Alihkan Perhatian

Share this
  • 153
  •  
  •  
  •  
  •  
    153
    Shares

Sebagai manusia biasa terkadang saya juga jenuh, lelah, marah, tersinggung dan sakit hati. Namun karena saya tahu hal tersebut sangat negatif maka saya tidak ingin itu melekat lama dalam diri saya. Saya sangat menyadari makna sebuah ungkapan bahwa apa yang kita fokuskan itulah yang akan mengkristal dalam diri kita.

Apabila kita fokus pada hal-hal yang negatif maka hal negatif tersebut akan mengkristal dalam tutur kata, pikiran dan tindakan yang kita lakukan. Segera alihkan perhatian Anda saat hal negatif datang menyergap dalam hidup Anda agar Anda tidak semakin merasakan derita yang semakin dalam.

Dua hari yang lalu saya sempat berpikir, “Ya ampun, saya pulang dari Cairo gak dikasih istirahat. Langsung roadshow training di Mitshubisi, Yamaha, Permata Syariah Bank, Pemkot Tarakan dan Bank Indonesia Medan, full selama satu pekan.” Saat itu muncul pikiran negatif, “Saya menjadi sapi perahan tim saya.”

Alhamdulillah, saya segera sadar dan segera mengalihkan perhatian. Saya bayangkan wajah-wajah tersenyum tim saya sembari bergumam, “Tim saya hebat, mereka menyalurkan hobi saya. Mereka serius membantu saya untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya. Mereka juga tulang punggung bisnis saya.” Sesampainya di rumah saya alihkan perhatian dengan cara bercanda dengan anak-anak dan ngobrol dengan istri saya. Hasilnya? Fresh dan menyegarkan.

Begitu pula saat tadi malam saya menerima SMS dari orang yang tidak saya kenal. Orang ini berkirim pesan, “Pak, buktikan bahwa Anda inspirator SuksesMulia, beri saya pinjaman 160 juta agar bisnis sandal saya maju.” Karena saya tidak kenal saya menjawab baik-baik, “Maaf, saya tidak bisa membantu Anda. Semoga Anda mendapat alternatif lain.”

Baca Juga  Pentingnya Mindset yang Benar

Ternyata orang ini sangat aktif menanyakan kenapa saya tidak bersedia membantu dan bla bla bla… Saya merasa terganggu. Awalnya saya jengkel, namun kemudian saya alihkan perhatian dengan berkata dalam hati, “Ada orang yang punya mental baja sedang menghibur saya. Gak kenal tapi berani pinjam uang. Hehehe…” Setelah itu saya mengalihkan perhatian dengan cara menemani anak belajar sembari menyiapkan modul pelatihan untuk para trainer.

Alihkan pula perhatian saat ada orang berbicara negatif kepada Anda, baik tentang diri Anda atau orang lain. Segera alihkan dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Misalnya, “Ngomong-ngomong follower twitermu sudah berapa? Kenapa sih kemarin dokter pada mogok? Btw, Barcelona kalah ya?” Atau, “Eh kamu tahu gak ada inspirator yang dipanggil kakek tetapi orangnya masih muda, gaul, keren dan ganteng abiz?” Hehehe…

Ingatlah, bila Anda fokus pada sesuatu yang negatif maka semakin hari kehidupan Anda akan diselimuti dengan banyak hal yang negatif. Merugikan dan menyengsarakan. Percayalah.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 153
  •  
  •  
  •  
  •  
    153
    Shares

53 comments On Alihkan Perhatian

  • Subhanallah kek, sedekah ilmu di pagi ini yg sangat bergizi. Terima kasih ya atas berkenan berbagi ilmunya.
    Bener sekali kek bila kita berfokus pada hal yg negatif, selama kita fokus kita tetap dalam lingkaran negatif itu. Bener kata kakek, setelah sadar kita dlm lingkaran negatif itu, segera alihkan ke kegiatan yg positif unt ‘menetralisir’.
    Semoga kita semua bs menjadi pribadi yg segera MOVE ON dr hal yg tdk sesuai dgn hati nurani kita. | Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ | 🙂 🙂 🙂

