5W 1 H

Saat kuliah dulu, saya ikut pelatihan jurnalistik. Pelajaran yang paling saya ingat adalah 5W 1H. 5W merupakan singkatan dari Why, What, When, Who, Where. Sedangkan 1H adalah How. 5W 1H tidak hanya bisa berguna dalam dunia jurnalistik tetapi juga untuk kehidupan kita sehari-hari. Sering-seringlah mengajukan pertanyaan pada diri sendiri menggunakan 5W 1H ini.

Why, mengapa hidup saya masih seperti ini? Mengapa saya belum punya karya padahal status saya karyawan. Bukankah pengertian hartawan itu orang yang banyak harta, dermawan adalah orang yang banyak berderma. Karyawan seharusnya orang yang punya banyak karya. Tetapi mengapa saya belum punya karya?

What, apa yang ingin Anda banggakan di hadapan Sang Pencipta, orang tua, pasangan hidup dan juga orang-orang di sekitar Anda? Bekal apa yang ingin Anda bawa saat kelak dipanggil oleh-Nya. Jejak apa yang ingin Anda tinggalkan di semesta?

When, kapan Anda ingin segera memperbaiki diri? Saran saya, detik ini juga, jangan tunda-tunda karena kematian tak mengenal usia. Kapan juga Anda ingin membahagikan orang-orang yang Anda cintai? Ayo jawab, berhentilah sejenak dan jawab pertanyaan ini.

Who, siapakah yang ingin Anda jadikan partner sukses Anda? Siapakah guru kehidupan Anda? Siapakah orang-orang yang akan Anda jadikan sahabat baik Anda. Ingat, kualitas sahabat Anda itu juga menentukan kualitas hidup Anda.

Where, dimana Anda ingin lebih banyak aktif? Dimana Anda ingin banyak belajar? Dimana bisnis Anda ingin Anda kembangkan? Dimana kelak tempat terbaik yang Anda impikan? Dimana kira-kira tempat kehidupan abadi Anda, surga atau neraka?

How, bagaimana Anda akan meraih kehidupan terbaik SuksesMulia? Bagaimana caranya Anda membahagiakan orang-orang yang Anda cintai. Bagaimana agar nama Anda dikenang oleh anak cucu Anda?

Silakan kembangkan sendiri pertanyaan-pertanyaan 5W 1H untuk kehidupan Anda yang jauh lebih baik. Selamat mencoba…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

21 thoughts on “5W 1 H”

  1. Nurasiah Jamil says:

    insyaalloh pak,terimakasih telah mengingatkan…

  2. fahmi aziz says:

    pokonya gak rugi deh,,, tiap hari nyimak jamil azzaini.com, ilmunya sangat bermanfaat,,, ayo yang belum nyimak.trimakasih kek

    1. sama2, silakan disebarluaskan

  3. khalik Hr says:

    Cukup menambah wawasan dengan membaca artikelnya, semoga bisa membantu kita dalam pekerjaan kita sehari-hari.Amin

  4. CECEP SAPRUDIN says:

    Akan saya Coba Pak…. SEMANGAAAAAAAT!!!!! LUAR BIASA!!!!

    1. Peluk dari jauh kang, salam SuksesMulia

  5. Dani Siregar says:

    Rasanya pagi ini saya & HP saya mirip.

    Sama-sama habis dicharge! Hehehe! 😀

    1. Awas sebentar lagi soak, hehehe

  6. Bang Tono says:

    jadi inget waktu SMU dulu mau buat proposal kegiatan sama pembina OSIS disuruh pakai rumus 5W 1H. yang paling banyak perlu diuraikan adalah 1H-nya karena berkaitan dengan mekanisme detailnya. tapi yg lebih penting lg adalah “Action”. dan memang efektif, saya sering menggunakannya utk persiapan suatu kegiatan/acara2 kecil. Salam Sukses Mulia…

  7. Tatay Sutari says:

    Luar biasa kek pencerahannya, boleh ijin share ya kek

    1. Dengan senang hati, ilmu harus dibagikan dan disebarluaskan

  8. dnur77 says:

    bismillah…selalu belajar dan belajar….5W1H….selalu tafakkurrr…

  9. sama pak, saya juga sekarang ikutan organisai jurnalistik di kampus. sering ketemu 5W 1H, setelah baca ini, jadi sadar harus sering-sering ngasih 5W 1H juga buat diri sendiri.:’))

  10. Nurul Sulistyoningrum says:

    Luar biasa! sungguh sangat amat buat hati saya ‘jleb’ membaca tulisan Bapak diata. Insya Allah, selalu memperbaiki diri sendiri dan terus belajar. Thank you Pak

  11. Nurul Sulistyoningrum says:

    Luar biasa! sungguh sangat amat buat hati saya ‘jleb’ membaca tulisan Bapak diatas. Insya Allah, selalu memperbaiki diri sendiri dan terus belajar. Thank you Pak

  12. inna says:

    benar-benar membuka pola pikir…terima kasih pencerahannya. Bismillah let’s do it

  13. @uda_opick says:

    mohon izin kek untuk di share lagi…

  14. muslichudin says:

    Trim..Banyak pak..ini mengingatkan sy kembali…

  15. muslichudin says:

    Syukron Pak Jammil….

  16. Yaumil Akbar Firdaus says:

    Langsung nerap Pak, hehe. Terimakasih

    Kunjungan perdana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.