pikirkan sejenak lagi, apa jawaban Anda? Sudah mantap? Atau, masih bingung? Saran saya segera temukan. Bila belum ketemu berusahalah menemukannya dengan penuh kesungguhan.

Kurang dari tiga bulan lagi berlaku Masyarakat Ekonomi Asean. Apa artinya? Indonesia sudah menjadi tempat terbuka untuk profesi dan keahlian dari negara manapun. Mereka boleh bekerja di Indonesia. Mereka boleh bersaing bebas di Indonesia seperti layaknya orang Indonesia. Siap bersaing dengan mereka?

Nah, salah satu senjata persaingan adalah, Anda harus punya satu keahlian yang bisa diandalkan. Latih terus keahlian itu sehingga otot, pikiran dan hati Anda sudah menyatu dengan keahlian itu. Jangan punya cita-cita Anda punya banyak keahlian karena itu membuat Anda justru akhirnya tak punya keahlian apa-apa.

Bagi Anda yang seusia dengan saya, mungkin masih ingat apa yang diucapkan Bruce Lee, “Aku lebih takut kepada orang yang melatih satu tendangan seribu kali, daripada seorang yang melatih seribu tendangan satu kali.” Istilah teman saya, lebih baik “fokus satu-hebat”.

Saya akan ulang lagi pertanyaan di awal tulisan ini, “Apa keahlianmu?” Bila memang sudah ketemu, apakah Anda sudah banyak menghabiskan banyak waktu untuk melatih keahlian itu? Apakah Anda sudah belajar dengan sungguh-sungguh ilmu dan ketrampilan lain yang mendukung keahlian itu?

Duduk sejenak, buatlah perencanaan apa yang akan Anda lakukan untuk mengasah keahlian Anda. Berkomitmenlah untuk bekerja keras selama tiga bulan kedepan. Anggap saja Anda sedang menjalani pemusatan latihan untuk sebuah kompetisi bernama Masyarakat Ekonomi Asean. Bertekadlah untuk bisa menjadi pemenang.

Apa keahlianmu? Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengasah keahlian itu?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

7 thoughts on “Apa Keahlianmu?”

  1. Adji says:

    Assalamu’alaikum
    Kakek guru, bagaimana agar kita tau dan yakin bahwa sesuatu itu adalah keahlian kita?

  2. Nani MARYANi says:

    Terima kasih pak Jammil, tulisannya sangat memotivasi saya pagi hari ini. Salam hangat dari Belanda, Nani

  3. Mulyadi says:

    mudah-mudahan sedang belajar untuk fokus, kek.. terimakasih artikelnya udah mengingatkan saya.. 🙂

  4. Basirun says:

    Asslmualaikum wr. wb. Kek Jamil

  5. Anwar Parojai says:

    Subhanallah terimakasih guru.. kembali mengingatkan.. Inshaallah keahlian sedang terus diasah kek. Semoga kedepan semakin banyak menginspirasi orang lain mengikuti jejak kakek guru. Kemarin saat wukuf di Arofah saya panjatkan Doa khusus buat kek Jamil agar semakin suksesMulia terus memberi tauladan buat kami semua murid2mu dan semakin banyak memberi manfaat buat orang lain.

  6. BonekaLucu says:

    Keahlian Saya Adalah Berkomuniaksi, dan pada dasar nya komunikasi yg baik memang sangat di butuhkan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan sosial dan pekerjaan…
    akan tetapi keahlian setiap orang memang berbeda-beda, dan semoga keahlian itu dapat mensukseskan diri kita masing-masing.
    amin

  7. Suminta says:

    SuksesMulia Kek,

    Keahlian ibarat passion, kalo sudah hobi dan ahli disitu, maka kita enjoy, menghasilkan ataupun tdk.

    LuarBiasa Kek,

    *Kek, ini PIN BB sy 28BC7278

Leave a Reply

Your email address will not be published.