Anakku, Peganglah Kunci Surgamu

JA-Dhira.jpg

Nadhira Arini Nur Imammah (Dhira) anakku, selamat ulang tahun ke-22. Bapak hanya bisa berkirim doa dan nasihat untukmu tanpa bisa memelukmu. Ketahuilah, tidak seperti biasanya, hari ini bapak bangun tidur lebih cepat dibandingkan mamamu. Itu karena bapak ingin buru-buru bersujud kemudian mendoakanmu.

Anakku, pahami dan bacalah pelan-pelan nasihat bapak di hari ulang tahunmu hari ini…

Sesunguhnya tujuan hidupmu yang utama bukanlah menjadi lulusan atau alumni Universitas di Jerman. Tujuan hidup yang sejati adalah kau berada di tempat terhormat saat kelak hidup di akhirat. Pastikan bahwa belajarmu di Jerman hanyalah untuk memperlancar tujuan itu.

Oleh karena itu, segeralah pegang kunci surgamu –dan ternyata bagi seorang wanita kunci surga itu amatlah mudah. Pahamilah sabda Rasulullah ini: “Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulannya, menjaga kehormatannya dan menaati suaminya, niscaya dia masuk surga dari pintu mana saja yang dia inginkan.”(HR. Ahmad nomor 1661).

Diantara empat hal yang disebut di dalam hadits di atas, bapak yakin hingga saat ini tiga hal pertama sudah kau pegang kuat dan jalankan sungguh-sungguh. Hanya satu hal yang terakhir, yaitu taat kepada suami yang belum bisa kau jalankan. Tentu karena kau belum menikah. Dan bapak berharap tidak dalam waktu yang lama lagi sudah ada Pangeran Berkuda Putih yang datang menjemputmu.

Anakku, hidup ini singkat. Maka, kau harus menetapkan bahwa memegang kunci surga adalah prioritas utama dalam hidupmu. Dan tentu kau tahu bahwa salah satu kunci surga yang belum kau pegang hanyalah taat pada suamimu. Maka, bila ada Pangeran Berkuda Putih menjemputmu dan dia berani meminta izin bapakmu, jangan kau persulit dia untuk bisa membawamu pergi.

Pastikanlah bahwa ilmu yang kau jemput jauh-jauh ke Jerman bisa menjadi bekal untuk kau kelak lebih mentaati suamimu bukan untuk menguatkan egomu. Kebanggaan utama bapak bukanlah karena kau alumni Jerman, kebanggan utama bapak adalah ketika suamimu menjadi hebat karena peran serta dan dukunganmu. Kau bisa menjadi pakaian [pelindung, penghangat, penghias] bagi suamimu.

Saat kau dipandang suammu, kau menyenangkan. Saat suamimu lelah kau tempat bersandar. Saat suami meminta kau tak pernah menunda. Saat suamimu marah kau sabar. Jangan pernah lakukan sesuatu yang suamimu tak menyukainya walau itu hal kecil apapun.

Dan kelak saat kau dipanggil oleh Allah SWT, bisikan dari suamimu yang bapak paling harapkan adalah, “Istriku, aku ridho atas semua hal yang kau lakukan. Aku bangga punya istri sepertimu. Tunggulah aku di pintu surgamu.”

Selamat ulang tahun anakku, tunggulah, Pangeran Berkuda Putih sedang memacu kudanya untuk menjemputmu. I love you and I really… really miss you.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

70 thoughts on “Anakku, Peganglah Kunci Surgamu”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Barakallah dhiraaaaaaa. Semoga segera menemukan sang pangeran berkuda putih, makin cantik, pandai, dewasa dan sllu berbakti sm ortu.
    Love u dhiraaa :*

  2. Semoga Kakek cepat menjadi Kakek beneran.. maksudnya dapat cucu dari mbak Dhira.. πŸ™‚

    1. Hehehehe, doain ya mas

        1. ORA DADI OPO says:

          Aamiin Aamiin Yaa Robbal ALamin | πŸ™‚

  3. Aamiin.. Barakallaah kek πŸ™‚

  4. Faiz Faeruz says:

    Sungguh ini kado terbaik kek, semoga besok ada yg ngado beginian #Amin

  5. Faiz Faeruz says:

    Gak ada kado terbaik ulang tahun selain doa dan nasihat yg tulus, semoga besok ada yg kasih kado beginian…

    1. Saya kirim doa untukmu dan keluargamu mas

  6. satu kata saja: KERON!!!

