Adab Suami Kepada Istri

Share this
  • 248
  • 7
  •  
  •  
  •  
    255
    Shares

Pekan lalu saya mewancarai staf senior di perusahaan saya karena karyawan ini ingin saya angkat menjadi supervisor. Saat wawancara, staf yang juga seorang ibu ini memohon kepada saya “pak, bolehkah dengan jabatan baru ini apabila ada kegiatan kantor yang sampai malam hari saya tidak ikut?”

Saya kemudian bertanya “mengapa tidak mau ikut kegiatan hingga malam hari?” Wanita yang akhirnya saya angkat menjadi supervisor ini menjawab “saya ingin menjaga adab seorang istri terhadap suami. Saya tidak ingin saat suami saya pulang kantor tetapi saya tidak ada di rumah. Saya harus sampai rumah terlebih dahulu dibandingkan suami saya.”

Jawaban supervisor itu membuat saya membuka literatur, menonton video dan bertanya kepada orang berilmu tentang adab suami dan istri. Ternyata pergaulan suami dan istri itu ada adabnya. Dan bila adab itu diterapkan, kebahagian dan ketenangan akan meliputi keluarga tersebut.

Setelah mengkaji dan mengaji serta melakukan perenungan, menurut saya adab terpenting seorang suami terhadap istri ada tiga.

Pertama, jangan mengungkit-ungkit kesalahan. Setiap orang pasti punya salah, termasuk istri. Namun demikian, kesalahan yang sudah berlalu jangan pernah diungkit atau dibahas kembali apalagi bila istri sudah mengakui dan minta maaf.

Kedua, menjaga kemuliaan istri. Jangan sampai istri merengek-rengek meminta uang belanja. Bentuk memuliakan istri dengan cara memberi uang belanja sebelum istri meminta. Atau saat istri meminta maka segeralah berikan uang belanja itu penuh dengan suka cita.

Memuliakan istri bisa juga dilakukan dengan tidak menceritakan kelemahan dan kekurangan istri kepada siapapun. Termasuk kepada saudara maupun orang tua. Mengingatkan istri dengan cara yang baik saat istri salah dan lalai juga merupakan bentuk memuliakan istri.

Baca Juga  Mengapa Perlu I'tikaf?

Ketiga, senang mendengarkan cerita istri. Saat di rumah atau saat berdua, beri kesempatan istri untuk lebih banyak bercerita dan berbicara. Selain melepas stres, bercerita itu bisa menambah kebahagiaan dan perasaan berharga bagi istri kita. Beri apresiasi untuk cerita yang disampaikan sekaligus ambil pelajaran dari sesuatu yang diceritakan.

Ada banyak adab suami terhadap istri tetapi itulah tiga adab yang saya anggap paling penting.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini


Share this
  • 248
  • 7
  •  
  •  
  •  
    255
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer