3 Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Layanan

Saat ini persaingan bisnis sangat ketat. Banyak bisnis yang sejenis. Mereka semua saling bersaing satu sama lain. Bagaimana kita bisa unggul dalam persaingan ini. Maukah Anda lolos dari persaingan ini dan menjadi leader? Bagaimana kita bisa menghadapinya?

Kita percaya bahwa ada gelombang kekuatan baru untuk menghantam hiruk-pikuk bisnis di
dunia ini. Cobalah lihat sekeliling kita dan tulislah berapa banyak pengalaman seseorang yang terlibat
dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan berbagai macam layanan.
Restoran, hotel, rumah sakit, jasa transportasi, fasilitas umum, bank, sekolah, perguruan tinggi,
toko, departemen store dan lain-lain.

Kekuatan itu adalah layanan yang berkualitas. Banyak orang sudah memahami bahwa pelayanan adalah hal penting dalam berbisnis tetapi sangat sedikit sekali yang memberikan pelayanan yang berkualitas. Bahkan banyak di antara kita yang jarang merasakan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan.

Ini bisa terjadi karena kurangnya memahami prinsip dasar layanan. Apa saja yang harus kita ketahui? Ada 3 hal yang harus diketahui dalam pelayanan.

Pertama, Apa arti sejati layanan itu sendiri?

Jika saya bertanya kepada Anda apa yang ada dibenak Anda tentang layanan? Cukup satu kata. Ya, mungkin jawaban Anda diantaranya adalah memberi, puas, membantu, bahagia, bisnis, menolong, senyum, ramah, untung dan banyak lagi. Mana yang betul? Semuanya betul. Arti layanan sulit didefinisikan karena pelayanan adalah sesuatu yang abstrak, tidak berbentuk (bulat, kotak, segitiga, dll), tidak bisa dilihat dan diraba tetapi bisa dirasakan keberadaannya.

Sebagian besar dari kita sepakat bahwa pelayanan adalah proses memberi bantuan dari satu orang kepada orang lain dengan cara tertentu (sikap, rasa tulus) sehingga orang yang dibantu merasakan kepuasan, rasa senang, bahagia. Intinya adalah memberi bantuan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Esensi inilah yang harus dipahami bahwa melayani adalah tentang memberi.

Kedua, Siapa yang Anda layani?

Setiap dari kita adalah pelayan. Minimal pelayan atas diri sendiri. Semua profesi pasti ada yang dilayani. Contoh : Pedagang melayani pembeli, Guru melayani murid, penyanyi melayani pendengar, dokter melayani pasien, trainer melayani peserta. Anda melayani? Dengan mengetahui siapa yang Anda layani maka akan makin paham untuk siapa pekerjaan dan bisnis Anda.

Ketiga, Nilai apa yang diberikan?

Setiap melayani harus ada nilai yang diberikan kepada pelanggan kita. Nah nilai apa yang bisa Anda berikan kepada pelanggan Anda sehingga pelanggan akan senang bahagia dan mendapat solusi artas masalah yang dihadapi. Nilai apa yang diberikan oleh seorang dokter, guru, pedagang, trainer? Dan Nilai apa yang Anda berikan?

Dengan mengetahui 3 prinsip dasar layanan ini semoga kita makin memahami arti pelayanan dan memberikan yang terbaik agar bisa bersaing di tengah gelombang bisnis yang ketat.

Selamat melayani!
Salam Smile

@herismile22

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.