    1. Kapan main ke rumahku dan nginep sambil ngobrol2 rusuh πŸ™‚

      1. nunggu asa pulang ya kek… biar tambah seru.. karena utk menjadi hebat asa harus dikasih madu dan “racun” sekalgus… hehe

  7. Faiz says:

    Sungguh ini kado ter-Indah, doa dan nasihat yang tulus memang tiada bandingannya.

  8. basith says:

    Bapak yg kereen dan mbois, yg mewakili smangat zaman, beruntung nya pangeran yg akan jd menantu yai jamil, mungkin seberuntung pangeran Roma Francesco Totti, Yg dielu elukan romanisti, tp maaf saya internisti, slamat ultah utk mbak dhira, smoga tambah iman,Islam, rajin ibadah,tambah smangat, slalu sehat, dan terwujud mimpi dan cita2 nya

  9. super kerON kado buat mba dhira….terharu bacanya…
    asyiik bentar lagi gurunda bakalan jadi grandpa beneran….:)

    1. Pangeran berkuda putihnya belum kelihatan πŸ™‚

  10. yuti says:

    Kece badai!….kalo nyurat buat anak saya kemudian nangis tu saya udah biasa kek. Lha ini baca surat orang lain kok ikutan godres-godres….. The best note from the best dad for the best daughter….Barakallah….

  11. Selamat ulang tahun calon wanita penghuni surga, Nadhira Arini Nur Imammah.
    Semoga Allah memberikan yang terbaik menjadi pendamping hidupmu dan pembuka pintu surgamu.

  12. yuti says:

    Kece badai!…. Kalo nyurat buat anak kemudian saya nangis itu udah biasa kek. Lha ini baca surat orang lain kok bisa ikutan godres-godres. This is The best note from the best dad for the best daughter……Barakallah…

    1. Godres-godres, istilah yg sudah lama tak kudengar, hehehehe

  13. Anak pertama dan kedua saya perempuan.
    Saya membayangkan hal ini saya lakukan ketika anak saya usia 22 Tahun…
    Menangis Kek…

    Selamat Ulang Tahun Nadhira…
    Tetap sayang sama Bapakmu ya…
    Bapakmu itu luar biasa…
    Saya mau belajar banyak sama Bapakmu…
    Boleh ya Nadhira?

  14. adam mohamad says:

    *benerinkerah hehe

    1. Hehehe, ayo berlomba naik kuda putih πŸ™‚

  15. Kiki says:

    Terharu membacanya Pak, semoga saya juga selalu bisa memegang kunci surga πŸ˜‰

  16. ristoni says:

    Aamiin Ya Robbal alamin. Happy milad ananda Dhira. Terima kasih Kek, pencerahannya.
    Barokalloh.

  17. Asrini says:

    *tear*
    seperti yang ayah saya ucapkan tadi malam, ketika ulang tahun saya ayah pun berpesan demikian. semoga secepatnya bisa memegang kunci surga kek,,

    1. Langsung kirim doa

  18. dnur77 says:

    ALHAMDULILLAH….BAROKALLOHU…

  19. wiyono says:

    Semoga menjadi anak sholehah bagi orang tua, bermanfaat di alam dunia, kubur, dan akhirat. πŸ™‚

