ABCD Meningkatkan Persahabatan

Share this
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Salah satu yang sangat berharga dalam hidup adalah sahabat. Sungguh rugi apabila kita kehilangan sahabat hanya karena salah komunikasi. Sungguh sedih apabila sahabat tercinta kita meninggal mendahului kita. Sahabat perlu kita jaga, kita rawat dan kita tingkatkan kualitas persahabatannya.

Ada formula yang saya gunakan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas persahabatan saya. Formula itu saya namakan ABCD yang merupakan kependekan dari Apresiasi Kebaikan, Berilah hadiah, Cerita cinta dan Dengarkan dengan seksama.

Apresiasi kebaikan, setiap orang pasti punya kebaikan meski hanya sedikit. Saat sahabat kita melakukan kebaikan, berilah apresiasi. Sebaliknya, saat sahabat kita melakukan kesalahan atau hal negatif segera beri nasehat dengan niat positif dan demi kebaikan sahabat kita. Fokuslah kepada sisi positif sahabat kita agar kita mudah memberikan apresiasi dengan tulus.

Berilah hadiah, saling memberi hadiah itu mendekatkan dan merekatkan. Hadiah tidak harus sesuatu yang mahal, hadiah terbaik adalah sesuatu yang berkesan dan dibutuhkan oleh sahabat kita. Oleh-oleh ringan saat kita pergi ke luar kota atau luar negeri merupakan bukti bahwa nama sahabat kita ada dalam pikiran dan hati kita. Sementara memberi hadiah saat moment penting dalam hidup sahabat kita merupakan bukti perhatian kita kepada sahabat.

Cerita cinta, bicarakan atau ceritakan hal-hal yang dicintai sahabat kita. Apabila ternyata yang dibicarakan oleh sahabat kita sesuatu yang tidak kita cintai, anggap saja itu adalah ilmu baru bagi kita. Menambah wawasan dan pengetahuan buat kita plus latihan sabar, hehehe.

Dengarkan dengan seksama. Orang-orang di sekitar Anda akan menjauh saat Anda terlalu sering banyak bicara dan enggan mendengar. Mendengar penuh perhatian, mendengar dengan seksama bukan mendengar hanya ingin menunggu kesempatan berbicara. Di era smartphone atau revolusi industri 4.0 kemampuan mendengar perlu terus diasah, karena terkadang saat kita tidak berbicara cenderung untuk melihat notifikasi di smartphone. Keadaan ini bisa merusak persahabatan dan kedekatan.

Baca Juga  Doakan Untuk Pernikahan Anak Saya

Perbanyak sahabat dan perkuat kedekatan Anda dengan sahabat dengan formula ABCD tersebut di atas. Praktekkan mulai hari ini. Lets go.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini


Share this
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer