Agar Nikmat Saat Pensiun

pensiun.jpg

Kemarin, saya memberikan training di Jasa Rahardja. Pesertanya adalah para karyawan dan pimpinan yang lima tahun lagi hendak pensiun. Selama lima hari, peserta mendapat pembekalan agar selama pensiun hidupnya lebih enjoy. Tidak mengalami post-power syndrom dan kegelisahan hidup lainnya.

Pensiun, itu pertanda bahwa kita sudah tidak muda lagi. Tentu cara menghadirkan rezeki dan kenikmatan hidup agak berbeda dengan orang yang masih bertenaga. Ada cara-cara lain yang bisa kita lakukan agar rezeki dan kebahagiaan datang dari banyak arah yang tidak terduga.

Kehidupan saat pensiun sangat berhubungan erat dengan kehidupan sebelum pensiun. Oleh karena itu, saya mengusulkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum seseorang pensiun. Pertama, jangan biasakan mendewakan assesoris kehidupan. Terbiasa membanggakan diri dengan jabatan, fasilitas, gelar, status akan membuat seseorang tersiksa saat tua.

Saya dulu mendapat nasihat tersebut di atas dari bapak Parni Hadi, saat saya bekerja di Dompet Dhuafa Republika. Saya memapraktekkan nasihat tersebut dimulai dari hal yang sederhana, tidak ada gelar akademik di kartu nama saya. Saya juga menyarankan kepada semua alumni Akademi Trainer agar tidak terbiasa mencantumka gelar bersertified atau berlisensi di deretan namanya.

Kita harus terbiasa bekerja dengan mengedepankan value, esensi dan keberhargaan diri. Bekerja bukan hanya sekadar bekerja, ada nilai dan kebermanfaatan yang diperjuangkan di dalamnya. Dan itu akan berujung, saat kita tiada kira-kira kita hendak dikenang sebagai apa?

Kedua, milikilah satu keahlian spesial yang itu menjadi ciri khas kita. Keahlian tidak harus sesuatu yang besar. Keahlian sederhana bisa sangat berguna dimasa tua. Karena memang faktanya, rezeki mengejar orang-orang yang punya keahlian. Apakah keahlian khas Anda?

Ketiga, banyak menebar manfaat. Bagi Anda yang sudah membaca buku pertama saya Kubik Leadership (Gramedia) tentu tahu bahwa ada hukum alam yang menjamin bahwa semua kebaikan atau keburukan yang kita lakukan akan berbalas sempurna di dunia. Perbanyaklah kebaikan dan manfaat saat bekerja melebihi gaji dan fasilitas yang Anda terima maka berbagai kebaikan dan kemudahan akan datang setelah Anda pensiun. Percayalah.

SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

5 thoughts on “Agar Nikmat Saat Pensiun”

  1. Ali samsudin says:

    beneeeer banget, kalo pas apes saya sering sedih kek, perbuatan salah apa yang dulu saya lakukan

    1. Jamil Azzaini says:

      Hidup untuk masa kini dan masa depan….mari perbanyak kebaikan…

  2. mahfudz says:

    Alhamdulillah…. Syukron kek.. Adeem

    1. Jamil Azzaini says:

      Sami-sami, tetapi ditempatkan panas gak adem 🙂

  3. sukamto says:

    Terima kasih pak jamil telah memberikan motivasi pada kami hari ini selamat kurang lebih 2 jam di Arch Hotel, Bogor.. sangat bermanfaat semoga saya bisa semakin semangat khususnya dapat meningkatkan tobe dan valensi saya.
    salam suksesmulia
    Sukamto
    Dinkes Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published.