  20. Nani says:

    Seandainya alm. Papa masih ada, hal seperti ini jg sepertinya yg akan beliau ucapkan ketika aku meminta izin utk menikah. Semoga alm. Papa bahagia disisi-Nya.. Aamiin
    Utk kakek, smg mba Dhira bisa segera dipertemukan oleh Allah dengan sosok pria yg dpt membimbingnya menjadi sebaik2 muslimah di dunia & di akhirat.. Aamiin
    Utk mba Dhira, slmt ulang tahun, smg doa tulus dr sang ayah dpt membuat mba Dhira menjadi pribadi yg lbh baik dihadapan-Nya, umur yg diberikan barakah, smg segera bertemu dgn sang pangeran.. Aamiin
    Barakallah utk kakek sekeluarga

    1. Berdoa dan perbuat baikmu insya Allah mengalir ke almarhum papa maka banyak2 lah berdoa dan melakukan amal sholeh

      1. Nani says:

        Insya Allah kek, terimakasih byk sudah mengingatkan & terus menginspirasi.. Barakallah

  21. Ana Lutfiana says:

    Barokallah fi umrik mbak Dhira…
    Kek Jamil,,tulisannya bikin mewek…

  22. Dendragons says:

    Merinding kek bacanya, thanks for article kek…
    Selamat ulang tahun mba Dhira…
    Sudah pantaskah saya menjadi Pangeran Berkuda Putih itu kek? hehehe

    1. Hahahaha, ayo ikut seleksi πŸ™‚

  23. tashya says:

    Subhanallah sangat menyentuh kek saya bacanya sambil menetaskan air mata, rindu nasehat karena ayah saya tidak sempat menasehatkan hal spt itu pada saya. Semoga saya bisa menjadi ortu sekaligus sahabat bagi anak2 saya

    1. Selalu kirim doa untuk ayahmu dan semoga jadi ortu yg hebat ya

  24. ORA DADI OPO says:

    Subhanallah selalu ada nasehat kakek untuk anak-anak kek JAmil yg bs dijadikan inspirasi, motivasi, & renungan untuk semua pembaca setia web ini.

    unt mbak Nadhira Arini Nur Imammah (Dhira) saya ucapkan selamat ulang tahun | Dgn bertambahny umur smga mjd pribadi yg smakin bermanfaat unt sesama, slalu dlm lindungan-Nya & smga segera dipertemukan dgn Pangeran Berkuda Putih | Aamiin…| πŸ™‚

    Salam SuksesMulia_!!!
    @npindh
    ΰΈ‡^β€’^ΰΈ‡
    Tulungagung

  25. Nadhira, met milad ya.. πŸ™‚

  26. noza says:

    salam buat mbak dhira kek πŸ™‚ semoga di pertemukan dgn pangerannya mbak πŸ™‚

  27. Rina Ridwan says:

    Met milad, Dhira… Barakallah.

  28. Maryanah says:

    Baru baca nih kek, pas udh selesai langsung deh gk kerasa air mata ngalir.. kebetulan 27 maret besok aku juga milad kek, jdi terharuuuuu ada ayah yg seperti kakek..selamat milad buat mbk dhira

    1. Wah milad ke berapa? Saya kirim doa ya. Met Milad

  29. wahyu says:

    Kado indah banget punya orang tua seperti kakek.. Nasihatnya bener2 buat merinding n terenyuh.. Met milad ya mbak dhira…

  30. Taara says:

    subhanalloh pa, izin share yaaa…

    1. Dengan senang hati

  31. kasman says:

    Med Milad Nadhira

  32. firda says:

    Paragraf pertama aj ud bikin nangis
    Doain jg yaa abi jamil,,pangeran kuda putih buruan nampak depan pintu heheh

    1. Karena ingin dijemput pangeran ayo pantaskan dirimu agar pangeran yang datang adalah yang terbaik

  33. annaba says:

    terharu bacanya, seolah-olah saya udah jadi bapak aja.. πŸ˜€
    #PadahalBelum

    1. Didoakan segera jadi bapak πŸ™‚

  34. dian says:

    Mks pak, tulisannya membuat ht ini luruh, ingin segera mnt maaf kpd suami dan mnt ridhonya..