    Salam Sukses Mulia_!
    @npindh

    • Yes mbak, kirim doa buatmu

      • terima kasih atas doanya kek | tapi maaf ya kek saya ini cowok lo, kok dipanggil mbak sih | (⌣́_⌣̀)

        Salam Sukses Mulia_!!!
        @npindh
        ง^•^ง

        • Maaf ya mas, saya sok akrab. Saya punya teman namanya Nanda cowok hehehe. Sekali lagi maaf

          • iya tidak apa-apa kek, memang benar pepatah yg bilang “tak kenal maka tak sayang”.

            jujur kek, saya masih beberapa hari saja belajar dari tulisan-tulisan kakek. Setelah saya baca-baca tulisan kakek, subhanallah tulisannya banyak yang menginspirasi & memotivasi.
            Ingin rasanya suatu saat ingin berguru langsung sama Kek Jamil. Mohon bantuan doanya ya kek, semoga suatu saat bisa berguru langsung dgn panjenengan.
            آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

            Salam kenal & hangat dari saya kek_
            @npindh

            SalamSuksesMulia_!!!

  • segelas kopi dan roti di pagi hari, semakin lengkap dengan wejangan pak Azzaini..
    teringat kalimat “Apa yang kita pikirkan, mempengaruhi hormon kita” dan teori “apa yang di keluarkan teko, seperti isi di dalamnya” yang di sampaikan bapak..
    makasih inspirasinya..
    #ikutan manggil kakek apa boleh ya..hehe

  • Iyes… Alihkan perhatian dari hal yg negatif. Bayangkan dan lakukan yg membuat kita bahagia..

    Hari ini hari ceria n smangat. KerON utk kakek yg muda n ganteng hehehe

  • iya Mas, rebah itu dimulai dari condong. sebaik terasa condong segera kembali. jgn biarkan lama2 nanti rebah betul.
    terima ksih. salam sukses mulia.

  • Betul pak, kalau tidak dicegah…kadangkala kita akan terlena dengan pikiran negatif itu.., Alhamdulillah, kita masih dan semoga selalu diberi kesadaran sm Alloh untuk ke jalan yang lurus..آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ

  • Anak dan suami sudah sarapan,saya juga mau sarapan,tapi sebelum sarapan untuk badan,sarapan untuk hati dan pikiran dulu aaahhh… Alhamdulillah pagi2 begini sudah datang ni “sarapan bergizi untuk qalbu”. Jazaakallah ya Ki,selamat beraktifitas semoga Aki selalu diberi kesehatan dan semangat untuk selalu berbagi… Amiin

  • Iya kek, barca kalah.
    Saya kalau jenuh biasanya baca berita olahraga, ga nonton.

    Salam SuksesMulia

  • syarah khaerunnisa

    alhamdulillah.. pagi2 sebelum beraktivitas udah dapet asupan bergizi. #dadahdadahsamapikirannegatif #pasangsenyumpepsoden 😀

  • @mfurqonzahidi

    Sepakat Kek, kalo banyak mikirin yang negatif terus. bisa-bisa tua sebelum waktunya hehehe. *salim*

  • Bener bgt kek.. Hati dan pikiran jadi makin tenang kl smw dialihkan ke hal positif 🙂

  • mantap jaya kek…
    usir yg negatif2.. biar positif …
    Bismillah..

  • sip………kek muantap

  • positif thinking = positif results

    Semangat Pagi

  • Memang njenengan niku saestune guru kehidupan, layak jadi tauladan banyak org, pantas lah saya sbg santri memanggil njenengan kyai jamil azzaini Rodhiyallohu anh,

  • princess amanda @holistic_center

    yang negatif di reframing jd positif…
    kyk sy dari semalam tiba tiba lg d sergap perasaan negatif yg mengganggu…td sblm shubuh udh sy ungkapkan sm Allah di atas sajadah…setelah itu plong…yg negatif kaburr entah kemana…yg positif kembali mengisi qolbu dan pikiran…sehingga pg ini sangat semangat menjalani kamis mubarok…

    eh pas buka web…lah koq nyambung bgt tulisan grandpa dengan apa yg lg sy alami yaitu ttg negatif to positif…
    bener bener sahur bergizi ieu mah…hehehe klw sahur jam segini dengan ilmu bergizi mah di jamin ga akan batal bahkan tambah ON…..

