Berubahlah

“Tiada yang abadi selain perubahan itu sendiri,” begitu kata I Ching alias Ya Keng, sebuah Kitab Kuno China yang sangat termashyur, yang berisi tentang pelajaran Hakekat Perubahan dan dewasa ini telah banyak dialihbahasakan ke berbagai bahasa mancanegara.

Perubahan hadir sesungguhnya tidak selalu membawa kepada hal-hal yang mudah, indah dan menyenangkan. Boleh jadi yang dibawa oleh perubahan adalah hal sebaliknya. Yang pasti, selalu ada orang-orang yang berhasil menjadikan momen perubahan sebagai momen bermetamorfosis namun ada pula yang justru terseret hingga jatuh bangun karena tak mampu mengikuti irama gerak perubahan tersebut.

Lalu apa yang harus dipahami agar kita bisa mengatasi perubahan yang akan selalu datang?

Sebuah situs pengembangan diri livestrong.com menuliskan beberapa hal yang perlu kita persiapkan agar mampu mengatasi perubahan-perubahan yang selalu hadir dalam kehidupan kita. Pertama, menerima bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa kita elakkan. Dengan menerima, kita akan semakin mudah beradaptasi dan tumbuh dari setiap perubahan yang datang ke dalam hidup kita.

Kedua, set-up ulang diri kita mengikuti perubahan dengan cara perlahan-lahan mengubah kebiasaan dan segala sesuatu yang diperlukan. Mulailah dengan mencicilnya sedikit demi sedikit, hingga pada akhirnya kita sepenuhnya berubah mengikuti alur irama yang baru.

Ketiga, berpikir ke depan. Berpikir ke depan di sini bukan berarti kita lantas seperti cenayang atau dukun yang berusaha mereka-reka masa depan. Berpikir ke depan di sini berarti kita merencanakan bagaimana nantinya kita akan mengatasi perubahan yang boleh jadi memberikan efek yang sangat besar, dan bahkan membuat kita tidak bisa mengontrol diri kita sendiri.

Keempat, friendly support. Artinya, bangunlah hubungan pertemanan dengan orang lain sebaik mungkin dan sebanyak mungkin. Karena ketika kita dihadapkan pada perubahan teman-teman kita bisa menjadi orang yang setia mendengarkan kita, dan boleh jadi mereka pula yang akan menghadirkan sebuah jalan keluar yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita.

Lalu kelima, kenali kapan saatnya kita mencari bantuan professional. Ketika kita telah mencoba beragam cara dan kita melihat bahwa perubahan yang terjadi telah mengganggu atau merusak kehidupan kita, maka janganlah malu untuk meminta bantuan kepada ahlinya.

Insan SuksesMulia, sesungguhnya kita terlahir menjadi pemenang lewat setiap perubahan di dalam kehidupan kita!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.