    1. Segera, jangan ditunda2

  35. ririn says:

    Doa’in ya mas…baca ini, kayak bapak q juga bicara yg sama ke q…:)

    1. Langsung didoakan ya.

  36. Zaki says:

    kek.. tolong kalo anak kakek yang laki-laki ultah, kakek tulis “peganglah kunci surgamu” yang versi buat laki2 ya.. terima kasih

    1. Hehehehehe, tergantung situasi nanti ya πŸ™‚

  37. Arum W says:

    Selamat ulang tahun mb Dhira, semoga apa yang menjadi harapan Ayah dan juga mimpi2 mb Dhira segera terwujud dengan cara mudah dan menyenangkan. Terima kasih nasehatnya Bapak Jamil, ini nasehat untuk saya juga, sebagai perempuan yang ingin memegang kunci surga.

    1. Asyik anakku nambah, karena yang dengerin nasehat nambah πŸ™‚

  38. Jadi pengen nangis baca tulisan terkandung doa pak Jamil buat mbak dira.. Semoga mba dira bisa menjadi anak yang membanggakan buat kedua orang tua, senantiasa istiqomah menunaikan kewajiban sholat lima waktu dan Insya Allah dipertemukan dengan Pangeran Berkuda Putih yang Insya Allah membimbing ke tempat surga yang mulia.

    1. Amin YRA, terima kasih doanya mbak

  39. Dawud Ramdhani Rozali says:

    Assalamu’alaykum Pak Jamil

    Apakah putri Bapak a.n. Nadhira sudah siap untuk dipersunting oleh seorang laki-laki ?

  40. Tita Rosita says:

    Terharu kek bacanya,,Doain sy jg ya kek *ngarep bgt didoain* Barakalloh buat dhira πŸ™‚

  41. yolanda rafles says:

    hai dhira happy belated birthday yaa! ketahuilah ada banyak anak perempuan diluar sana yang ingin di didoakan sama seperti doa Bapak mu πŸ™‚ sungguh bijak, lembut namun tegas doa yang dipajatkankan Bapak Jamil. aku saja yang membacanya sambil tersenyum lalu diakhir doa aku tutup dengan Aamiin apalagi kamu Dhir orang yang dimaksud di doa tersebut, pasti senang sekali πŸ™‚ Bapak Jamil Bapak paling manis romantis yang pernah saya tau :”)

  42. alid says:

    barakallahu dhiraa.. :’)))

  43. lis andri maryati says:

    met milad dhira, semoga keberkahan ada padamu, dicintai mahluk bumi dan langit

  44. Agustiningsih Maulani says:

    Subhanallah… teringat alm. ayah ( 8 Januari 2014 ) yang selalu menasehati dan memberikan semangat untuk saya. saya belum dapat membahagiakannya, hanya do’a,do’a dan do’a yg saya panjatkan untuk ayah. Sangat terinspirasi dan termotivasi tulisan kakek ini buat anakknya yaitu Teh Dhira. sampai2 saya terharu, bersemangat kembali.. πŸ™‚ Terimakasih kek. Buat Teh Dhira, Selamat Ulang tahun, semakin berkah umurnya dan didekatkan jodohnya. Aamiin ya Allah πŸ™‚

  45. Irman says:

    Selamat ulang tahun “Barakallah fii umrik” Semoga dengan bertambahnya umur bertambah pula kebaikan, Rizqi, keberkahan, dan di dekatkan Jodohnya. Doakan saya pula ya kek.. Aamiin. Dengan harapan yg sama menjadi pangeran berkuda putih dengan sosok wanita yang tepat “Aamiin” =D Salam untuk Nadhira kek…

  46. Nabila syrifuddin says:

    Sangat Indah kadonya Kek, saya berharap di ulang tahunku besok ada yang ngasih kado sprti Ini, amin:))

  47. saddam hasibuan says:

    terenyuh hati membacanya, membuat diri ingin bergegas memantaskan diri.
    terima kasih atas tulisan kerON nya kek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.