    salam SuksesMulia

    • Hehehe, ayo bakat nulismu disalurkan jadi buk

      • princess amanda @holistic_center

        waooow begitukah grandpa…
        hehe maca cieeh sy punya bakat nulis…
        tp sy memang ingin nulis buku grandpa…terutama ttg kehidupan sy dari blm berhijab smp stlh berhijab…
        soalnya jarang wanita berhijab kyk sy mw berjuang di masyarakat yg heterogen…hehe
        sdgkan ketika sy pertama berhijab…sy sdh putuskan bahwa sy akan tetap berinteraksi dengan kehidupan sekitar wlwpun pakaian sy tertutup semua…khan di dpn para akhwat sy bs tampil semodis dan secantiq mgk…
        eh stlh mengenal sosok grandpa semakin ingin jadi makelar rezeki yang potensial…

        grandpa itu emang CETAR LUARBIASA…dlm doa2 di sholat malam sy…mukena sy basah kuyup jika sdh mendoakan org tua dan gurunda jamil dan keluarga besarnya…
        betapa Allah kenalkan sosok granpda kepada sy di saat yg sgt tepat…jd tdk ada kata terlambat…

        sy bertambah semangaaaaaat ingin meninggalkan jejak kasih sayang sy di dunia ini dengan peninggalan2 yg bermanfaat…#edisi imprint ama gurunda jamil azzaini

        udh panjang x lebar euy commentnya…hampuraa…

  • mantap kek.. betul juga ya, kalo kita terlena dengan pikiran negatif kita eneg(energi negatif) akan keluar dari tubuh kita dan mencemari semua yg ada disekeliling kita..

  • Kyaaaaaa, Kakek keren banget. I love youuu
    Semoga Kakek nanti benar2 memeluk Nabi di Surga. Aamiin :3

  • Pas banget pak Jamil, Pas dapat masalah, pas baca tulisan ini. Trimakasih pak inspirasinya 🙂

  • Terbukti kek…eh ..Pak jamil yang Ganteng… ….pikiran negatif membawa amarah….pikirin positif membawa damai…

  • Subhanallah….. Alhamdulillah Allah telah memberikan kepada saya Guru kehidupan terbaik.
    Semoga Allah selalu memberikan berkah dan rahmat-Nya agar Babeh Jamil terus meng-inspirasi kita, sehingga kita menjadi insan yang Mulia, Aamiin….

  • Yuniarti Fazri

    Semua inspirasi yang ada disini selalu bisa memberi motivasi dan semangat
    dari kemarin masalah bertubi-tubi
    banyak kewajiban yang menuntut untuk segera dilaksanakan dalam waktu yang berdekatan
    beberapa hari harus bolak-balik ke luar kota, ditambah dapat kabar yang cukup menguras kesabaran
    akhirnya kualihkan pikiran untuk curhat kepada Allah, beli eskrim dan makan bareng temen2 di tempat kerja dan membuka web kek Jamil.
    Alhamdulillah bikin ademmmm sekali ni artikel.
    Alhamdulullah yaa Allah, mengenal hambaMu yang selalu memberi manfaat.
    Wujudkanlah cita2 Kek Jamil untuk menginspirasi 25juta orang dan memeluk Rosululloh SAW.
    -Tiada hari tanpa inspirasi di web ini-
    matur nuwun sanget

  • Indra fernanda

    Percaya kek,

  • hehehe…di ujung kalimat si guru gantengku ini tetep aja narsis.
    selalu menginspirasi kek…saat negatif tengah melanda, maka rutin berkunjung ke tulisan2 gurunda bikin hati langsung positif…

  • super sekali pak… dan itupun pernah aku alami

  • Subhanallah kakek….sy sdg mengalaminya..hehe..terimaksh,kakek selalu mengingatkan untuk terus menjadi lebih baik dan bermanfaat..izin share ya kek

  • Sanggat bermaafat sekali.. Mohon doa nya kek semoga saya selalu dalam berfikir positif

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer